template-landing-page

Libur kuliah beberapa hari, akhirnya saya bisa memanfaatkan waktu untuk kembali bercengkrama dengan blog kesayangan saya yang satu ini. Iyaa, pasalnya kemarin-kemarin saya sempet banyak menelantarkan si Hitam Putih. Lihat saja dari daftar isi, biasanya saya selalu update setiap bulan pasti ada artikel terbaru. Namun karna beberapa sebab, saya jadi gak menelurkan satu tulisan pun selama dua bulan (Maret dan April 2014 lalu). Ibaratkan kalau dalam rumah tangga itu, udah kayak ninggalin istri di rumah sendirian gak ada yang ngurusin. Bayangkan sob 2 bulan lhoh ini. -_-

Sebagai wujud permohonan maaf saya sebagai kepala Rumah Tangga disini, bukan bukan! Heheh.. Maksudnya selaku Admin Chaidir’s Web, maka saya pun berniat untuk menghadirkan beberapa fitur-fitur terbaru di blog ini. Seperti yang sebelumnya sudah terealisasikan adalah berubahnya tampilan Sidebar Halaman Artikel ke sebelah kanan. Disamping juga ada beberapa tambahan fitur pendukung lain di blog ini, seperti tombol Share, Related Posts, dan Biografi Penulis di akhir setiap artikel.

LAUNCHING HOME CHAIDIR’S WEB

Dan hari ini akhirnya misi saya yang lainnya pun sudah terealisasikan juga. Setelah bersemedi selama dua harian untuk belajar coding dan otak-atik sana-sini. Jadilah blog ini sekarang punya satu halaman baru lagi yaitu Beranda | Chaidir’s Web yang beralamat di http://home.chaidir.web.id/. Lihat preview tampilannya disini. Atau bisa langsung kunjungi alamatnya.

Membuat tampilan blog menarik adalah salah satu cara saya untuk merefresh mood dalam aktivitas blogging. Karna terlalu lama absen menulis di blog ternyata terasa juga bawaannya jadi malas. Serasa kehilangan gairah. Nah, dengan membuat beberapa perubahan-perubahan menarik secara gak langsung akan memacu kembali hasrat saya untuk berkarya melalui Chaidir’s Web. Pasti setiap memiliki cara yang berbeda-beda. Bagaimana dengan Sahabat?

Kembali ke judul diatas. Sebenarnya halaman ini bisa dikatakan berperan sebagai Home Page tapi dibungkus dengan konsep Landing Page. Saya sendiri masih belum begitu paham sih. Perbedaan antara kedua istilah tersebut. Tapi kalau dari yang saya tahu nih yaa.
Landing Page itu seperti tampilan sebuah situs yang memang hanya menggunakan satu halaman saja sebagai konten utamanya. Jadi dari satu halaman itu saja pun kita udah bisa mendapatkan informasi lengkap sesuai dengan yang kita inginkan dari situs tersebut.
Home Page itu adalah halaman pertama yang kita jumpai saat hendak ingin berkunjung ke sebuah situs tertentu. Untuk mendapatkan informasi kita biasanya akan dibawa ke halaman lain.
Kalau menurut Sahabat gimana? Ada yang mau bantu kasih penjelasan? ๐Ÿ˜€

Oke, terlepas dari itu saya sendiri membuat satu halaman khusus yang saya sebut Beranda Chaidir’s Web tadi, tujuannya adalah sebagai halaman utama yang akan memberikan gambaran secara garis besar tentang weblog ini. Jadi kalau misal ada pengunjung baru yang belum pernah mampir kemari, mudah-mudahan dari situ bisa lebih cepat kenal dengan Chaidir’s Web. ^_^

REVIEW TAMPILAN HOME CHAIDIR’S WEB

Karena masih baru berikut saya akan kasih ulasan sedikit seputar tampilan Beranda Chaidir’s Web. Bisa dibilang ini adalah halaman favorit saya. Tampilannya cukup modern. Walaupun memang saat ini belum sepenuhnya responsive. Itu pun membuatnya udah sampe satu harian juga. Lumayan melelahkan lah. Maklum saya kan masih newbie, jadinya iyaa apa-apa mesti dipelajari dulu baru bisa praktek. ๐Ÿ™‚

Template yang saya gunakan sebenarnya masih menggunakan kerangka template yang sama dengan blog ini. Hanya saja saya menggunakan Conditional Tag untuk membuat struktur HTML yang baru di bagian Home Page. Dalam tampilan ini saya memasang delapan buah widget.

1. Slider, menampilkan beberapa foto admin Chaidir’s Web.
2. Overview, menceritakan latar belakang tentang blog ini.
3. Quotes, kumpulan beberapa kutipan motivasi yang diambil dari Al-Quran dan Hadist.
4. Service, beberapa keunggulan layanan yang diberikan oleh Chaidir’s Web kepada pengunjung.
5. Promotional, bagian khusus untuk promosi bisa produk, template, iklan, artikel dll.
6. Skill, beberapa kemampuan atau aktivitas keseharian admin Chaidir’s Web.
7. Contact, bagian informasi kontak yang bisa dihubungi pengunjung.
8. Credit, catatan kaki yang berisi hak cipta pemilik blog ini.

template-landing-page

Bagaimana menurut pendapat Sahabat tentang tampilan Beranda Chaidir’s Web? Kalau ada masukan, kritik dan saran mohon disampaikan lewat kotak komentar yaa. Kalau pun ada yang mau nanya-nanya juga boleh. Next, lain kesempatan saya akan bagikan cara bagaimana membuat tampilan Landing Page ini.

Sampai jumpa di tulisan berikutnya. ^_^