cover-facebook-2015

Serangan Virus Chat Facebook

Pernah kena serangan virus? Saya rasa pasti banyak yang pernah. Kalaupun tidak pernah, pasti sahabat sudah pada tahu kan seperti apa yang sering dikatakan sebagai virus itu. Anggap saja sudah tahu lah yaa. Hehehe.. Soalnya saya sendiri sih gak begitu paham sob, jadi kalau disuruh jelasin entar yang ada malah belepotan definisinya saya buat. Tapi yang saya tahu, saya pernahnya kenak virus kalau lagi main Laptop atau Perangkat Hardware saja. Nah, ini kok bisa pula kenak serangan virus di Facebook??

Baiklah saya akan sedikit ceritakan seperti apa kejadiannya. Mungkin ini bisa jadi sekedar informasi buat sahabat agar lebih berhati-hati saat berselancar di dunia maya khususnya seperti jaringan social media Facebook ini. Karna ternyata, Facebook juga bisa error. Itu lah yang kemarin akun Facebook saya alami.

Pesan Facebook Mengirim Sendiri

Tiba-tiba saja ketika saya sedang mau membuka window di browser Chrome dan mencoba mengakses situs Facebook, saya langsung dikagetkan dengan begitu banyaknya notif pemberitahuan pesan baru di daftar inbox saya. Tuiing.. Tuiing.. Tuiing.. Nada pemberitahuan facebook itu terus saja berbunyi. Saya heran kenapa bisa banyak sekali pesan baru masuk. Perasaan saya aja jarang banget ngobrol-ngobrol bareng teman lewat akun Facebook.

Dan ternyata, setelah saya check ada beberapa pesan masuk yang bertanya-tanya heran kepada saya. Lhooh?? Kok malah nanyain saya?? Saya aja pun heran nih masih. Gitu saya lihat rupanya mereka heran karena akun Facebook saya ada mengirimkan pesan emoticon kepada mereka. Jadi permasalahannya, Facebook saya Error dan Pesan terkirim secara otomatis. Yang bikin aneh, mending emoticonnya lagi senyum, ini emoticon melet-melet pulak yang terkirim. Parahnya lagi pesan itu terkirim bukan cuman ke satu orang tapi sekaligus ke banyak teman yang ada di akun Facebook saya. Whaaah..

Apa iya akun FB saya di-HACK orang lain?

Saya pun langsung menuju ke pengaturan akun untuk mengganti password yang saya gunakan sebelumya dengan password baru. Karna masih panik mendengar nada pesan yang masih belum berhenti, saya langsung saja menutup jendela Facebook tersebut. Dengan harapan nanti bakal reda sendiri. Tapi gitu saya buka lagi awalnya sih kelihatan aman, dan saya pun nyoba balesin chat ke temen-temen untuk bilangin kalau pesan yang barusan itu terkirim sendiri.

Lihat aja nih sebegini banyaknya pesan yang terkirim dengan sendirinya:
Serangan Virus Facebook
Serangan Virus Facebook

Eeeh.. Gak lama ternyata muncul lagi serangan pesan Facebook seperti tadi. Wuaah saya jadi makin bingung sendiri. Lihat aja tuh gambar diatas, udah segitu lah banyaknya korban yang menerima pesan emoticon melet dari akun saya. Saya masih belum tahu apa penyebabnya. Kemungkinan di bobol orang lain udah saya atasi, rasanya gak mungkin lagi lah. Berarti kemungkinan besar ada masalah dengan browser yang saya pakai (Chrome). Saya pun berpindah ke browser Opera. Alhamdulillah ternyata aman. Maka saya kembali lagi balesin chat ke teman-teman. Iyaa walaupun saya agak kesal juga. Gimana gak kesal pesannya udah sampe 100an. Wiiiih… Bener-bener malu-maluin ini namanya.

Dan karna penasaran saya coba lagi kembali masuk ke browser Chrome untuk memastikan permasalahan apa penyebab pastinya. Ternyata benar gak lama saya login disana, muncul lagi serangan virus Facebook tersebut. Tapi kali ini pesan yang dikirim udah gak emoticon melet-melet, berganti dengan emoticon senyum-senyum. Emang sih agak lumayan lah pikir saya. Tapi sama aja pasti orang pun bisa malah jadi mikir aneh-aneh juga sama saya. Ini ada apa dengan si Chaidir tiba-tiba mulai chating cengar-cengir sendiri. Tanpa pikir panjang lagi saya pun langsung exit dan saat itu juga saya Uninstall browser Chrome tersebut.

Serangan Virus Facebook

Akhirnya sampai sekarang saya masih trauma mau buka Facebook dari Google Chrome. Walaupun sudah saya install ulang lagi. Supaya lebih aman saya mungkin memang harus terpaksa hijrah dulu deh ke Mozilla Firefox. Sebenarnya ada beberapa alasan kenapa saya memilih Google Chrome sebagai browser andalan. Makanya saya jarang sekali makek Firefox ini. Tapi iyaa mau gimana daripada kejadian yang enggak-enggak terulang lagi. Bahkan saya sempat kepikiran lhooh mau delete Akun Facebook saya itu. Hahahah.. Cuman karna udah sembuh iyaa enggak jadi. Alhamdulillah.

*****

Apa rupanya efek yang ditimbulkan?

Berikut ini saya mau tunjukin beberapa reaksi dari temen-temen di Facebook saat menerima pesan emoticon aneh itu. Cuman beberapa aja sih, sebenarnya masih banyak. Karna setelah saya coba hitung berdasarkan gambar yang diatas, ternyata ada sebanyak 211 pesan yang sudah terkirim sendiri akibat serangan virus Facebook tersebut. Serius baru kali ini saya balesin chat sebanyak itu dalam satu waktu sekaligus. Iyaa walaupun karna bosen gak semuanya saya balesin. Coba kalau tuh pesan ngucapin met Ultah, rasanya sih masih mending. Saya pun pastinya dengan senang hati mau banget tuh balesin semua chatnya. Hehehe..

Bagi kawan-kawan yang udah saya jelasin mungkin rasanya itu biasa-biasa aja. Tapi coba bayangin ada 200an orang lhooh. Bahkan banyak yang belum pernah chat sama saya dan ada pun yang gak saya kenal. Makanya, di posisi saya jujur ini suatu kejadian yang bener-bener gak biasa. Aneh, bingung, panik, kesel, malu, bosenin, dan lucu bercampur aduk semua menjadi satu disitu. Sahabat mau apa nyoba ngalamin juga?? Hihihi..

Bukan Hacker tapi Virus Facebook Chat

Oke, kita sampai dipenghujung tulisan hari ini walaupun terakhir ceritanya udah jadi kayak curhat yaa. Tapi iyaa gak papah lah. Sekali lagi saya cuman sekedar mau mengingatkan Sahabat agar lebih berhati-hati saja. Karna setelah saya pikir-pikir saya pun baru sadar apa sebenarnya penyebab awal kejadian ini. Sebelum terjadi seperti itu, saya memang ada sempat chatting dengan seseorang laki-laki, masih muda sih kayaknya tapi saya enggak kenal pasti tuh orang siapa. Seingatnya emang belum pernah kenal.

Jadi tiba-tiba tuh orang mulai ngirim pesan ke saya dan ngasih semacam link alamat situs gitu. Saya pun heran dan langsung nanya apa ini? Jelasnya saya gak ingat seperti apa percakapannya. Karna saya udah terlanjur menghapus pesannya karena saya pikir aneh. Tapi karna saya penasaran jadi iyaa saya klik aja link yang dia kasih. Padahal dia ada bilang jangan dibuka. Cuman gitu udah saya klik otomatis ada semacam file yang ter-download. File nya berformat .exe semacam program. Nah, lagi-lagi karna saya masih penasaran, saya coba buka lah itu file. Ternyata gak ada terjadi apa-apa malah. Proses mulai meng-install program pun gak ada terlihat sama sekali. Rupanya, beberapa lama kemudian ketika saya nyoba untuk masuk ke Facebook seperti cerita diatas itu lah yang terjadi.

Kesimpulannya, untunglah saya ternyata bukan di-Hack orang lain. Tapi iyaa itu malangnya saya ketipu sama orang lain. Dan kenak serangan Virus lewat Pesan Facebook. Next post, mungkin saya akan berbagi sedikit tips agar kita bisa Menghindari dan Mencegah Serangan Hacker Facebook. So, tetep follow terus Chaidir’s Web yaa..

Selamat Beraktifitas dan Semangat Berkarya Sahabat!!

28 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Sekilas Profil Sahabat Pyramidium, Kenal Mulai dari Masa SMP
Cara Mencari Tahu Kapan Kelahiran Tanggal Hijriyah dari Windows 7
Close