cover-facebook-2015

Belajar SEO bersama adalah salah satu modal yang sangat penting untuk dimiliki seorang . Kenapa begitu? Alasannya sangat sederhana. Anggap lah Anda sudah bisa membuat blog sendiri. Anggap juga Anda sudah sangat rajin nulis artikel di blog. Lalu setelah itu, yang menjadi persoalan adalah siapa yang akan membaca tulisan-tulisan bagus Anda tersebut? Pengunjung kan? Nah, caranya supaya agar pengunjung bisa tahu Anda punya tulisan bagus di blog, gimana?

Seringkali memang sebagian agak risih kalau disuruh belajar SEO. Saya pun juga demikian. Meskipun saya sudah tahu (karna denger dari temen ), bahwa optimasi blog itu penting untuk dilakukan. Tetep saja belajar ilmu SEO ini gak semudah yang dibayangkan. Makanya sejauh ini saya sendiri pun cuman baru ngerti sedikit-sedikit. Dibandingkan dengan yang udah pakar SEO, senior atau master SEO, saya sih masih level yang abal-abal.

Belajar SEO Bersama

Gimana kalau kita bisa belajar SEO bersama? Kedengarannya asyik kan? Jadi misalkan Anda tidak tahu, saya bisa bantu. Misalkan saya yang gak tahu, Anda ajarin saya. Atau mungkin kita bisa gabung di tempat belajar SEO bersama. Entah itu di group Facebook, portal komunitas, atau kalau mau di blog ini juga boleh. Intinya, kita sama-sama punya passion di dunia blog.

Cuman lagi terkadang yang bikin saya malas belajar SEO adalah kalau misalkan ketemu dengan orang yang ilmu SEO-nya udah bagus, tapi celit bagi-bagi ilmu. Atau ada juga yang dia agak sombong. Ada juga fenomena istilah-istilah Mastah, Newbie, Senior, Pakar SEO dan macam-macam lainnya yang saya juga kurang tahu entah apa maksudnya.

Maunya sih kita sesama ini bisa saling berbagi. Istilahnya kita bisa Belajar SEO Bersama tanpa harus ada kesan dibeda-bedain gitu lah. Jadinya kan pasti lebih enak. Dan jangan pulak yang udah memang punya ilmu banyak di dunia SEO, malah bilangnya masih newbie. Jujur kalau saya memang gak jago SEO. Nanti kalau misalkan saya udah bisa naklukin SEO, barulah saya pasti bakalan share tutorialnya di blog ini. Siip??

Sekarang, kira-kira Anda mau gak bagi-bagi ilmu? Kalau mau berarti sekarang kita bisa mulai belajar SEO bersama.

Belajar SEO Bersama, Inilah 5 Manfaatnya!

  1. Termotivasi melihat blog orang lain sering masuk pejwan Google.
  2. Mudah mencari solusi ketika kita ketemu dengan masalah SEO.
  3. Mendapat berita informasi terbaru seputar SEO.
  4. Peluang untuk mencari rezeki, entah itu kontes SEO, dapat job SEO, dll.
  5. Ketularan ilmu karna sering menjalin persahabatan antar sesama praktisi SEO.

Oke, sebentar. Sebelumnya saya mau tanya dulu, sejauh ini Anda sudah tahu kan apa itu SEO? Jangan-jangan dari tadi saya udah cerita panjang lebar, Anda malah bingung baca tulisan saya ini. Hehehe..

Baiklah saya akan coba jelaskan sedikit dari apa yang saya tahu. Mana tahu masih ada yang bingung.

SEO itu sebenarnya merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Sederhananya, SEO adalah semacam usaha yang dilakukan oleh seseorang dengan cara tertentu untuk meningkatkan trafik kunjungan pada sebuah web/blog. Yang dimana cara tersebut lebih sering mengandalkan mesin pencari atau memanfaatkan kinerja dari algoritma search engine.

Tujuan SEO yaitu untuk menempatkan web/blog agar bisa berada di posisi teratas atau halaman pertama mesin pencari berdasarkan keyword yang ditargetkan. Saat blog yang kita kelola bisa sering nangkring di posisi pertama Google misalnya, tentu sangat masuk akal kemungkinan blog tersebut bisa mendapat pengunjung yang lebih banyak. Artinya trafik tentu pasti akan meningkat. Dibanding blog yang gak berada di halaman mesin pencari.

Sebagai contoh, misalkan saya kepengen setiap orang yang mengetikkan nama ‘Chaidir’ di Google, mereka harus ketemu dengan situs saya ini. Jadi, saya perlu membuat agar blog saya ini lebih SEO Friendly. Ada dua langkah yang perlu dilakukan, yaitu On Page SEO dan Off Page SEO. Jika teknik yang saya gunakan berhasil, maka mudah-mudahan blog saya ini bisa masuk pejwan dengan keyword Chaidir tersebut. Kira-kira begitu.

Tempat Belajar SEO Bersama

Mungkin ada yang bertanya-tanya tentang istilah yang saya sebutkan pada contoh diatas. Untuk itu Anda bisa lihat penjelasannya dari slideshare dibawah ini. Mudah-mudahan bisa memudahkan Anda dan saya untuk bisa belajar SEO bersama nantinya. Setidaknya sekarang kita sama-sama sudah punya pengetahuan dasar.

Belajar SEO Bersama di Facebook

Saya yakin sekalipun Anda seorang , pasti Anda lebih sering main facebook ketimbang mainin blog. Iya atau tidak? Kalau gak berarti iyaa bagus. Tapi kalau saya sih seringnya begitu. Misalkan saya lagi gak ketemu ide yang bagus untuk dijadiin bahan tulisan di blog, saya biasanya suka lihat-lihat facebook aja. Gabung di group . Atau group yang sesuai dengan minat kita.

Sering main facebook disini, maunya jangan lah cuman sekedar update status gak jelas doang. Tentu lebih baik lagi kalau kita nyari sesuatu yang lebih bermanfaat disana. Entah itu baca informasi yang bagus kek, berteman dengan orang sukses kek, atau gabung di group tertentu. Siapa tahu dari sana kita bisa dapat ilmu dan inspirasi. Jadinya kita bisa belajar.

Kemarin saya baru aja gabung di salah satu Group Belajar SEO Bersama di facebook. Saya rasa group ini lumayan bagus. Indikator saya bilang bagus adalah dikarenakan aturan groupnya jelas. Saya agak gak suka gabung di group yang isinya kebanyakan tukang spam. Titip link terus pergi. Seringnya kan gitu.

Tapi disini kita bisa beneran belajar SEO bareng. Bertukar informasi seputar SEO. Dan kalau Anda mau nanya apapun disana, saya rasa pasti akan selalu ada member yang siap membantu. Tergantung kitanya aja, mau aktif atau tidak. Selain belajar kita pun juga bisa menjalin pertemanan.

****

Saya rasa cukup sekian dulu tulisan hari ini. Kalau Anda beneran tertarik untuk belajar SEO bersama saya, silahkan aja sering-sering berkunjung di Chaidir.Web.ID. Dan nantikan terus update terbaru seputar dunia blog yang keren dari saya.

Kalau Anda punya tanggapan, pertanyaan atau apapun bisa tinggalkan komentar dibawah tulisan ini. Sampai jumpa! Dan Semoga Bermanfaat.

32 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Kisah 9 Pelajar SMK Kreatif Membangun UNICS Organizer
Subdomain Info.Chaidir.web.id, Website Baru anak dari Chaidir Web
Close