cover-facebook-2015

Bagi sahabat para pengunjung weblog hitam putih ini yang sudah sejak lama mampir, pasti merasa ada yang aneh dengan tampilan yang sekarang. Kalau tidak merasa, berarti kayaknya ada yang salah tuh dengan indera penglihatannya sahabat sekalian. Hehehe. Iyaa!! Perbedaan yang sangat mencoloknya adalah berpindahnya posisi sidebar weblog ini menjadi ke sebelah kanan.

Ngomong-ngomong soal sidebar blog, sebenarnya ada yang bilang memang posisi strategis dan baiknya itu disebelah kanan. Bukan di sebelah kiri. Kenapa? Katanya sih lebih SEO Friendly. Iyaa, emang kenapa kok bisa gitu? Baiklah, kalau kamu maksa saya akan jawab sesuai dengan kemampuan saya aja yaa. Kalau menurut saya sih, itu karena posisi di sebelah kanan berarti secara struktur HTML seharusnya berada di urutan bawah.

Jika dalam sebuah template ada bagian-bagian tubuh yang menjadi kerangkanya, misal di dalam tag Body ada Outer Wrapper, Main Wrapper, Sidebar, Bottom, Footer dll. Lain pembuat biasanya akan lain pula istilah-istilah yang dipakai. Karena memang tergantung selera sih. Nah, bagian-bagian tersebut kan dibacanya berurut dari atas ke bawah. Dalam penulisan coding mana ada posisi kanan kiri. Itu cuman polesan dari penggunaan CSS doank. Jadinya kalau ada proses crawling yang lebih dulu dibaca adalah bagian Konten baru kemudian berikutnya Sidebar. Ini menurut saya lebih efektif. Sama seperti prioritas penggunaan Heading dimana H1 harus lah lebih utama dibandingkan dengan H2, H3 dst.

*****

Oke, well itu tadi cuman sekedar opini dari saya yang belum banyak paham soal SEO. Dan fakta sebenarnya pun struktur template ini masih menggunakan bawaannya yang sebelumnya kok. Hehehe. Jadi berpindahnya sidebar ke kanan itu cuman mengandalkan pengaturan lewat CSS sob. Saya belum sempet otak-atik struktur HTML nya. Agak ribet takut entar jadi belopotan. Perlu setting sana-sini lagi lah. Lihat tampilan versi mobile nya juga perlu. Makanya entar kapan-kapan lagi deh saya urusin si template Chaidir’s Web ini.

Sebelumnya weblog ini juga sudah melakukan perubahan pada tampilan Homepage. Silahkan baca info nya lewat tulisan berikut > Beralih Tampilan Homepage Blog. Dan bagi sahabat yang saat ini masih suka gonta-ganti template secara keseluruhan, perlu dipertimbangkan artikel saya yang satu ini > Supaya Apa Ganti Template?

Beberapa Perubahan Pada Tampilan Halaman Artikel

Selain berpindah letak posisi sidebar, ada beberapa perubahan lagi yang saya terapkan pada template Hitam Putih ini. Saya pikir tampilan sebelumnya belum sepenuhnya lengkap. Karena masih ada beberapa fitur yang menurut saya juga penting ternyata belum saya gunakan. Nah, apa aja itu? Berikut ini dia point-point nya:

  • Share Buttons, fitur yang biasa digunakan untuk membagikan artikel ke Facebook, Twitter, Google+ dll.
  • Related Posts, fitur yang menampilkan beberapa artikel terkait lainnya yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca.
  • Blogger Profil, fitur ini berisi tentang profil singkat penulis yang fungsinya agar pembaca bisa lebih mengenal sosok penulis artikel yang sudah dibaca.

Mungkin ada beberapa yang menganggap point diatas tidak begitu penting. Tapi menurut saya pribadi ketiga fitur diatas sangat patut dipertimbangkan untuk digunakan. Walaupun sebenarnya saya sangat pantang (anti) menggunakan sejenis iframe di weblog ini, tapi karena beberapa alasan saya akhirnya menggunakan fitur Share Buttons seperti point yang pertama diatas. Iyaa mudah-mudahan saja ada manfaat dan perubahan yang lebih baik kedepannya untuk Chaidir’s Web.

Sekian dulu sekilas info terkini tentang tampilan baru Halaman Artikel Chaidir’s Web. Bagaimana menurut pendapat sahabat nih? Kalau ada masukan monggo silahkan disampaikan lewat kotak komentar dibawah yaa. Atau kalau ada yang ingin sharing pengalaman seputar blognya juga boleh.

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Cara Memasang dan Menggunakan Font Awesome Icons pada Blog
Ikut PMW Program Mahasiswa Wirausaha Polmed 2013
Close