Sudah lama nih saya gak share postingan tentang kategori Design Brosur. Kebetulan pas pulak kemarin saya ada dimintain tolong sama temen untuk bantu buat brosur, jadi gak papalah saya ceritain di weblog ini yaa sekalian berbagi. Mana tahu kan ada Sahabat yang mau sharing-sharing soal desain brosur gitu atau lagi perlu referensi. Tapi di tulisan ini pun saya masih belum bisa untuk jelasin Bagaimana Caranya Membuat Brosur secara detail seperti Tutorial, paling iyaah saya sekedar kasih bocoran / review sedikit lah pengalaman saya ketika men-design brosur yang satu ini.

Yang diatas itu adalah hasil akhir dari design yang saya buat. Kelihatan kan isi brosurnya tentang apaan. Iya, itu sejenis Brosur Pengumuman / Iklan. Isinya memberitahukan bahwa UKM Merpati Putih Polmed sedang membuka pendaftaran penerimaan anggota baru untuk bergabung di angkatan ke-7. Merpati Putih ini sendiri adalah cabang Pencak Silat asli budaya Indonesia yang merupakan salah satu dari macam Beladiri Tangan Kosong. Lebih lengkapnya silahkan Googling aja yaa. Atau kalau ada yang tertarik mau gabung di Kolat Polmed ini silahkan hubungi aja Contact Person yang tertera digambar. Waah, promosi pulak nih.. hihihi..

Buat brosur seperti ini, sebenarnya gampang-gampang sulit tapi asyik. Cuman iyaa paling butuh waktu beberapa jam lah tapi gak sampe 24 jam kok. Sebelumnya brosur yang saya design itu jadinya seperti ini nih:

Nampak kan perbedaannya?? Itu loh yang diatas kan ada gambar dokumentasi disebelah kanan. Awalnya sih sebenarnya saya agak kurang setuju kalau pakek ditambah-tambahin lagi. Saya pikir kalau terlalu rame isi brosurnya pun nanti malah jadi semak dipandang mata. Tapi iya gimana pun namanya juga masukan dari yang minta buatin design. Intinya saya harus belajar membantu dengan sepenuh hati dan memberikan pelayanan yang terbaik. Ceeilaaah.. gayanya sok kebangetan. Hahaha..
Terakhir, mau gak mau saya terpaksa putar otak lagi untuk mencari space yang pas untuk ditambahin beberapa foto seperti itu. Jadilah design FIX nya seperti yang tertera diatas. Kalau menurut Sahabat bagusan yang mana?? Kasih masukan donk..

***

TIPS Sederhana: Membuat Design Brosur Kreatif

Oke, itu kan soal ceritanya sekarang saatnya kita lanjut sharing-sharing yuuk. Jadi, secara singkat untuk membuat brosur itu pertama yang perlu sahabat siapkan adalah:

  • Materi atau Informasinya yang mau disampaikan lewat brosur apa-apa saja.
  • Pikirkan ide konsep tampilannya mulai dari layout sampai perpaduan warna.
  • Cari beberapa gambar untuk background, ilustrasi, maupun efek-efek lainnya seperti brush dll. untuk mendukung konsep yang mau dibuat.
  • Silahkan mulai berkreasi dengan imajinasi dan kreatifitas sahabat masing-masing.

Gimana gampang kan??
Cuman sebagai catatan, Sahabat sebelumnya iyaa memang harus udah menguasai dulu setiap tools aplikasi yang akan digunakan dan beberapa teknik dasar saja. Kalau gak iyaa pasti sulit.

Berikut ini dua gambar dasar yang saya gunakan untuk membuat design tersebut:

Idenya adalah saya ingin tetap menggunakan gambar Gedung Ungu ini sebagai identitas MP Kolat Polmed. Karna warna gedungnya berbeda dengan background maka saya memilih menggunakan teknik Blending Mode pada Image Photo tersebut menjadi Darker Color. Sehingga efek yang ditimbulkan adalah Gedung Polmed nya seolah-olah seperti menyatu dengan kertas buram sebagai background. Cuman sayang karna terakhir konsepnya terpaksa saya ubah dengan tambahan foto dibagian kanan jadinya efek ini kurang maksimal. Gak terlalu kelihatan bagian depan gedungnya.

Dan satu lagi yang special dari design ini bagi saya adalah avatar Pesilat Merpati Putih yang berdiri di pojok kiri bawah. Itu gambar kartunnya hasil dari editan saya sendiri lhooh. Aslinya bukan seperti itu. Saya pinjem postur badannya Ryu Chibi Street Fighter versi kartun. Yang kemudian saya permak habis-habisan tampilan bajunya menjadi baju seragam khas Merpati Putih. Walaupun ikatan sabuknya belum bisa sama persis sih. Itu pun udah lumayan capek juga buatnya. Hahaha.. maklum masih belajar

Petarung Jalanan      VS       Pesilat Merpati Putih

Langkah-langkahnya seperti apa saya lupa sob, gak dicatat soalnya. Tapi untuk membuat seperti itu pertama kita edit bagian gambar yang mau dirubah terlebih dulu. Baru deh terakhir di edit supaya tampilan gambarnya jadi lebih bagus. Ada beberapa yang saya rubah disitu. Tapi yang paling sulit adalah sewaktu merubah posisi ikatan sabuknya yang awalnya ditengah menjadi pindah ke samping kiri. Soalnya udah pasti gambar celananya kan jadi ada bagian yang kehapus. Disini saya pakek teknik Cloning yang biasa. Supaya bisa munculin bagian yang kehapus itu. Untuk merubah tampilan kerah bajunya juga sama menggunakan cara ini.

Akhirnya, cukup dulu yaa sharingnya. Mudah-mudahan tulisan ini tetap bisa bermanfaat buat sahabat yang membacanya. Kalau ada yang mau ditanyain soal design brosur seperti ini boleh tinggalkan lewat komentar dibawah aja, insya Allah kalau saya ngerti pasti saya kasih solusi deh. Bagi yang mau ngasih masukan atau bimbingan juga boleh silahkan, malah dengan senang hati saya mau menerimanya. Ingat jangan pelit-pelit sama ilmu dan pengalaman yaa.. Hehehe..

Selamat Berkreatifitas dan Semangat Berkarya Sahabat !!

5 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.