Cara Buat Email Domain Sendiri Pengguna Blogspot

Anda pengguna blogspot sudah beli domain TLD .com tapi masih belum punya email? Email, punyalah. Oke, saya tahu Anda buat blog pasti juga pakai email. Tapi yang saya maksud bukan email GRATISAN, seperti gmail.com, yahoo.com dan lain-lainnya itu. Yang saya maksud email PRO! Seperti misal admin@chaidir.web.id. Anda sudah punya belum? Kalau belum baca lanjut yaa.

Setahu saya untuk pengguna blogspot yang sudah pakai domain sendiri, rata-rata memang tidak bisa buat email dengan domain pribadi tersebut. Kenapa? Karna biasanya pengguna blogspot tidak punya hosting sendiri. Ini sebenarnya salah satu kelebihan mungkin yaa, karna dengan tidak pakai hosting jadinya kita tidak perlu repot melakukan setting macam-macam. Dan lagi tidak perlu pusing mikirin biaya tahunan untuk sewa hosting yang mahal.

Oleh sebab itu lah jadinya kebanyakan pengguna blogspot berdomain TLD, tidak bisa rasakan punya email pribadi. Untuk buat email sendiri, jelas kita butuh space atau tempat penyimpanan data. Disinilah peran dari hosting tadi. Dan bahkan untuk beberapa paket hosting yang murah, mereka tidak sediakan fitur buat email. Kenapa karna ukuran space-nya terbatas. Seperti kemarin saya pernah pakai hosting dengan paket personal di IDwebhost.

Baca juga tulisan saya sebelumnya : Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Lalu, gimana adakah solusinya?

Pengguna Blogspot, Belum Punya Email Domain Dot Com?

Untungnya jika Anda mau usaha sedikit untuk otak-atik pengaturan web Anda, sebenarnya kita masih bisa temukan solusinya! Dan saya akan coba bantu Anda untuk kasih tahu caranya. Mau? :D

Jadi, singkatnya begini..

Anda bisa manfaatkan layanan hosting gratis IDhostinger. Pinjam hosting mereka untuk tempat penyimpanan email Anda nantinya. Dan Anda tidak harus install ulang blog Anda disana, tetap gunakan saja blogspot seperti biasanya. Kita hanya perlu melakukan pengaturan ulang untuk custom domain blogspot Anda, sama seperti yang Anda lakukan dulu sewaktu pertama beli domain. Masih ingat?

Kalau lupa Anda bisa baca-baca dari panduan yang sudah pernah saya buat, Cara Mengatur Custom Domain .Com untuk Blogspot.

Proses Pindah Nameserver, Domain TLD Blogspot

Yang perlu Anda perhatikan langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Klik Daftar Akun IDhostinger dan pilih hosting GRATIS dengan nama domain Anda. Mungkin tulisan saya yang berjudul Cara Membuat Website Self-Hosted Gratis bisa sedikit membantu Anda. Setelah hosting Anda berhasil dibuat, Anda tidak perlu install WordPress disana.
  2. Silahkan login ke cPanel Domain Anda (tempat Anda beli domain). Buka menu Pengaturan DNS Server atau DNS Management. Buka juga menu DNS Zone Editor dari cPanel IDhostinger.
  3. Tugas Anda ubah CNAME dan A (host) yang ada di cPanel IDhostinger, bisa ikuti pengaturan yang ada di cPanel domain Anda. Seperti yang saya beri tanda merah di gambar berikut :
    Pengaturan DNS Zone Editor
  4. Selanjutnya kembali ke cPanel domain Anda dan masuk ke menu Pengaturan Nameserver. Anda bisa baca tulisan saya berjudul Cara Mengatur Nameserver untuk Domain Baru.
  5. Ubah nameserver default domain Anda menjadi nameserver milik IDhostinger! Lihat di pilihan detail dari akun IDhostinger Anda. Bisa pakai keempat-empatnya atau minimal dua saja. Seperti gambar berikut :
    Pengaturan Nameserver Idhostinger

****

Sampai disini proses kita melakukan pengaturan ulang telah selesai. Dan biasanya proses ini butuh waktu beberapa saat untuk bisa selesai sepenuhnya melakukan pergantian nameserver.

Berikutnya, kita sudah bisa membuat email dengan domain sendiri.

Cara Membuat Akun Email Domain Blogspot TLD

Anda tinggal manfaatkan pilihan fitur Email yang ada di menu cPanel IDhostinger. Klik Email dan pilih Akun Email. Kemudian tinggal isi mau buat email dengan nama apa dan buat juga password untuk akses email Anda nantinya. Tentukan juga kapasitas kuota penyimpanan email Anda, ini berpengaruh dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia di hosting Anda. Tapi karna Anda pakai blogspot, jadi gak masalah.

Berikut ini cuplikan gambar proses buat email PRO menggunakan layanan hosting GRATIS IDhostinger. Eh, ini kenapa kok mesti pakai IDhostinger? Sebenarnya gak masalah Anda mau pakai hosting apa, yang penting GRATIS! Kalau mau bayar juga terserah Anda.

Cara Buat Email Domain Blogspot - Kelola Email

Klik tombol Buat, setelah Anda selesai mengisi pilihan yang tersedia.
Dan SELAMAT!! Email Anda sudah jadi… yeee… hahah

Untuk masuk ke halaman akun email, nantinya Anda tinggal ketikkan saja alamat domain Anda dengan menambahkan subdomain webmail didepan. Seperti contoh, http://webmail.chaidir.web.id/ kemudian silahkan login dengan menggunakan alamat email dan password yang tadi Anda buat.

Gimana? Mudah kan?

Oh ya, dengan cara ini pula karna Anda sudah punya hosting Anda bisa sekalian belajar buat web pakai WordPress Self-Hosted GRATIS. Kalau bingung tinggal ikuti saja panduan yang ada di tutorial saya kemarin. Anda bisa gunakan fitur Subdomain dari menu cPanel IDhostinger Anda. Biasanya untuk akun GRATIS Anda bisa buat sampai dua subdomain.

Kalau ada masalah selama percobaan diatas, silahkan tanyakan saja lewat kolom komentar dibawah tulisan ini yaa. Sebisa mungkin nanti saya pasti coba bantu Anda. Atau kita bisa diskusi seputar apapun terkait topik domain, web, hosting atau email.

Selamat Mencoba!!

Sumber Gambar: Email

11 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Kenapa Memasang Iframe di Blog Tidak Bagus?
Mengembalikan Profil Blogger
Close