cover-facebook-2015

Hari jumat lalu ketika jam mata kuliah agama, dosen saya ada sedikit menyinggung soal umur manusia didunia. Mungkin sudah kita ketahui bersama juga yaa, kalau umat Muhammad di zaman sekarang ini tuh pada umumnya hanya bisa hidup di dunia ini sampai diantara umur 60-70 tahunan saja. Yang lebih dari itu memang ada cuman paling yaa sedikit lah. Yang lebih mudaan juga ada, bahkan ketika baru lahir sekalipun ada kemungkinan langsung dipanggil untuk meninggalkan dunia ini. Akan tetapi kalau di lihat dan dibandingkan dari tingkat persentase keseluruhannya iyaa diantara umur itu lah yang paling dominan.
Jadi, kata beliau kalau kita udah mendekati umur segitu atau orangtua maupun saudara kita lah, yang mungkin masih mau merayakan acara peringatan hari ulang tahun di umur yang ke-60an, mending gak usah dinyanyiin lagu selamat ulang tahun lagi deh. Atau kalau emang mau nyanyi juga yudah ganti aja pas bagian panjang umurnya panjang umurnya jadi “berkat amalnya berkat amalnya berkat amalanya mudah matinya”. Hehehe.. parah kali pulak yaa!!

Tapi iyaa emang ada benernya juga tuh. Seharusnya ketika kita berulang tahun kayak gitu kita tuh mendingan banyak-banyak aja ngingat amal dan perbuatan yang udah kita lakukan emang udah sampe sejauh mana. Dan diingat-ingat pula lah seberapa banyak kesalahan-kesalahan maupun dosa yang udah terlanjur baik sengaja maupun gak disengaja yang udah kita lakuin sepanjang umur kita itu. INSTROSPEKSI diri sob!!! Itu penting dan memang harus rutin untuk kita lakukan. Apalagi lebih khususnya lagi untuk yang umurnya udah mau mendekati masa non aktif di dunia ini. WASPADALAH sejak usia dini.

Nah, bicara soal umur dunia. Sebenernya yang menjadi kebiasaan kita ketika ngerayain atau memperingati hari ulang tahun itu kebanyakan pasti tahunya cuman yang ditanggal Masehi aja kan?? Iyaa iyaa lah, tuh kan tanggal yang udah pada umumnya dipakai untuk semua kalangan dan memang tanggal Masehi itu lah yang sering kita ingat-ingat dan kita lihat-lihat di kalender. Tapi perlu saya ingatkan kembali sob, khususnya bagi kita yang beragama Islam nih jangan lah pulak kita malah melupakan penanggalan yang udah diwariskan sejak dari jaman-jamannya nabi kita terdahulu yaitu Tanggal Hijriyah. Yang saya perhatikan, dari lingkungan sekitar saya aja nih kebanyakan orang-orang itu ingatnya dengan tanggal hijriyah iyaa cuman pas mau tanggal 1 Ramadhan dan 1 Syawal doank. Bener gak?? Apalagi di TV pun seringnya tuh ngomongin tanggal Hijriyah ini emang pas cuman kalau lagi ada acara memperdebatkan masalah soal penetapan tanggal yang dua itu aja.

Jadi, melalui tulisan ini saya pengen sedikit berbagi tips nih untuk supaya kita tetep bisa tahu tanggal Hijriyah yang udah tahun-tahun lama yang gak ada di kalender, yaitu dengan memanfaatkan perkembangan teknologi hanya dari LAPTOP/NETBOOK/PC. Sebenernya saya sendiri pun baru tahu tadi dengan cara yang satu ini. Soalnya, karna yang pas hari Jumat itu juga dosen saya sempet ada bilang dia pernah mau nyari-nyari tahu gitu gimana untuk nengok tanggal Hijriyah dari internet katanya belum ketemu-ketemu. Trus saya bilang lah, sebenernya kalau dari internet sih untuk ngelihat tanggal-tanggal Hijriyah gitu adanya situsnya kayak salah satunya RukyatulHilal. Nah, dari situ saya jadi penasaran lagi untuk mencari tahu kira-kira ada gak yaa cara lain selain menggunakan situs konversi tanggal dari Internet?? Setelah saya coba-coba dapat lah cara berikut ini:

Melihat Tanggal Hijriyah Kelahiranmu Dari Laptop/Netbook

Pertama, udah pada tahukan menu tanggal yang ada di pojok kanan bawah taskbar?? Coba klik  Change date and time settings… maka nanti akan keluar kotak dialog seperti ini:

Kemudian klik lagi pilihan Change date and time… maka muncul lagi kotak dialog. Nah, disini kita udah bisa ngatur tanggal Masehi pas kapan yang mau kita cari tahu tanggal Hijriyah nya. Tinggal diset aja dibagian date caranya tinggal klik-klik aja kok. Kalau kita klik di tanda panah kanan kiri di cuman bergeser per tiap bulan. Kalau kita mau cari tahu tanggal yang udah beberapa tahun lalu, klik aja dibagian tulisan bulan dan tahunnya itu. Cari sampe ketemu tanggal yang kita inginkan. Misal nih, pakek tanggal lahir saya aja yaa >> 15 September 1993. Tampilan kotak dialognya seperti ini:

Terus, klik Change calendar settings >> Additional settings , maka muncul tampilan kotak baru:

Pada option ini pilih tab paling akhir (ujung) yaitu Date. Coba lihat di pengaturan calendar type yang letaknya dipaling bawah. Disitu secara default pasti diatur dengan pilihan kalendar Masehi. Jadi, rupanya selain pilihan itu masih ada pilihan lain yaitu kalendar Hijriyah. Kalau kita set menjadi kalendar Hijriyah akan muncul option dibawahnya lagi yaitu Adjust Hijri date to ini fungsinya untuk menyamakan tanggal Hijriyah yang dihari ini dengan yang ada di kalender. Kalau udah sama tinggal klik-klik OK aja. Sampai ke kotak dialog yang pertama tadi. Maka, disitu nanti kita udah bisa ngelihat tanggal yang kita set tadi menjadi tanggal Hijriyah. Kalau dengan menggunakan tanggal lahir saya maka hasilnya menjadi tanggal 28 Rabiul Awal 1414 Hijriyah. Coba sahabat bandingkan dengan konversi tanggal yang ada pada situs Rukyatul Hilal pasti sama.

Gimana mau mencoba???
Tapi perlu sahabat tahu juga nih, kalau kita mengatur tanggal di laptop kita menjadi tanggal di tahun-tahun yang udah lewat resikonya kita tuh gak bisa connect ke Internet. Jadi, ada baiknya kalau mau mencoba cara ini matikan dulu aja koneksi internet sobat karna ini cara secara offline. Kalau emang mau bisa connect ke Internet lagi iyaa di atur kembali lah tanggalnya menjadi tanggal dan jam hari ini.

Nah, kalau udah bisa connect ke Internet, ada baiknya sobat melakukan pengaturan synchronize melalui server supaya jamnya bener-bener sama dengan waktu di Internet. Caranya hampir sama seperti langkah di awal tadi, ketika sudah berada di kotak dialog Date and time, silahkan pilih tab Internet Time letaknya di paling kanan, seperti ini:

Lalu klik Change settings dan checklist kotak Synchronize with an Internet time server. Kemudian pada pilihan server silahkan pilih time.windows.com. Terus tekan Update now sampai ada pernyataan waktu kita sudah terupdate. Terakhir klik OK.

Nah, jadi mulai sekarang kita semua harus udah pada tahu yaa kapan tanggal kelahiran kita menurut penanggalan Hijriyah. Karna ini adalah tanggal yang digunakan dalam agama Islam lhooh. Coba ingat kapan ulang tahun Nabi Muhammad SAW?? Tanggal 12 Rabiul Awal itulah yang seringnya kita peringati dengan acara maulid Nabi. Kalau bisa kita pun juga seperti itu saat tanggal kelahiran Hijriyah kita sudah tiba gak ada salahnya kalau kita sekedar mengingat dan merenung kepada diri kita sendiri, mulai dari keburukan dan kebaikan serta planning kita kedepan untuk ditahun-tahun berikutnya yang akan kita jalani.

Cukup sekian dulu tulisan hari ini. Selamat Mencoba!!!
Semangad Berkarya sob…

Ilustrasi gambar: Beberapa dari sumber situs lain dan ada yang diambil sendiri oleh penulis.

2 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
5 Hal Yang Paling Gak Disukai Blogger
Belajar SEO Bersama, Bagaimana Caranya?
Close