cover-facebook-2015

Ngomongin soal font, kemarin saya ada sempat kepikiran untuk bisa buat font sendiri. Apa kalian juga pernah berpikiran sama seperti saya? Pasti enak kan kalau kita bisa punya font hasil kreasi sendiri. Tulisan tangan kita bisa dijadikan font pilihan entah itu di komputer maupun untuk di blog. Apalagi kalau ternyata font tulisan tangan kita itu dipakai oleh orang lain. Waah.. keren tuh pasti.

Nah, lewat tulisan ini saya akan berbagi pengalaman seputar bagaimana cara saya untuk bisa membuat font sendiri. Dengan cara yang mudah dan tidak perlu skill yang tinggi di bidang desain maupun typography. Yang penting Anda bisa nulis. Dan Anda punya beberapa perlengkapan di bawah ini:

  • Komputer/Laptop
  • Kertas dan Pulpen
  • Printer dan Scanner
  • Koneksi Internet

Cara Membuat Font dengan Mudah

Hal pertama yang saya lakukan untuk mencari tahu bagaimana caranya supaya saya bisa buat font sendiri, adalah dengan bertanya kepada Mbah Google. Singkat cerita saya menemukan cara bahwa ternyata ada situs yang bisa kita gunakan untuk membuat font sendiri dengan sangat mudah yaitu secara online. Saya sempat ketemu dengan beberapa situs yang fungsinya serupa. Tapi yang saya rasa bagus adalah :

MYSCRIPTFONT.COM

Situsnya sangat sederhana sekali. Tanpa saya jelaskan pun pasti Anda juga langsung bisa menggunakan tools ini. Silahkan Anda coba sendiri.

membuat-font-sendiri-dengan-myscriptfont-com

Setelah saya coba, rasanya seneng juga. Begitu melihat hasil font tulisan saya jadi dan bisa di-install di laptop. Tapi ternyata hasilnya belum cukup memuaskan bagi saya. Karakter yang tersedia sangat terbatas. Ada beberapa karakter font yang saya mau tapi gak disediakan oleh template ini. Jadinya saya pun berpikir untuk mencari alternatif lain.

Dan ketemulah saya dengan situs lain. Hingga beberapa kali coba sana cobain sini, saya ketemu dengan situs pembuat font yang sesuai dengan kemauan saya tadi.

PAINTFONT.COM

Situs ini menyediakan pilihan karakter yang lebih lengkap. Bahkan kita bisa atur sendiri, karakter font apa saja yang mau dimasukkan sebagai template. Lalu tinggal kita download Template-nya. Setelah itu caranya masih sama seperti situs-situs pembuat font yang lainnya. Tinggal upload, tunggu beberapa menit udah jadi tuh font. Gimana kalau kalian cobain dulu tools ini.

membuat-font-sendiri-paintfont-com

Begitu ketemu dengan tools satu ini, saya pun langsung semangat untuk buat hasil font yang lebih sempurna. Cuman karna tulisan tangan saya ini jelek. Jadinya saya butuh beberapa kali percobaan supaya hasilnya bisa bener-bener bagus. Tulis di-template, scan lalu upload. Kurang bagus. Tulis lagi di-template, scan upload. Masih kurang bagus. Tulis lagi di-template dengan pelan-pelan, scan terus upload. Dan iyaah.. akhirnya saya dapet hasil yang lumayan bagus laah.

Setelah jadi pun saya langsung install fontnya. Terus saya cobain nulis di Microsoft Word dan lain-lain. Ternyata ada masalah lain yang saya jumpai. Hasil font ini tidak memiliki jarak yang bener-bener pas. Istilahnya Kerning Pairs antar semua font itu jaraknya sama semua. Jadi iyaa gak terlihat natural seperti font kebanyakan.

Ukurannya pun lebih kecil. Untuk mengimbangi besar huruf font Arial 17pt saja, font saya harus dibuat beberapa kali lebih besar. Atau mungkin yang salah tulisan tangan saya yaa?

Sebenarnya iyaa wajarlah memang. Namanya juga tools gratisan. Kalau mau hasil yang bener-bener bagus, pasti lah butuh proses yang lebih agak sulit. Pikir saya begitu. Jadi saya pun memutuskan untuk mencari cara lain. Saya mau membuat font sendiri dengan cara offline. Bukan mengandalkan situs online.

Membuat Font dengan Corel Draw

Seperti kita ketahui Corel Draw memang merupakan aplikasi yang sangat jitu untuk soal desain grafis. Makanya saya pun kepikiran untuk nyoba membuat font dengan cara ini. Tetapi setelah saya coba, cara ini terbilang cukup rumit dan butuh kesabaran ekstra untuk menyelesaikan satu jenis font.

Bukannya tidak bisa, sebenarnya ada yang sudah berhasil dengan cara ini. Cuman lagi saya pribadi sih gak nyoba sampai selesai. Hehehe… Soalnya saya gak begitu jago main Corel Draw. Mungkin nanti tunggu saya udah jago desain vektor dulu deh. Untuk buat karakter font sendiri yang unik rasanya aplikasi ini memang pas.

Selain aplikasi Corel Draw masih ada cara lain untuk membuat Font Sendiri secara offline. Ada sebuah aplikasi sederhana yang memang fungsinya untuk membuat font. Yaitu High Logic FontCreator 6.5.

Cara Mudah Membuat Font dengan FontCreator

Tampilannya sih bisa dibilang hampir mirip kayak Word tahun 2000an. Dan bisa dibilang lebih lengkap dari tools online sebelumnya yang saya jumpai. Sangat lengkap malah. Pokoknya segala macam fitur yang dibutuhkan untuk membuat font sendiri, ada di aplikasi ini. Karakter apa saja tersedia. Tinggal kitanya aja sanggup gak buat karakter sebanyak mungkin. Akhirnya apa yang saya harapkan terjawab sudah disini.

membuat-font-muda-fontcreator

Lalu gimana caranya menggunakan Aplikasi FontCreator ini?

Saya akan beritahu Anda dengan penjelasan yang singkat. Kalau mau penjelasan lengkap takutnya Anda malah bosan baca tulisan saya ini. Mungkin lain waktu saya buatkan dalam bentuk Tutorial kalau Anda pengen belajar bareng dengan saya. Gimana mau?

Menyiapkan 125 Macam Karakter Font

Untuk tahap ini saya menggunakan hasil scanning template PaintFont.com yang sebelumnya. Tinggal lagi disini saya edit hasil gambar scan tersebut lewat aplikasi Photoshop. Hingga hasilnya hanya berupa tulisan font saja. Garis bantu dan tulisan-tulisan keterangan yang tidak perlu saya hapus.

Seteleh itu, hasilnya saya drag ke Corel Draw. Tujuannya adalah supaya karakter fontnya bisa dibuat jadi gambar vektor. Gambar yang tadinya agak patah-patah bisa kita buat jadi lebih halus. Kalau dari photoshop langsung hasilnya pasti gak bagus. Setelah itu, satu per satu karakter tinggal di-export ke dalam format PNG. Sampai sini saya sudah memiliki 125 macam karakter font hasil dari tracing Corel Draw.

membuat-font-karakter-tulisan-tangan-sendiri

Menyiapkan Glyph di Aplikasi FontCreator

Create New File untuk membuat lembar kerja baru. Maka akan muncul beberapa glyphs (kotak-kotak). Kotak itu adalah tempat kita untuk meletakkan masing-masing karakter font yang kita punya. Kalau misalkan kotak karakter yang kita inginkan tidak ada, bisa ditambahkan sendiri.

Cara menambahkan glyphs baru, pilih menu Insert > Glyphs. Atau bisa juga lewat toolbar. Nanti akan muncul glyph baru berupa kotak kosong. Supaya glyph ini memiliki nama yang jelas dan bisa terbaca oleh bahasa font. Klik kanan dan pilih Properties. Pada kotak Postscript tentukan nama karakter yang mau kita tambahkan. Sampai sini glyph sudah bisa diisi dengan gambar karakter font.

Terkadang kita tahu bentuk karakter yang mau ditambahkan itu yang gimana tapi kita gak tahu nama postscript-nya itu apa. Caranya gampang. Coba kalian intip saja dari font yang sudah jadi. Buka dari FontCreator ini. Nanti akan muncul macam-macam karakter dari font yang kalian buka itu. Tinggal lihat deh tuh.

Insert Gambar Font ke dalam Glyphs

Langkah berikutnya tinggal kita masukkan gambar masing-masing karakter font ke dalam kotak glyph yang sesuai. Drag & lalu drop satu per satu sampai semua glyph terisi.

membuat-font-mengatur-letak-gambar-karakter

Kemudian sesuaikan letak gambarnya. Klik salah satu glyph nanti akan terbuka tab baru. Lihat petunjuk garis bantu yang menandakan batas atas WinAscent, CapHeight, X-Height, Baseline, WinDescent dan Left Side Bearing. Atur sampai semua karakter posisinya pas.

Untuk garis Left Side Bearing fungsinya adalah sebagai jarak batas ke samping. Atur letak font supaya berada di posisi tengah antara garis vertikal 0 dengan side bearing. Supaya paham cara mengaturnya, coba lihat lagi font yang sudah jadi. Pelajari gimana aturan letak karakter font terhadap tiap garis bantu tersebut. Kalau mau buat hasil font yang rapi, jelas langkah ini lah yang sangat perlu diperhatikan.

Mengatur Jarak Kerning Pairs

Setelah itu, kita tinggal melakukan pengaturan jarak antar dua karakter font. Istilahnya adalah Kerning Pairs. Cara mudahnya bisa dengan menggunakan menu Tools – Auto Kerning. Atau gunakan ukuran kerning font yang sudah jadi. Saya kemarin pakek punyanya Font Arial. Itu pun untuk beberapa karakter perlu disesuaikan lagi kalau misalkan ada yang tidak pas.

membuat-font-mengatur-kerning-pairs

Untuk menguji hasil dari font yang kita buat, bisa dengan menekan tombol F5. Nanti akan muncul jendela baru. Kita bisa gunakan format text contoh. Atau bisa dengan mengetikkan tulisan bebas terserah kita.

Lengkapi Informasi Font dan Simpan

Kalau memang dirasa sudah pas, tinggal atur naming font tersebut. Supaya informasi tentang font kita lebih lengkap. Terakhir tinggal disimpan. Klik menu File dan pilih Save As. Berikan nama yang sesuai. Sampai sini font kreasi Anda sendiri sudah jadi. Selanjutnya tinggal install saja. Dan font siap digunakan.

Berikut ini adalah hasil kreasi font tulisan tangan saya sendiri:

The quick brown fox jumps over the lazy dog.
Jackdaws love my big sphinx of quartz.

ABCDEFGHIJKLMNOPQRSTUVWXYZ
abcdefghijklmnopqrstuvwxyz
0123456789!”#$%&<=>?@©®
*+-~:;[],.’^_`(){}/|×÷¡£
«°µ»¿– —‘’‚“”„•…

Gimana sob? Udah punya belum font hasil tulisan tangan kalian sendiri?
Silahkan dicoba! Mudah-mudahan cerita saya hari ini bisa sedikit membantu sahabat. Bagi yang pengen dan penasaran mau buat font sendiri.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

14 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Gimana Akhir Cerita Doraemon Last Episode, Ini Videonya!
Proses Belajar Pintar dan Bodoh
Close