Kira-kira sahabat yang hobi maen di jaringan sosial fesbuk, masih ingat gak tuh udah berapa kali gonta-ganti nama akun di fesbuk? Kalau saya sih dulu pas awal-awal aja sempet kayak gitu. Kebingungan sendiri mau nentuin nama yang pas. Pasalnya nama saya kan cuman 1 kata, Chaidir.

Sedang di pengaturan akun kita disuruh harus mengisi 2 kolom First dan Last Name untuk digunakan sebagai nama lengkap akun fesbuk kita. Sebenernya ada 3 kolom pun. Satu lagi di tengah untuk yang namanya menggunakan Middle Name ini sifatnya sunah gak wajib. Juga selain itu ada pilihan Alternative Name, kalau kita mengisi ini dan menampilkannya pada profil kita maka dia akan muncul dalam tanda kurung setelah nama lengkap yang kita pakai.

Jadi bisa dibilang itulah dia salah satu alasannya, kenapa saya dulu sempet makek nama lengkap ‘Chaidir Precious’ di akun fesbuk saya. Disamping mungkin juga karna dulu saya pengen bisa agak keren-kerenan dikit. Hehehe.. Dan karna saya pun tipe orang yang konsisten dan pengen bisa dikenal orang banyak dengan hanya cukup 1 karakter saja, makanya saya sampai membuat keputusan untuk menggunakan nama itu disemua akun-akun sosial dunia maya yang saya punya. Di Twitter, Gmail, Yahoo! Mail, dll yang saya pun udah lupa ntah hapa-hapa aja lagi yang ada.

Selain itu juga, dengan adanya nama belakang Precious ini tentu akan membuat saya menjadi karakter yang beda dari para pengguna-pengguna lain yang namanya juga sama dengan saya. Inilah resikonya punya nama banyak yang niru sob. Seringnya saya pulak yang keduluan, jadi pas saya mau daftar dengan nama Chaidir terpaksa deh saya ngalah dan make nama belakang ciri khas saya tersendiri yaitu Precious.

Coba lah sahabat search di Google nama Chaidir, pasti banyak tuh muncul ntah siapa-siapa aja. Nah, coba ganti dengan Chaidir Precious. Pasti yang muncul di halaman pertama adalah akun saya!! Hehehe.. Lengkapnya nanti saya akan membuat tulisan khusus untuk menceritakan pengalaman yang satu ini.

Kembali ke judul diatas!! Waah, berarti yang saya baca barusan masih intermezzo dir?? Iyaa iyaa lah sob, masa intermilan?? Gak mungkin kan. Udah mending lanjut baca aja deh, dari pada nanggung juga gak bagus lhooh untuk pertumbuhan. #lhoooh?? –“

Nah, berikut ini dia screenshot ketika pas saya akhirnya berhasil nemuin cara untuk ngakalin peraturan nama 2 kolom yang wajib itu tadi menjadi hanya 1 kolom nama pun udah diijinkan. Saya nyoba eksperimen sendiri lhoh ini, asli gak nyontek dari mbah google.

Lihat tuh sampe ada yang komen pengen minta ajarin. Hahaha.. Berarti nasibnya sama juga dengan saya, punya nama cuman 1 kata doang. Tapi, kayaknya temen saya yang satu ini lebih bagus makek nama gitu aja yaa gak sob?? NingrOem Tralala Part II. Udah cakep unyu-unyu gitu kok namanya. Hihihihi…

Sebelum hari itu tanggal 27 Juni 2013, akun FB saya masih menggunakan nama ‘Chaidir Precious’ seperti gambar berikut ini:

Dan, memang udah terbilang lama juga lah saya menggunakan nama ini. Gak inget pasti sih sejak kapan mulai pakek nama ini. Tapi kalau gak salah sekitar pas saya masih di zaman SMP dulu udah makek nama ini kayaknya. Berarti udah berkisar lebih kurang 4 tahunan juga. Anggep aja segitu lah kira-kira. Hmmm, jadi agak sayang juga yaa kalau dipikir-pikir, soalnya udah lumayan lamanya makek nama Chaidir Precious ini.

Okelah, dalam kesempatan ini saya sebenernya pengen sharing ke sahabat gimana waktu itu cara saya ngatasin masalah nama ini. Kali aja ada banyak diluar sana yang pengen makek nama aslinya tapi gak bisa karna masih terkendala harus mengguanakan nama embel-embel tambahan dibelakang namanya. Yuuk, simak langkah-langkahnya:

Pertama, silahkan buka menu Account Settings dibagian pojokan kanan atas yang biasa kalau kita mau logout, maka terbukalah General Account Settings. Seperti ini:

Kedua, silahkan pilih bagian name untuk mengedit nama akun fesbuk sahabat. Sebelumnya coba pikir-pikirkan lagi deh udah yakin belom tuh mau ngerubah namanya pakek 1 kata?? Kalau emang itu mau ganti jadi nama asli sahabat, saya sih dukung banget tuh!! Berarti yuuk langsung kita lanjut step berikutnya yaa.

Nah, inilah dia yang terjadi ketika saya nyoba pertama kali waktu itu. GAGAL!! Dan bukan sekali sob, sampe berulang kali saya nyoba tetep aja gak berhasil dia bilang iyaa gitu deh “You must provide a surname”. Ngerti kan artinya?? Bagus lah kalau ngerti. Soalnya saya sih enggak, jadi maaf translate dari google aja deh bagi yang juga sama nasibnya seperti saya. –“

Emang pertama nyoba mau ganti nama ini saya buka fesbuknya dari ape. Terakhir karna terpancing penasaran bukan main. Mau gak mau saya jadi buka notebook. Dan nyoba lagi untuk bisa ngerubah nama ini jadi 1 kata. Sampai entah dari mana tiba-tiba saya terpikir satu hal. BAHASA. Istilah First Name dan Last Name ini kan adanya di orang barat sana. Kalau orang asli Indonesia pasti banyak namanya cuman 1 kata. Saya berani bilang gini karna kebetulan keluarga saya sendiri pun seperti itu. Mulai dari ayah, mamak, kakak, nenek, uwak namanya cuman terdiri dari 1 kata semua. Keren kan?? Hehehe..

Jadi akhirnya ketemu lah langkah berikutnya ini.
Ketiga!! Coba buka pilihan Language pada General Account Settings tadi. Dan kemudian pada bagian Choose primary yang semula menggunakan bahasa English (UK) silahkan ubah menjadi Bahasa Indonesia. Lalu Save Changes.

Selanjutnya kita kembali ke bagian yang kedua pada penjelasan diatas tadi, yaitu pada bagian pengaturan nama. Di kolom Depan silahkan masukkan nama asli sahabat yang cuman secuil 1 kata itu. Dan di kolom yang lain udah kosongin aja. Kalau pengen supaya lebih berhasil boleh juga di kolom Belakang masukkan aja karakter spasi. Jika sudah cocok namanya masukkan kata sandi fesbuk sahabat. Lalu terakhir dengan tak lupa sambil mengucapkan bismillah silahkan klik pada tombol Simpan Perubahan.

Gimana sob caranya?? Berhasil gak tersimpan nama aslinya?
Kalau saya sih berhasil dan saya pun udah nyoba 2 kali cara ini. Pertama di akun Chaidir dan kedua di akun Ayo Berbagi (FB alternatif/cadangan). Maka munculnya nanti jadi seperti dibawah ini dia. Sehabis dari sini sahabat kalau mau pakek bahasa English (UK) lagi udah gak masalah kok. Dan kemarin pun saya gak payah nunggu-nunggu berapa jam tuk ngerubahnya. Karna gitu kita klik Simpan, dia pun udah langsung berganti.

Euyah, tapi inget ternyata sekarang ini para pengguna facebook sudah dibatasi dalam hal gonta-ganti nama akunnya. Gak boleh kebanyakan ganti. Jadi pesan saya gunakanlah yang memang betul-betul nama yang mencerminkan pribadi kita sesungguhnya aja deh. Untuk apa lah coba dibuat jadi aneh-aneh kayak anak zaman sekarang yang alay-alay gitu?? Biasa-biasa aja juga toh temen kita gak bakal berkurang kok. Malah salah satu keuntungannya nama kita jadi mudah diingat dan orang pun jadi gampang ngenali kita dengan baik. Ini sih kalau sahabat emang serius makek facebook untuk mencari hal yang positif. Kalau cuman iseng-iseng atau mungkin karna ada alasan lain iyaah terserah masing-masing deh.

Berikut ini dia yang saya maksud kita gak bisa banyak-banyak melakukan perubahan nama akun di fesbuk. Saya sudah buktikan dan terakhir akun Ayo Berbagi yang saya punya itu udah gak bisa lagi deh ganti nama.

Seperti ini lah yang muncul kalau kita udah ngabisin kesempatan untuk jatah perubahan nama fesbuk kita.

Cukup sekian tulisan dari saya, semoga bisa bermanfaat yaa sob!! Kalau ada masalah boleh sharing lewat comment dibawah.
Semangat Berkarya!! Ayo Berbagi..

14 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.