cover-facebook-2015

cara-menjad-seorang-penulis

Saya adalah seorang . Jika kalian bertanya kenapa saya mau menjadi . Tentu alasannya tidak cuma satu. Karna dari saya bisa belajar banyak hal. Yang jelas kegiatan bisa mengasah kreatifitas saya. Seorang itu harus kreatif memang. Bagaimana membuat konsep sebuah blog yang menarik. Bagaimana menghidangkan konten yang berkualitas. Bagaimana menghias tampilan blog agar terlihat bagus.

Terlepas dari berbagai macam hal yang bisa saya pelajari dari aktifitas . Yang paling utama tentu adalah keahlian untuk menjadi seorang penulis. Walaupun rasanya setiap orang pun tentu bisa menulis. Tapi menulis disini bukan sembarang menulis. Iyaa, menjadi seorang penulis yang beneran. Seperti penulis buku misalnya. Seorang juga seharusnya bisa memiliki keterampilan yang sama. Karna blog juga adalah media baca yang sama seperti halnya buku. Iya kan?

Apakah saya layak menjadi seorang Penulis?

Nah, pertanyaan inilah yang terbesit di pikiran saya saat ini. Sebenarnya saya bisa tidak yaa menjadi seorang penulis? Entahlah. Melihat tulisan-tulisan saya di blog ini, rasanya belum benar-benar powerfull. Entah gimana rasanya bagi kalian ketika membaca tulisan saya. Bisa saja ada yang kurang paham, bisa saja ada yang cepat merasa bosan. Atau bisa saja tulisan saya kurang menarik bagi kalian.

Belum lagi jika melihat beberapa sahabat yang sudah ahli dalam hal menulis. Rasanya saya jadi minder. Melihat kemampuan mereka yang dapat menghidangkan sebuah artikel dengan mudahnya. Terkadang bisa sangat cepat. Lah, saya nulis satu konten artikel saja mungkin bisa memakan waktu berjam-jam. Mudah-mudahan saja kedepan saya bisa terus meningkatkan efisiensi waktu dalam menulis.

Sudahkah kamu layak dikatakan sebagai Penulis?

Saya juga belum paham betul indikasi seorang layak dikatakan penulis. Soalnya sampai saat ini pun belum ada yang mau memberikan penilaian tentang tulisan-tulisan saya. Punya buku juga belum, sob! Saat ini saya masih hanya berkarya lewat tulisan-tulisan di blog saja.

Yang saya tahu, seorang penulis biasanya sudah lihai dalam menuangkan isi pikirannya ke dalam bentuk tulisan. Kesannya bagi pembaca, seperti mengalir gitu ceritanya. Jadinya tentu tulisan tersebut enak dibaca. Renyah dan gurih lah rasanya. Sampe-sampe bisa saja kita menjadi merasa ketagihan. Saya pernah ngalamin seperti itu. Membaca tulisan yang panjang pun rasanya gak bosan. Seperti itulah kalau tulisan tersebut berasal dari tangan penulis yang handal.

Berikut beberapa point yang bisa saya rangkum. Menurut saya ini PENTING dan harus dilatih agar kita bisa menjadi seorang penulis.

  1. Menguasai Ilmu Tata Bahasa yang baik sesuai EYD.
    Ini sangat penting bukan? Dengan ilmu ini diharapkan makna dari tulisan kita itu bisa jelas untuk dibaca. Walaupun bisa saja kamu minta bantuan Editor.
  2. Memiliki wawasan informasi yang luas.
    Bagaimana kita mau menulis sementara ide saja masih terbatas. Makanya penulis juga harus rajin Membaca. Gak mungkin lah kamu jadi penulis tapi isinya COPAS.
  3. Mampu mengetik cepat dengan 10 jari! Bukan 11 yaa.
    Yang ini gak bisa pakek alasan! Masak iya kamu mau nulis tangan di zaman teknologi sekarang ini?
  4. Menulis seperti layaknya berbicara.
    Point inilah yang akan membuat tulisan kita enak dibaca. Isinya tidak kaku dan njelimet. Jadinya sama lah seperti ketika kita mendengarkan cerita dari orang lain.
  5. Mampu mengemas tulisan dengan format menarik.
    Layaknya makanan kalau bungkusannya saja udah jelek orang pun ragu melihat isinya kan? Tanpa ada format penulisan, jadinya tulisan kamu itu seperti text polos yang rata semua bentuk susunannya.

*****

Okay, saya rasa lima point di atas cukup mewakili hal-hal penting yang harus dipelajari untuk penulis pemula. Tentu ada banyak hal lain lagi. Tapi sekiranya kita sudah mulai, nanti kan bisa dilatih sambil berjalan. Intinya, praktek sambil belajar. Dan belajar itu gak ada akhirnya. Setuju?

Ada yang mau menambahkan? Atau mau ngasih penilaian tentang tulisan saya hari ini?

Silahkan tinggalkan komentar dibawah ya! Saya sangat senang jika bisa berdiskusi dengan sahabat lewat blog ini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat buat semuanya.

Salam Semangat,

admin@chaidir.web.id

6 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Solusi Buat Email dengan Nama Domain Sesuai Minat dan Pekerjaan
Edisi Kartun #3 : PUASA TV
Close