cover-facebook-2015

Bagi seorang yang namanya membuat postingan atau tulisan pasti sudah tidak asing lagi, bukan?? Iyaa, itu pasti lah!! Baik pemula maupun yang sudah profesional pun wajib melakukan itu. Gak mungkin kan punya blog tapi gak punya tulisan didalamnya. Atau bisa jadi sih tulisan itu hasil dari copas. Namun, tentunya setiap orang juga pasti memiliki cara yang berbeda-beda dalam proses untuk menerbitkan masing-masing tulisannya tersebut. Belum lagi platform yang digunakan juga berbeda-beda pula. Ada yang suka dengan .com, ada yang lebih percaya dengan wordpress.com, ada pula yang cintanya dengan blogdetik.com dan mungkin masih banyak lagi yang lainnya. Tapi kali ini karna saya pengguna , saya akan bicara dari sudut pandang platform ini saja.

Sebelumnya saya ingin tahu apa saja yang biasanya sahabat lakukan sebelum pada akhirnya berhasil menerbitkan satu buah tulisan di web/blog sahabat?? Kalau pertanyaan itu ditujukan kepada saya, biasanya tentu saya akan mulai dengan mencari dan mengumpulkan beberapa macam ide terlebih dulu. Bisa jadi saya membuat banyak ide dalam bentuk judul-judul tulisan. Baru kemudian jika moment menulisnya sudah tepat barulah saya pilih salah satu ide yang paling cocok dan pas lagi enak-enaknya untuk ditulis. Ingat, setiap orang pasti punya cara berbeda-beda. Setelah itu barulah kita semua pastinya akan menuju ke halaman dashboard web/blog kita untuk mulai membuat tulisan pada menu New Post. Ketik ketik ketik.. lalu Publish. Selesai deh satu buah tulisan. Ini contoh simple nya saja.

Nah, pada saat kita mulai proses mengetikkan tulisan itu, ternyata tidak semua orang yang langsung mau menerbitkan tulisannya menjadi sebuah artikel. Itulah yang biasa disebut dengan istilah Draft. Atau tulisan yang masih tersimpan di daftar yang belum di publish. Saya yakin pasti seorang pernah lah melakukan hal ini. Bisa jadi drafting ini dilakukan memang disengaja atau bisa juga karna alasan tertentu. Karna gak sempet atau karna lagi stack kehabisan bahan materi yang ingin ditulis. Saya pun sebenarnya tipe yang gak terlalu suka drafting tulisan. Pengennya gitu nulis iyaa harus langsung publish. Tapi terkadang mau gak mau ternyata saya pun juga pernah nge-draft beberapa tulisan sebelum akhirnya terbit di Weblog saya ini. Bagaimana dengan sahabat??

Apa yang membuat saya tidak suka nge-Draft tulisan di .com??
Alasannya mungkin simple aja sih gak terlalu heboh-heboh banget.
Pertama, karena pada prinsipnya saya memang gak suka nyimpan-nyimpan tulisan gitu. Mending langsung disiapin hari itu juga. Takutnya lama-lama disimpan pun nanti malah jadi basi pulak. Besoknya iyaa harus cari ide lain lagi donk dan buat tulisan baru.
Kedua, karena pihak Blogger selalu melakukan proses simpan otomatis. Lhooh kok ini dijadikan masalah?? Lihat aja ini:

Saya jadi merasa kurang nyaman kalau melihat peringatan itu tampil dibagian atas halaman tulisan yang sedang saya ketik. Dan bisa-bisa terkadang kita lupa atau mungkin karna sistemnya yang error, kita ngiranya sudah mengetik panjang-panjang ternyata yang tersimpan di draft itu masih cuman separuh. Gimana hayooo?? Kesal kan jadinya?? Kebayang gak kalau tiba-tiba tulisan draft kita itu rupanya HILANG atau gak tersimpan??

Makanya daripada terjadi hal yang macem-macem, buat sahabat yang masih suka nge-Draft tulisan saya mau saranin satu Alternatif baru nih. Apa itu?? Yang pastinya lebih aman dan bisa membuat Menulis pun jadi lebih Asyik. Mau tahu kan?? Oke kita bahas sekilas yaa.

Tips agar Menulis Menjadi Asyik dan Efektif

Microsoft Office OneNote adalah sebuah aplikasi yang mirip seperti Microsoft Word. Kalau sahabat pernah punya diary atau buku Campus yang seperti Notebook gitu atau ada yang nyebutnya Binder, iyaa persis lah Microsoft OneNote ini pun juga sama seperti itu fungsinya. Yang buat Binder itu menarik apa?? Pasti karna ada pembatas yang warna-warni itu kan?? Iyaa, di Microsoft OneNote pun juga ada lhooh. Keren kan?? Pokoknya persis seperti kita mau buat catatan di diary notebook atau Binder cuman bedanya kalau ini secara elektronik. Kalau yang biasanya kan pakek kertas ini gak perlu kertas dan pulpen lagi. Dan masih banyak fitur-fitur lainnya seperti Screen Cliping, Drawing, Insert Picture, Record Audio, Video, Attach File dan lain-lain. Yang jelas aplikasi ini sebenarnya jauh lebih enak digunakan daripada aplikasi Word.

Terus yang paling menarik adalah Microsoft OneNote juga selalu melakukan proses simpan otomatis. Sama kan seperti ?? Bedanya cuman ini secara offline jadi kita gak usah khawatir kehilangan data tulisan yang sudah kita ketik. Kalau di Word kita perlu melakukan save as untuk membuat file baru dan save untuk menyimpan perubahan, di OneNote malah kita gak perlu melakukan hal itu. Kita cukup buat WorkBook baru kemudian tinggal isi deh dengan apa yang mau kita tulis didalamnya. Kalau kita udah selesai, tinggal Close aja, semua data tadi otomatis udah tersimpan. Dalam satu jendela OneNote itu kita bisa melihat beberapa macam WorkBook atau Notebooks sekaligus. Dalam satu WorkBook ada beberapa Sections (Pembatas Warna-warni tadi). Dan dalam setiap Section ada beberapa Pages (Halaman). Menarik kan??

Menurut saya aplikasi ini memang sangat cocok sekali untuk digunakan bagi setiap . Daripada nyimpan Draft tulisan secara online di Blogger.com mending simpan tulisan di OneNote secara offline. Jadi, kalau pun kita kehabisan pulsa Modem atau gak bisa akses Internet gak perlu khawatir. Kapan saja dan dimana saja selagi Laptop atau Netbook kita bisa dinyalain, kita tetep bisa asyik MENULIS atau sekedar memperbaiki draft tulisan kita sebelumnya. Wuuuih.. Keren abis deh pokoknya. Saya aja waktu itu pernah nulis di OneNote di sela-sela jam kosong pas di kampus. Gitu udah selesai baru deh kita tinggal aktifkan koneksi Internet. Copy, Paste dan Publish. Cuman ingat kalau mau Paste ke itu gunakan CTRL + SHIFT + V atau Paste sebagai Teks Biasa. Supaya format tulisan dari OneNote gak ngikut ke .

Saya bisa share seperti ini pun karna memang saya sendiri udah punya satu macam WorkBook “Chaidir’s Web” yang isinya khusus untuk konten weblog ini. Nih saya kasih intip deh buat sahabat . Coba perhatikan di bagian yang sebelah kanan, kelihatan kan ada beberapa judul artikel. Itu kemarin memang saya nulisnya lewat OneNote dulu secara offline. Kalau dibagian Content List biasanya disitulah saya ngumpulin beberapa judul atau ide-ide yang bakalan pengen saya buat jadi tulisan.

Gimana sahabat ?? Kelihatannya asyik kan??
Semoga tulisan saya yang satu ini bisa menjadi tambahan wawasan baru yaa buat sahabat yang sudah membacanya. Mudah-mudahan juga bisa bermanfaat. Aamiin..

Selamat Menulis.. Tetap Semangat Berkarya yaa!!

14 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Desain Jaket Merpati Putih Kolat Polmed Cabang Medan
Google Tidak Update PageRank
Close