cover-facebook-2015

Berikut ini saya pengen sekedar share hasil dari design baju yang pernah saya buat untuk UKM Merpati Putih Polmed. Design ini saya buat sekitar bulan Maret 2013 (kalau gak salah inget). Sebenernya saya belum pernah nyobain buat design baju kayak begini apalagi model jaket pulak. Tapi kemarin karna ada disuruh dan ditunjuk beberapa orang yang wajib membuat design baju ini, mau gak mau iyaa saya jajalin aja kemampuan men-design yang saya miliki yang cuman se-alakadarnya ini.

Seharusnya pun untuk men-design baju seperti ini kan lebih mantepnya pakek Corel Draw, cuman iyaah karna saya pun waktu itu cuman tahunya ilmu Photoshop iyaa apa boleh buat lah. Jadi harap maklum kalau hasilnya pun gak sebagus gambar vektor yang mungkin bisa dihasilkan oleh CDR (Corel Draw). Sebelumnya saya juga mencari referensi dari mbah Google. Untuk sekedar melihat contoh hasil design jaket yang sudah ada. Setelah dapet banyak refrensi barulah saya memulai untuk menemukan ide yang pas untuk jaket MP Polmed ini. Dan saya kepikiran untuk membuat model jaket yang 2 in 1. Itulah yang modelnya bisa pakek bagian luar dan bagian dalam, yang bisa dibalik lah istilahnya.

Nah, ini lah hasil design yang pertama berhasil saya buat, karna pun waktu ngerjainnya terbatas awalnya saya baru sempet nyiapin satu bagian ini aja.

Gimana menurut sahabat nih?? Berserak yaa designnya?? Kalau mau kasih komentar yang jujur aja yaa sob, jangan sungkan-sungkan anggep aja rumah sendiri. #lhoooh..

Baru kemudian saya langsung upload hasil ini ke group Facebook MP Polmed. Dan lumayan banyak juga yang ngasih masukan yang macam-macam. Intinya, ternyata masih banyak yang perlu saya revisi kembali design nya. Hehehe.. Dan setelah mencoba menerima segala ide dan masukan dari teman-teman MP Polmed. Maka jadilah design berikutnya yang seperti ini:

Sebenernya yang saya revisi cuman dibagian warna aja sih, soalnya ada yang bilang kalau ntar warna putih gampang kotor. Seharusnya pun kalau bisa gak ada warna putihnya. Tapi menurut saya sih agak kurang sedep kalau cuman warna merah aja. Jadi yang putih dibagian badannya gak saya hilangin. Cuman dibagian tangan yang saya merahin karna kemungkinan yang lebih cepat kotor itu kan dibagian situ, menurut saya lhooh.

Baru kemudian saya nyoba lagi untuk design bagian keduanya. Yaitu bagian dalam nya, ini kan masih bagian luar. Setelah melakukan perenungan melihat-lihat beberapa referensi, terakhir saya nemu ide untuk membuat bagian dalamnya itu dengan ada warna ungu nya. Kalau yang luaran ini warna merah dan putih itu kan melambangkan seragam latihan dari Merpati Putih sendiri. Dan yang bagian bawah dekat pinggang itu kan dia ada strip warna hitam garis-garis, maksud saya membuat seperti karna ingin melambangkan sabuk dari Merpati Putih.

Nah, terus ide untuk yang bagian luar pun muncul karna saya pikir setidaknya kan perlu juga ada yang melambangkan jaket Merpati Putih ini berasal dari Kolat (Kelompok Latihan) Polmed. Kebetulan warna favorit kampus saya itu warna Ungu dan bisa dilihat dari warna gedungnya pun itu. Makanya jadilah design bagian keduanya seperti ini:

Kemudian saya pun kembali men-share hasil dari design ini ke Group Facebook Merpati Polmed. Dan ternyata juga masih ada koreksi yang perlu saya perbaiki lagi. Dan singkat ceritan, saya pun melakukan sedikit perubahan kembali untuk menyesuaikan dengan permintaan konsumen. Ceilaaah… acem betol aja. Padahal ini FREE lhooh. -___-

Maka hasil akhirnya jadilah seperti ini dan kemarin filenya udah saya serahin ke Mas Rudi selaku senior saya tuh di MP Polmed. Iyaa mudah-mudahan yang ini udah fix lah designnya.

Oke mungkin cukup sekian dulu nih. Semoga aja design ini bisa bermanfaat dan bisa jadi jaket beneran. Soalnya sampai saya buat tulisan ini toh belum juga jelas kabar untuk buat jaket nya ini. Tapi, iyaa walaupun gitu mudah-mudahan tetep ada manfaatnya aja lah. Kesimpulan dari tulisan kali ini, intinya untuk membuat suatu hasil design yang bagus itu gak cuman hanya bisa berandalkan penglihatan atau penilaian kita seorang. Karna bisa saja menurut kita udah oke tapi gitu udah sampe ke orang lain persepsi dan penilaiannya jauh berbeda. Seperti saya ini lah contoh kasusnya. Dan bersabar lah karna itu memang hal yang wajar. Saya pribadi jauh lebih senang ketika mendapat kritikan dan masukan tentang apa yang sudah saya buat dan akan jauh lebih senang jika pada akhirnya apa yang saya buat bisa dinikmati oleh orang lain.

Tetap Semangat Berkarya!!

7 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Mengembalikan Profil Blogger
Kapan Waktu Yang Paling Ramai Pengunjung Blog?
Close