cover-facebook-2015

tujuh-cara-mengevaluasi-kualitas-tulisan-di-blog

Semenjak serius ngeblog saya jadinya ketagihan menulis. Rasanya ada sensasi tersendiri ketika kita bisa menuangkan ide apa saja dalam pikiran kita, hingga menjadi sebuah tulisan yang enak dibaca oleh orang lain. Walaupun saya gak tahu pasti apakah sejauh ini, tulisan saya sudah enak dibaca apa belum. Saya belum berani minta feedback langsung kepada pengunjung tentang tulisan saya.

Bagi saya, sudah ada yang mau baca aja udah syukur Alhamdulillah. Tapi gak tahu juga deng, apa orang yang baca memang karna niat pengen baca atau mungkin malah karna tersesat di blog saya ini. Entahlah. Yang pasti cuman Anda yang tahu jawabannya.

Karna Anda celit dan gak mau kasih tahu saya jawabannya. Jadinya saya pun cuman bisa mengira-ngira. Apakah artikel yang baru saya tulis itu laku apa tidak. Apa tulisan saya sudah enak dibaca apa belum. Orang yang baca emang karna niat mau baca apa cuman mampir karna gak sengaja.

7 Cara Evaluasi Kualitas Tulisan di Blog

Beberapa hal yang bisa saya lakukan untuk mengevaluasi sebuah artikel di blog adalah :

  1. Melihat dari Artikel Paling Populer

    Dari dashboard , saya bisa melihat statistik postingan yang mana yang paling sering dilihat pengunjung. Artinya ada dua kemungkinan kenapa artikel tersebut bisa jadi paling populer diantara yang lain.

    Pertama, memang kualiatasnya sangat bagus, materinya daging semua, informasinya memang sedang banyak dicari sehingga banyak yang mau baca. Kedua, mungkin optimasinya yang cukup bagus, sehingga bisa banyak mendatangkan pengunjung lewat search engine. Meskipun mungkin kualitasnya kurang bagus. 

  2. Banyaknya Vote Google+, Jumlah Komentar & PageViews

    Masih dari menu dashboard , saya juga bisa memantau banyaknya vote Google+ artinya artikel saya ada yang share. Banyaknya pengunjung yang meninggalkan komentar setelah baca tulisan saya. Bisa jadi topik yang saya bahas menarik. Dan seberapa banyak total pageviews artikel tersebut. Biasanya saya membandingkan dengan artikel lain.

    informasi-blog-evaluasi-kualitas-tulisan

    Misal saya tahu rata-rata artikel yang baru di publish itu bisa dapat vote +1, nol komentar, dan 100an pageviews. Rupanya ada satu artikel dia bisa melewati nilai rata-rata kebanyakan artikel lain. Berarti kemungkinan besar artikel satu ini lebih disukai banyak pengunjung. 

  3. Adakah yang Share di Facebook, Twitter, atau Like

    Informasi yang ini gak saya pasang di blog dan juga gak ada di dashboard . Untuk melihatnya saya biasa memakai bantuan add-ons yang terpasang di browser. Jadi saya bisa tahu artikel ini seberapa banyak orang yang mau share. Biasanya orang mau share itu karena dia merasa informasi yang baru saja dibaca juga ada manfaatnya untuk orang lain. Kalau biasa-biasa saja atau mungkin orang lain sudah banyak yang tahu, orang gak bakalan mau share.

    Untuk like saya bisa lihat dari ketika saya publish artikel ini di sosmed. Ada gak yang mau like di postingan saya tersebut. Entah itu di status facebook saya sendiri, di group, retweet dari twitter dll. 

  4. Bertambahnya Jumlah Subscriber Email

    Yang ini istilahnya sama seperti pelanggan setia blog kita. Orang yang terdaftar sebagai subscriber dia nantinya akan mendapatkan pemberitahuan langsung lewat email ketika ada tulisan terbaru yang saya publish di blog. Semakin banyak jumlah orang yang berlangganan lewat email, bisa dikatakan topik yang dibacarakan di blog ini sudah banyak peminatnya. Sederhananya, tulisan di blog saya sudah selalu dinanti-nantikan kehadirannya.

    Makanya daripada Anda nanti ketinggalan update terbaru tulisan-tulisan keren dari saya, mending langsung daftar aja jadi subscriber di blog ini. Mau kan? Heheh..

  5. Memasang Anchor Link Pada Bagian Tertentu

    Salah satu cara untuk melihat apakah pengunjung beneran baca tulisan saya atau tidak, adalah dengan cara memasang anchor link pada tulisan tersebut. Contohnya begini :

    “Kemarin kita sudah belajar tentang Cara Penggunaan Property Border Radius, dan kali ini kita akan coba bahas materi CSS yang lebih keren lagi. Yaitu bagaimana caranya membuat efek bayangan pada bagian luar elemen HTML.”

    Dan bisa juga saya letakkan di bagian akhir artikel. Biasanya pengunjung yang beneran tertarik dengan artikel tersebut, pasat dia mau melihat artikel lain yang kita referensikan. Terus gimana caranya supaya kita tahu orang lihat anchor link yang kita pasang? Cara lengkapnya nanti bisa Anda lihat di kategori Tutorial 

  6. Isi Komentar yang disampaikan Pengunjung

    Saya pribadi menganggap kotak komentar di setiap tulisan blog adalah sebagai tempat untuk diskusi. Terkadang malah dari komentar kita juga bisa dapetin informasi tambahan yang gak kalah menariknya dengan isi dari tulisan tersebut. Dan dari komentar juga saya bisa mengetahui kira-kira apa yang dirasakan pengunjung. Makanya saya selalu usahakan untuk selalu balas setiap komentar yang ada. Bagi saya ini penting.

    Ibaratnya, tulisan kita itu bisa dibilang sebagai produk maka pengunjung adalah konsumennya. Seorang berperan sebagai penjual, yang harus selalu siap memberikan pelayanan yang terbaik. Sama seperti jualan, kita pasti tahu kan mana orang yang emang beneran niat beli mana yang cuman nanya-nanya doang. Dan komentar juga bisa berperan sama seperti halnya testimoni.

    isi-komentar-evaluasi-tulisan-blog
  7. Ada yang Chatting Langsung Lewat Sosmed

    Biasanya pengunjung yang penasaran atau memang suka dengan tulisan kita, dia juga akan tertarik untuk mengenal siapa sosok penulisnya. Cara mudahnya yaitu dengan berteman langsung lewat akun sosial media. Ketika memang informasi yang kita sampaikan itu bermanfaat, pengunjung juga tertarik untuk belajar langsung dengan si penulis blog tersebut.

    Saya sendiri pernah dapat beberapa teman baru di facebook, twitter atau BBM, karna menulis di blog seperti ini. Saya tahunya iyaa karna mereka sendiri yang bilang, kalau mereka habis baca tulisan-tulisan di blog saya. Dan cara ketujuh ini bisa dikatakan adalah cara yang paling ampuh. Saat ngobrol, secara tidak langsung pasti mereka juga akan memberikan tanggapan. Entah kabar baik atau buruk! Heheh..

Yaudah, saya rasa cukup sekian dulu curhatan kita hari ini. Padahal sebelumnya saya bukan mau nulis tentang topik ini. Tapi ya sudah lah yang penting kembali lagi ide (pikiran) saya bisa tersalurkan. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Ingat, point 6 diatas kan? Saya butuh komentar sahabat untuk saya jadikan bahan evaluasi tulisan ini. Atau mungkin sahabat punya tanggapan lain?

9 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Bagaimana Cara Belajar yg Baik
Akhirnya UAS Selesai, Welcome Tingkat 3!
Close