cover-facebook-2015

Setelah kemarin saya baru saja launching tampilan baru untuk blog ini dengan menggunakan template Hitam Putih C15. Sekarang saya pun melakukan desain ulang untuk tampilan Logo. Rasanya kurang pas juga kalau tampilannya sudah bagus, tapi logonya masih jadul. Saya melakukan revisi besar-besaran seperti ini dengan tujuan agar nuansa blog Chaidir.Web.id menjadi lebih rapi dan menarik. Mudah-mudahan kalian yang berkunjung kemari pun bisa lebih betah.

Seperti yang kalian lihat diatas. Itu adalah wujud penampakan dari logo saya yang baru. Sebenarnya gak berubah banyak sih. Konsepnya masih sama dengan yang sebelumnya. Cuman lagi kali ini saya buat lebih simpel. Kalau yang lama kan ada menggunakan border hitam. Untuk yang baru hanya polos satu warna saja. Ah, berarti sama aja nih dengan yang lama?? Iyaa, bisa jadi. Tapi kalau kata saya sih enggak.

logo-chaidir-web-id-lama-design
Rahasia Dibalik Logo Terkenal

Kemarin waktu pas buat versi logo yang pertama, saya cuman menggunakan aplikasi Photoshop. Dengan teknik biasa-biasa aja. Kualitasnya pun bukan berupa gambar vektor. Sekelas gambar foto lah jadinya.

Nah, untuk versi terbaru ini saya coba buat dengan Corel Draw. Walaupun ilmu saya masih cetek alias secuil banget. Tapi iyaa terakhir berhasil juga. Sempat bingung karna saya gak ada nyimpan master dari logo yang pertama. File format PSD-nya kemarin saya udah gak tahu ntah dimana. Jadinya saya cuman bisa nebak-nebak. Untungnya, font-font yang dulu saya pakai di netbook juga udah saya pasang di notebook yang sekarang.

Saya pikir kalau logo-nya cuman satu warna, nanti bisa lebih mudah untuk disesuaikan dengan latar belakang background warna apa saja. Atau bisa saja gak melulu warna putih. Kan saya ada beberapa subdomain blog lain, jadi nanti saya bisa buat logo-nya tersendiri. Tapi dengan warna yang berbeda.

Logo Flat Desain + Efek Long Shadow

Dengan konsep logo baru yang flat desain ini, saya jadi lebih mudah untuk bermain-main dengan tampilannya. Bisa dihias-hias gitu deh. Seperti misal saya buat tambahan efek Long Shadow atau bayangan panjang. Ini adalah salah satu desain yang lagi trend. Saya pribadi juga sangat suka icon-icon ataupun logo yang memakai konsep seperti ini.

Kalau ternyata kalian juga pengen buat efek Long Shadow baik itu untuk logo blog kalian atau icon maupun gambar vektor. Caranya sangat mudah kok. Berikut akan saya share langkah-langkahnya. Biar kita bisa sama-sama belajar. Langsung praktekin juga yaa!!

Cara Membuat Efek Long Shadow dengan Corel Draw

Saya buatkan contoh yang mudah saja. Yang penting kan caranya dulu. Untuk polesan selanjutnya iyaa tinggal tergantung kreatifitas masing-masing. Dalam praktek ini saya memakai Corel Draw X5. Mudah-mudahan di versi lainnya juga bisa diterapkan langkah berikut ini.

Tools yang diperlukan : Extrude tool + Transparancy tool

Pertama, buat lembar kerja baru beserta icon, logo atau gambar yang diinginkan. Kemudian aktifkan Extrude tool dari toolbar sebelah kiri.

desain-flat-long-shadow-corel-draw

Klik dibagian tengah objek lalu geser (sambil ditahan) ke titik sesuai arah bayangan yang mau dibuat. Tidak harus pas. Tarik sedikit dulu juga boleh. Supaya lebih pas atau mau panjang ke bawah nanti bisa diatur lagi dari toolbar seperti gambar dibawah ini.

extrude-toolbar-corel-draw-membuat-long-shadow

Karna kita mau buat desain flat, gunakan bentuk bayangan yang datar (seperti yang ditunjuk panah). Panjang bayangan kalau bisa buat melebihi bidang kerja kalian. Atur warna bayangan menggunakan warna solid. Kalau mau lebih bebas atur sendiri dengan kode warna heksa.

extrude-tool-solid-color-long-shadow

Nah, sampai disini kita sudah memiliki gambar dengan bayangan panjang. Tapi ukurannya masih belum pas. Supaya pas kita harus potong bayangan yang diluar dengan menggunakan Intersect tool. Terlebih dulu Break Apart bayangan dengan cara klik ctrl + K atau cari saja di menu Arrange. Setelah itu, select kedua objek yaitu bayangan dan bidang kerja (gunakan tombol shift). Lalu, klik intersect pada toolbar atas.

intersect-dua-objek-corel-draw

Intersect ini akan membuat satu objek baru yaitu bagian yang berhimpitan antara objek kotak dengan objek bayangan. Setelah itu kita bisa menghapus objek bayangan. SELESAI.

Gimana?? Mudah kan??

Langkah selanjutnya kalian bisa improve sendiri. Saya sengaja skip penjelasan tentang penggunaan Transparency tool.  Bukan karna apa-apa. Takutnya nanti kalian malah bosan baca postingan saya yang panjang ini.

Hasil akhir Desain Logo Angka 15 dengan efek Long Shadow :

flat-desain-dengan-efek-long-shadow
*****

Contoh Inspirasi Desain Flat Icon dan Logo

flat-desain-modern-icon-ios7

Design Flat Modern with Long Shadow

flat-desain-long-shadow-sedang-tren

Kreasi Desain Flat Icon Dengan Corel Draw

contoh-flat-desain-keren-modern-bayangan-panjang
*****

Bagi saya, sebuah logo itu memiliki peran yang sangat penting. Dengan logo kita bisa melakukan branding. Dimana saja saya meletakkan logo Chaidir.Web.id, itu artinya saya juga sekaligus sedang berpromosi. Semakin sering orang lihat bisa-bisa dia pun jadi hapal. Kalau udah hapal berarti brand kita udah nancep tuh di mereka. Makanya dari contoh-contoh diatas saya gak munculin logo brand luar. Hehehe.. kira-kira begitu.

Sekedar tips dari saya:
Khusus untuk logo blog atau website, baiknya kalian juga menampilkan keterangan domain. Tujuannya supaya orang-orang yang belum kenal bisa langsung ngeh bahwa itu URL atau link. Bukan nama toko, nama orang atau mungkin nama jalan.

Semoga kalian berhasil yaa!!

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

7 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri
Edisi Kartun Wakdir & Wakder
Close