Apakah sahabat punya impian? Cita-cita? Harapan?
Sudah tentu pasti setiap orang di dunia ini memiliki itu semua. Namun, juga pasti berbeda-beda. Dan, kali ini saya ingin sedikit sharing kepada sahabat mengenai impian itu. Sebenernya tidak banyak sih yang saya tahu, tapi saya akhir-akhir ini gak tahu kenapa sering terpikir tentang topik ini makanya timbul rasa dihati saya untuk membuat postingan di blog ini. Dasarnya itu aja, bukan karna apa-apa.

Di zaman sekarang ini, khususnya Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Dunia Pendidikan yang sangat terkenalnya didapat di SEKOLAH dan PERGURUAN TINGGI. Pemerintah pun sudah menetapkan yang namanya Wajib BELAJAR 9 tahun, itu berarti masyarakat dituntut untuk harus bersekolah mulai SD sampai SMP dan ini minimal sekali. Dulunya minimal itu 6 tahun jadi hanya sampai SD udah lumayan lah. Tapi sekarang SMP saja masih belum ada apa-apanya. Kita harus melanjut ke SMA lagi untuk bisa mulai dianggap dan bisa diterima jika ingin mempunyai pekerjaan. Dan lulusan SMA saja pun bagi kebanyakan orang masih belum cukup jika ingin menjadi sukses dalam berkarir. Saat ini Dunia Pekerjaan menuntut kita untuk memiliki ijazah yang lebih tinggi yang bisa didapat setelah kita melewati tingkat Perguruan Tinggi yaitu D3, S1, S2, dan S3.

Kemudian muncul pendidikan SMK yang lebih mengutamakan skill kejurusan yang berbeda-beda. Diharapkan lulusan SMK bisa lebih mudah diterima oleh dunia kerja atau jika tidak minimal bisa membuka lapangan pekerjaan sendiri. Tapi jika dibandingkan dengan SMA peminat SMK saat ini masih kalah jauh banyaknya. Menurut pengalaman saya, banyak anak lulusan SMA itu biasanya mereka melanjut lagi ke perkuliahan dan rasanya ini memang sudah menjadi tuntutan karna lulus SMA saja itu masih nanggung. Kalau pun nyoba kerja tentu mereka perlu belajar dari awal lagi tentang dunia kerja, bisa dibilang masih meraba atau bingung karena yang mereka dapat di SMA kan kebanyakan teori saja. Sedangkan SMK itu malah sebaliknya, kebanyakan setelah lulus langsung kerja dan hanya beberapa yang melanjut kuliah. Dan kalau dari pengalaman ketika saya tanya ke teman-teman SMK mengapa mereka gak kuliah, jawabnya kebanyakan yaa emang hampir sama yaitu karna faktor ekonomi. Mungkin ada beberapa yang memang karna fakor kualitas sehingga lebih memilih untuk langsung kerja dan menghasilkan.

Kalau kita kembali ke SMP, disaat kita sudah dinyatakan lulus maka pasti yang akan menjadi pertanyaan utama adalah mau nyambung kemana? Disini kita seharusnya bisa menentukan dan membuat pilihan sendiri. Tapi faktanya, masih banyak siswa-siswa itu malah memilih yang bukan karna dirinya. Ada yang nyambung SMA karna gak tahu cuman ikut-ikut kata orang saja. Temen nyoba ke SMA mana ikut. Ada juga yang ingin biar dibilang oke nyoba ke SMA favorit atau yang keren-keren. Dan malah yang kasihannya gak dikasih membuat pilihan karna udah ditentuin sama orang tua. Disini rasanya tentu sangat malu atau apalah yang dirasain kalau kita tuh gak lanjut ke SMA dan ada juga yang bilang bodoh.

Lalu sebenarnya kenapa kita mau menjalani itu semua? Untuk apa kita bersekolah?
Pasti banyak yang menjawab, sekolah itu untuk menuntut ilmu. Sekolah dulu yang tinggi biar bisa sukses. Kalau udah sekolah pasti bisa dapat pekerjaan yang bagus. Apakah ini benar? Jelas sebenarnya ini semua TIDAK PASTI. Karna masih ada kemungkinan walaupun kita sudah melewati proses itu semua namun tetap kita belum bisa mencapai tujuan kita itu tadi. Banyak lhoh yang kejadian seperti itu. Lalu, kalau udah kejadian kayak gitu sapa yang mau disalahin? Ujung-ujungnya iyaa pasti kita sendiri yang nyesal karna kita merasa salah sendiri. Dan ini PASTI. Gak mungkin setelah kita lulus SD, SMP, SMA, KULIAH dan masih pengangguran atau belum sukses kita mau nyalahin pihak sekolah atau kampus. Dan gak mungkin ada pihak sekolah atau kampus yang mau membantu kita setelah kita lulus.

Maka, sebenarnya jika kita benar-benar ingin menuntut ilmu ada banyak cara yang bisa kita lakukan. Sekolah dan kuliah itu hanya bagian dari pilihan dan bukan suatu hal yang mutlak. Menuntut ilmu bisa dari siapa saja dan dimana saja asal keinginan kita memang ada untuk belajar dan belajar. Dan malah sangat disayangkan jika kita sekolah tapi seakan karna paksaan, tuntutan atau malah karna sebagai alasan saja. Ini sama saja dengan membuang-buang waktu kita. Makanya banyak yang udah tamat SMP atau SMA tapi ilmunya lupa semua. Karna apa? Iyaa karna gak ada niat itu tadi untuk menuntut ilmu. Malah hanya dengan waktu beberapa bulan saja jika kita serius untuk mempelajari sesuatu berdasarkan keinginan dan kemampuan kita, pasti lebih akan jauh kelihatan manfaatnya. Kalau ditanya ilmunya mungkin kita gak lupa.

Kalau soal karna kita ingin mendapat pekerjaan dan bisa sukses mencapai impian kita. Kenapa gak mulai dari sekarang kita coba untuk melakukannya? Kita cuman perlu mencari tahu apa yang bisa kita lakukan, dimana kemampuan kita, dan apa yang ingin kita capai dari kesuksesan. Jika kita sudah benar-benar paham, iyaa kita tinggal fokus aja di satu bidang tersebut dan fokus pada impian kita itu tadi. Selebihnya mungkin kita bisa pelajari untuk bahan pendukung dan pelengkap dalam diri kita saja. Rasanya sangat disayangkan jika kita harus menunggu sampai kita tamat SMA atau Kuliah dulu baru setelah itu kita mencoba kemampuan kita. Berapa lama waktu yang sudah kita sia-siakan? Dan berapa banyak uang yang sudah kita keluarkan?
Maka, sebenarnya kita perlu benar-benar serius pada impian yang kita capai dalam hidup kita masing-masing. Mulai dari sekarang bukan nanti. Makanya ada beberapa orang yang bisa sukses walaupun hanya tamat SD, drop out Kuliah dan bahkan tidak merasakan dunia pendidikan sama sekali. Alasannya karna mereka lebih dulu sadar akan PASSION mereka dan mereka hanya melakukan apa yang mereka cintai atau yang nyaman bagi diri mereka.

Pada akhirnya, coba mari kita tanyakan kepada diri kita masing-masing apakah kita sudah berada dijalan yang seharusnya benar-benar memang pantas untuk kita perjuangkan? Sudah sejauh mana kita mempelajari suatu ilmu? Apakah ada keahlian yang sudah kita punya? Apa saja yang sudah kita raih hingga saat ini? Dan yang paling penting apa tujuan dan impian kesuksesan kita dalam hidup ini? Terakhir, apakah kita sudah bisa memberikan manfaat untuk orang lain?

So, THIS IS YOUR LIFE! Do what you love and do it often.
Life your dream and FOLLOW YOUR PASSION!

Sekian dulu postingan hari ini dari saya, maaf kalau mungkin gak nyambung atau gak jelas saya juga masih dalam tahap belajar dan belajar. Dan saya hanya berharap mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk orang lain. Kalau ada tanggapan, masukan, kritik maupun saran mohon tinggalkan komentarnya yaa.

Semangat Berkarya… Salam Precious…

Silahkan klik ‘PORTAL Content Menu‘ yg terletak di menubar atas untuk masuk ke daftar menu Jurnal Precious.

Belum ada Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Fenomena Aneh Minta LIKE THIS di Facebook
Training Hypnobirthing, Teknik Melahirkan dengan Hipnotis bersama Abu Ziyad
Close