cover-facebook-2015

Belakangan ini seni fotografi tampaknya mulai banyak diminati. Saya pribadi dulunya malah tidak tahu apa itu DSLR. Yang rupanya adalah singkatan dari Digital Lens Single Reflex. Entahlah apa itu artinya jangan tanya ke saya. Karena saya pun bukan lah seorang fotografer profesional. Yang jelas dengan menggunakan kamera sejenis itu tentu gambar foto yang dihasilkan akan jauh lebih baik dibandingkan jika dengan memakai kamera Handphone atau kamera Poket biasa. Karena memang fitur kamera DSLR sudah lebih lengkap dan canggih. Makanya sebanding pula dengan harganya yang cukup lumayan mahal.

Dan salah satu yang saya rasa saat ini sedang sangat populer adalah gambar dengan latar belakang blur. Untuk bisa membuat gambar dengan efek blur minimal kita harus menggunakan kamera yang mendukung fitur auto focus. Adapun beberapa hal lain yang dapat mendukung teknik fotografi agar dapat membuat latar belakang blur ini adalah sebagai berikut:

  1. Bukaan Lensa (Aperture), semakin besar akan semakin lebih bagus blurnya. Contoh: f/1.4 lebih besar dari f/2.8
  2. Jarak Fokus Lensa, apabila semakin besar maka akan semakin blur. Contoh: lensa 55mm lebih baik dari 26mm.
  3. Rasio Jarak antara Kamera, Subjek dan Latar Belakang. Semakin dekat subjek terhadap kamera dan semakin jauh subjek terhadap latar belakang maka hasil blur akan lebih mudah didapat.
  4. Ukuran Sensor Kamera, semakin besar akan semakin mudah membuat blur. Biasanya kamera saku atau digital ukurannya lebih kecil jika dibandingkan dengan kamera DSLR.

****

Memanipulasi Foto Kamera Biasa Menjadi Latar Belakang Blur

Nah, lalu gimana kalau kita belum bisa memiliki kamera secanggih DSLR? Tenang, masih ada cara lain kok. Yaitu dengan meminta bantuan dari Photoshop. Iyaa, karena memang sudah tidak diragukan lagi bahwa aplikasi yang satu ini juga tidak kalah canggihnya dalam hal memanipulasi hasil foto. Dengan hanya bermodalkan kamera Handphone atau kamera Digital (poket) saja maka kita juga bisa membuat karya fotografi yang keren seperti kamera DSLR. Jadi, sahabat gak usah khawatir deh.

Berikut ini dia Cara Mudah Membuat Foto atau Gambar biasa menjadi Berlatar Belakang Blur dengan teknik Photoshop:

Pertama, siapkan foto yang paling keren. Usahakan yang ukuran dan kualitas gambarnya bagus. Jangan yang pecah-pecah atau warna gelap, kabur dan lain sebagainya. Karna kita kan ingin membuat seolah-olah gambarnya itu hasil dari kamera DSLR. Jadi minimal disesuaikan sendiri lah yang mana yang cocok. Biar lebih kelihatan asli gitu nantinya. Selanjutnya buka gambar dengan Photoshop.


Kedua, gunakan teknik seleksi. Kalau saya lebih suka memakai Polyganol Lasso Tool. Seleksi seluruh tubuh dari subjek foto tersebut. Kemudian setelah selesai, tekan CTRL + J (untuk membuat layer baru dari hasil seleksi tadi). Tujuannya agar subjek terpisah dengan latar belakang atau background gambar.

Ketiga, gunakan efek filter Lens Blur. Setelah layer baru muncul, klik kembali pada layer Background untuk mengaktifkannya (tandanya berwarna biru). Lalu pilih menu Filter > Blur > Lens Blur. Maka akan terbuka jendela baru untuk melakukan pengaturan. Mudahnya kita hanya tinggal mengatur nilai dari Radius saja. Silahkan sesuaikan sendiri dengan gambar yang sahabat gunakan. Ingat logikanya latar belakang yang jauh seharusnya gambar semakin blur. Kalau sekiranya dekat cukup berikan nilai radius yang kecil saja.

Jika sudah merasa cukup, klik OK untuk menerapkan efek blur pada layer background tersebut. Dan selesai. Akhirnya dengan cara yang sangat simple sekarang kita sudah bisa menghasilkan gambar latar belakang blur seperti kamera DSLR. Gimana gak mau nyoba, sob??

Semoga artikel kali ini bisa bermanfaat buat sahabat yang hobi foto-foto. Intinya jangan pernah berkecil hati sekalipun kita hanya memiliki peralatan yang ala kadarnya. Selagi kita masih mau terus berkarya bukan tidak mungkin kita pun juga bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Minimal bisa mengimbangi saja kan sudah cukup bagus. Seperti sebelumnya saya juga sudah pernah mencoba Teknik Foto Makro dengan Kamera Digital. Hasilnya cukup lumayan kok.

Kalau Sahabat punya kendala yang ingin ditanyakan silahkan tinggalkan saja lewat kotak komentar di bawah tulisan ini. Mana tahu saya bisa bantu pasti akan saya bantu. Atau kalau ada Sahabat yang ingin memberikan tambahan ilmu boleh juga kok. Ditunggu masukannya yaa.

Akhirnya, Selamat Mencoba dan Tetap Semangat Berkarya Sahabat!!

12 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Foto Makro Camera Digital
Give Away Chaidir’s Web
Close