cara menghapus generated by yoast wordpress sitemap plugin

Sitemap adalah halaman yang saya rasa perlu untuk setiap situs-situs yang ingin mudah ranking di Google. Walaupun sitemap ini tidak akan menjamin situs Anda bisa jadi cepat ranking, tapi dengan adanya sitemap robot Google akan lebih mudah untuk merayapi setiap konten yang ada di situs Anda. Sama seperti kita manusia, kalau disuruh menjelajahi sebuah lokasi yang belum kita kenal tanpa adanya peta pasti bisa bikin kita kesasar kan?

Okelah, saya disini bukan mau bahas tentang sitemap panjang lebar. Tapi disini saya cuman mau sekedar share sesuatu trik untuk mengedit halaman sitemap.xml pada situs Anda. Yang saya tahu, untuk membuat halaman sitemap di WordPress self hosted itu kita butuh bantuan dari sebuah Plugin. Karna halaman ini tidak secara otomatis muncul begitu saja.

Berbeda dengan kalau Anda masih ngeblog dari Blogspot, halaman sitemap.xml ini bisa langsung Anda akses tanpa harus ada melakukan setting apapun dari dashboard akun blogger Anda.

Mengedit Halaman Sitemap Plugin Yoast WordPress SEO

Plugin yang saya gunakan untuk men-generate secara otomatis halaman sitemap.xml adalah WordPress SEO by Yoast. Anda bisa cari sendiri dari menu tambahkan plugin jika mau pakai plugin yang sama.

Lah, itu plugin untuk buat sitemap apa plugin untuk SEO?

Nah itu lah untungnya. Sekalian untuk keperluan setting On Page SEO, plugin ini juga ada fitur untuk buat sitemap-nya. Jadi bisa lebih hemat dalam penggunaan plugin kan? Anda mungkin tahu banyak-banyak pakai plugin juga tidak bagus untuk hosting situs Anda.

Jadi, kenapa harus di-edit? Ada apa yang salah dengan plugin ini?

Sebenarnya saya juga kurang tahu apa ini suatu masalah atau tidak. Tapi saya pribadi merasa agak kurang nyaman saja. Karna di halaman sitemap_index.xml yang harusnya disitu berisikan seluruh URL isi dari situs saya, tapi malah ada tercantum URL situs dari pemilik plugin juga. Saya pikir, untung banyak di mereka dong kalau gitu. Hehehe..

Chaidir.Web.ID XML Sitemap Cara menghapus backlink Yoast WordPress SEO Plugin

Hingga akhirnya saya pun kepikiran untung menghapus backlink yang tersusupi di halaman sitemap situs saya ini. Kalau bicara soal credit iyaa saya paham sih harusnya kita tetap menghargai sumber plugin tersebut. Lagipun ini plugin FREE, jadi wajar. Tapi agak kelewatan kalau sampai di halaman sitemap juga mesti dipasangin backlink begitu. Kalau cuman dari tampilan halaman backend saja sih gak masalah.

Cara Mudah Modifikasi Sitemap.xml dari WordPress SEO Plugin

Untuk menghapus tulisan seperti ini :

Generated by Yoast’s WordPress SEO plugin, this is an XML Sitemap, meant for consumption by search engines.

You can find more information about XML sitemaps on sitemaps.org.

Anda tidak akan menemukannya jika mencari dari menu Editor Plugin yang ada di halaman dashboard WordPress Anda. Untuk bisa menemukan file sumber dari tulisan tersebut kita harus masuk dari halaman cpanel Hosting terlebih dahulu.

Jika diringkas langkah-langkahnya sebagai berikut :

  1. Login ke halaman Cpanel Hosting Anda.
  2. Jika situs Anda berada di root public_html, silahkan akses folder berikut dengan address :
    public_html/wp-content/plugins/wordpress-seo/css
    Atau coba  cari saja folder plugin WordPress SEO Anda, lalu buka folder CSS.
  3. Kemudian cari dan pilih file xml-sitemap-xsl.php.
    Cara mengedit halaman sitemap dari plugin wordpress seo yoast
  4. Gunakan Code Editor untuk melakukan proses editing. Jika Anda belum terbiasa main coding, sebaiknya copy terlebih dahulu untuk backup.
  5. Setelah halaman editor terbuka, silahkan cari tulisan yang mau Anda ubah atau hapus. Untuk mempermudah gunakan saja ctrl + F. (kalau tidak salah ada di baris 98)
  6. Dari file tersebut, Anda bahkan bisa edit tampilan halaman sitemap Anda jadi lebih bagus sesuai selera Anda. Tapi jangan berlebihan, toh yang akses halaman itu juga robot crawler kok.
    Code editor halaman sitemap dari plugin yoast wordpress seo
  7. Jika sudah selesai, klik tombol save changes dipojok kanan atas.
  8. Terakhir, coba lihat apakah sudah ada perubahan? Jika belum coba gunakan private browser, mungkin masih ada cache yang tersimpan untuk halaman sitemap tersebut.

Oke, saya rasa tutorial singkat diatas sudah selesai. Dan saya yakin Anda sudah berhasil mengubah atau bahkan menghilangkan tulisan gak penting yang ada di halaman Sitemap situs Anda. Kalau saya sih, gak hapus tulisannya. Paling cuman saya hilangkan saja backlink-nya.

Sekian dulu sharing hari ini. Semoga bermanfaat dan kalau sebelum pergi sebaiknya Anda tinggalkan jejak dulu lewat kolom komentar.

Oh yaa! Mungkin saat ini Anda sedang menggunakan plugin Google XML Sitemap Generator dari Arne Brachhold. Jadi, kira-kira apa Anda juga perlu trik untuk melakukan editing dengan plugin tersebut? Jika iyaa, dipostingan selanjutnya akan saya share tutorialnya. Supaya Anda gak ketinggalan update informasi terbaru, sebaiknya Anda subscribe saja situs ini.

Sampai Jumpa!

Sumber Gambar: Hyfra

5 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Cara Mengatur Custom Domain .Com untuk Blogspot
Apa Tujuan Menulis Blog
Close