cover-facebook-2015

Sahabat pasti pernah kan lihat bungkusan rokok? Mau perokok ataupun gak saya jamin pasti kita semua sudah tahu. Bahwa sebenarnya di bungkus rokok itu kan ada peringatan tentang bahaya merokok. “MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI, DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN“. Tapi entah kenapa walaupun sudah ada tertulis seperti itu, orang-orang yang merokok tetap saja cuek. Terlalu menganggap sepele mungkin juga.

Atau mungkin pun pihak dari pabrikan rokoknya yang memang sengaja membuat seolah-olah peringatan itu adalah informasi yang tidak terlalu penting. Lihat saja tulisannya pasti selalu ditarok di bagian paling bawah dan di belakang bungkus rokok. Cobalah kalau benar pihak produsen rokok itu memang niatnya baik untuk mengingatkan, seharusnya sih informasi itu dibuat lebih dominan. Entah ditambahin gambar atau ilustrasi lainnya tentang bahaya merokok.

Iklan-Rokok-Dapat-Menyebabkan-Kanker

Cuman yang ada malah iklan rokok itu lebih sering memainkan pencitraan secara visual, yang cenderung memberikan kesan bahwa merokok adalah memang aktifitas yang lumrah. Walaupun tidak secara langsung mengajak “Ayo, kita merokok!” tapi tetap saja kalimat slogan-slogan rokok kebanyakan sudah mempengaruhi secara kiasan. Seperti “Pria Punya Selera“, “Tunjukkan Nyalimu“, “Gak Ada Loe Gak Rame!” dan lain semacamnya lah. Pasti sahabat yang pecandu rokok lebih banyak tahu kan?

Jadi bisa dikatakan, bahwa para pecandu rokok itu sebenarnya sudah tertipu. Iyaa kalian sudah tertipu oleh akal muslihat dari produsen rokok. Intinya mereka hanya ingin memperkaya dirinya dan ingin menyengsarakan konsumennya. Sudah jelas kan sebenarnya mereka tahu bahwa rokok itu berbahaya, tapi malah dibuat lah seolah-olah tidak berbahaya. Lewat slogannya mereka selalu menantang kaum lelaki untuk menunjukkan keberanian dan kejantanannya. Ini kan pembodohan publik namanya. Apakah dengan hanya menghisap rokok tingkat kejantanan dan ketampanan seseorang bisa  bertambah?? Coba pikir pakek akal sehat dulu deh. Toh saya lihat banyak dipinggiran jalan bencong merokok, tapi mereka tetap aja gak jantan juga. Hehehe..

APA SOLUSI BAGI PECANDU ROKOK?

Lalu gimana dong sebaiknya? Kamu kok masak cuman bisanya mengkritik terus sih, dir! Bukannya memberikan solusi.

Oke, tenang! Saya akui memang saat ini saya belum bisa memberikan suatu jawaban atau solusi yang terbaik untuk sahabat para pecandu rokok sekalian. Mungkin pun lewat artikel-artikel saya di blog ini, saya cuman bisa sedikit demi sedikit saling berbagi pendapat ataupun sekedar sharing kepada sahabat. Syukur-syukur kalau memang sahabat mau menerimanya sebagai masukan yang positif. Itu saja sudah lebih baik.

Iklan-Bungkus-ROKOK

Karna masalahnya banyak juga orang yang sudah tingkat pecandu rokok berat ini, selalu enggan untuk menerima masukan dari orang lain. Kayak orang yang sudah cinta mati gitu sama rokok. Apapun kata dunia pasti mereka tidak perduli. Gimana mau nerima solusi sedangkan mendengar fakta saja mereka sudah menolak mentah-mentah. Jadi, jalan satu-satunya bagi kita yang bukan perokok iyaa cuman bisa perlahan-lahan saja dulu mengingatkan orang-orang disekitar kita tersebut. Bukan maksud untuk menghakimi atau sok menasihati lhoh. Kan gak salahnya juga kalau kita mau saling membuka diri dan menerima pendapat dari orang lain.

Sebenarnya memang disitulah letak kesulitannya. Masih banyak yang belum bisa sepenuhnya mau sadar untuk berhenti merokok. Kalau sudah benar-benar sadar saya rasa enggak pun orang lain memberikan solusi, pasti kita sendiri akan berusaha untuk menemukan solusinya. Persis seperti orang yang sadar bahwa dirinya sudah salah ambil jalan. Pasti secepat mungkin ia akan bertanya dan berusaha untuk menemukan jalan yang sebenarnya. Gak mungkin kan Anda terus-terusan berkeliling-keliling gak jelas tanpa ada arah dan tujuan.

Jadi, jika Anda yang membaca tulisan ini adalah seorang perokok dan disaat Anda melihat bungkus rokok yang Anda pegang, Anda masih tidak sadar bahwa disitu sudah ada peringatan, lalu Anda hanya cuek dan tetap merokok. Maka saya berani katakan bahwa Anda adalah orang yang bodoh! Kenapa? Karena Anda masih mau saja ditipu oleh produsen rokok dan iklan-iklan rokoknya itu. Iyaa walaupun setiap perokok pasti punya alasannya masing-masing, tapi apakah memang benar itu pantas dijadikan sebuah alasan?

Maaf kalau ada sahabat yang tersinggung dengan tulisan ini! Seburuk-buruknya sahabat saya rasa tentu lebih buruk lagi jika ia tega membiarkan sahabatnya terjerumus dalam candu asap rokok.

Selamat Beraktifitas!! Say No To MEROKOK..
Pria Harus Punya Keterampilan.. Jangan Selera melulu yang dituruti!!

16 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.