cover-facebook-2015


Apa kabar sahabat ?? Mudah-mudahan selalu DAHSYAT dan LUARBIASA baik yaa..
Kali ini saya pengen sedikit cerita nih tentang perjalanan saya di dunia maya lebih khususnya sebagai . Jadi simak dan dengerin yaaa.. tpi kalau gak mau iyaa gak papah juga sih. Yang penting dibaca aja deh tulisannya. Hehehe..

Saya sebeneranya mulai kenal dengan internet itu waktu pas di SMP. Jujur saya kan orangnya anak rumahan dan saya emang dulunya jarang bergaul, jadi tau internet pun karna ada pelajaran di sekolah dan teman saya di SMP. Itu pelajaran Teknologi Informasi dan Komputer kalau gak salah di kelas 2 ntah 3 kan ada belajar tentang internet. Trus kami ada disuruh lah praktek buat email dari Google (Gmail), jadi akun gmail yg saya pakek sekarang ini tuh email pertama yang saya punya di Internet. Akunnya ceha.precious15@gmail.com saya buatnya sekitar tahun 2008 awal mungkin soalnya pesan dari gmail pertama kali waktu itu udah saya hapus jadi gak inget deh detilnya kapan. Tapi akun gmail ini memang jarang saya pakek sih untuk buat akun-akun yg saya punya sekarang. Nah, kemudian barulah saya kenal dengan jejaring sosial Friendster yang waktu itu sempat nge-trend.

Kemudian saya dikenalkan itu dari teman sekelas saya Didit, dia orangnya emang pintar dan lumayan update lah kalau soal teknologi karna dia kan punya abang dan mungkin bisa banyak belajar atau dapet informasi gitu. Dan memang juga sebelumnya saya kan udah lumayan sering maen internet, browsing Google, juga baca-baca artikel di blog atau website. Trus akhirnya saya tertarik lah untuk nyoba buat blog sendiri di bulan Mei 2008. Jadi alamat ceha-precious.blogspot.com inilah blog saya yang pertama kali di dunia maya sob. Saya buat postingan pertama waktu itu masih copas-copas aja dari blog orang (maklum lah namanya juga masih belajar). Kalau soal tampilan templatenya waktu itu saya masih cuman menggunakan yang standart2 aja dari . Tapi paling saya banyak nambahin gadget-gadget gitu aja. Trus paling juga ngerubah background, warna, dan font dari templatenya. Sampe Oktober 2009 itu minimal setiap bulan saya masih selalu ada lah update postingannya. Cuman karena waktu itu saya udah masuk masa-masa SMK dan saya mulai sibuk dengan kegiatan sekolah, akhirnya sepanjang 2010 saya vakum maen blog. Mungkin alasannya karena saya kan waktu itu belum ada komputer atau laptop di rumah jadi untuk maen internet saya terpaksa deh harus ngeluarin uang jajan untuk ke warnet dan memang juga di SMK saya terpilih menjadi Ketua OSIS mulai periode 2010-2011.

Desember 2009 saya sempet tertarik untuk nge-blog di WordPress dan saya buatlah blog cehaprecious.wordpress.com . Blog saya di wordpress ini pun awalnya kan cuman pengen nyoba-nyoba jadi isi postingannya pun ada sebagian yang saya post ulang dari blogspot saya dan ada juga dari blog orang. Saya waktu itu emang cuman tuk cari seneng2an aja, apalagi kalau ngelihat blog nya ada pengunjung trus sampe ada yang comment. Tapi yaa itu tadi karna emang mungkin saya sendiri belum nemuin ide yang jelas aja untuk buat tulisan yang mau dimasukin ke blog jadi ujung-ujungnya pas dah gak mood lagi iyaa terbengkalai deh tuh blog baik wordpress maupun blogspot. Padahal seharusnya kita kan buat blog untuk berbagi tulisan atau ilmu/informasi yang kita punya supaya bisa dibaca ama pengunjung blog kita. Nah, di tahun 2011 saya pernah sempet tuh punya ide untuk nge-blog lagi tapi dengan tulisan dari saya sendiri bukan copas-capos. Tapi semangatnya gak bertahan lama karna mungkin masih belum ketemu konsep yang jelas dan pas kali yaa. Terakhir waktu itu saya sempet nge-posting tulisan sendiri di Oktober 2011 lah, materinya saya ambil dari ringkasan seminar wirausaha yang pernah saya ikuti.

Baru di tahun 2012 waktu saya udah tamat dari SMK kan ada banyak waktu libur sebelum saya masuk ke perkuliahan tuh, disitu saya sempet nyoba belajar nge-design website dari localhost. Sebelumnya saya cuman sekedar tahu aja tentang website karna saya belum pernah nyoba buatnya. Tapi, pas saya main ke rumah didit waktu itu dia lagi nyoba buat website sendiri dan katanya dia pengen buat website jejaring sosial gitu. Trus karna penasaran saya sempet nanya-nanya lah ke dia dan kami sharing-sharing, karna emang sebelumnya kan saya udah lumayan banyak tahu juga tuh tentang ngedit-ngedit code html blog. Nah, dari situ lah muncul kembali hasrat saya untuk nge-blog setelah sekian lama vacum. Kemudian saya mempelajari cara gimana membuat website sendiri tapi iyaa masih makek yang gratisan lah kan untuk belajar dulu. Karna sebelmunya saya cuman sering ngotak-ngatik script code dari jadi emang saya harus belajar lagi untuk bisa paham dengan script code PHP yang digunakan wordpress.org. Tapi iyaaa lumayan asyik juga lah. Yang menjadi perbedaan yang membuat saya tertarik untuk mulai mengerjakan website dari localhost ini adalah kita bisa bebas mendesign templatenya hanya dari komputer/laptop kita dan tanpa harus online melalui internet karna kita hanya memanfaatkan aplikasi offline dari Xampp jadi kita bisa melihat hasil design web kita pakek browser mozilla/chrome dari localhost terlebih dulu, sampai nanti kalau benar-benar udah mantap baru deh tinggal kita hosting aja. Dan memang waktu itu saya sempet ngehabisin waktu sampe beberapa minggu hanya untuk belajar membuat design template website sendiri.


Akhirnya awal September 2012 saya luncurkan websitenya pakek hosting webhost dan domain .co.cc dengan alamat jurnalprecious.co.cc , namanya agak sedikit berbeda dari blog pendahulunya karna disini saya sudah mulai menemukan konsep baru. Saya mulai publish websitenya itu pas saya sudah mulai mau masuk awal perkuliahan, jadi sebenarnya design websitenya masih belum make hasil dari design template saya sendiri karna emang templatenya masih belum selesai dan saya masih tahap mempelajari lagi lah. Untuk tulisannya saya sudah memutuskan untuk tidak copas dan pengen lebih serius jadi saya mengambil tulisan yang saya buatnya pas setelah mengikuti P2MB di Polmed itu ada 4 tulisan lah. Kemudian pas masih awal diperkuliahan saya masih nyoba ngelanjutin untuk buat design templatenya dan alhamdulillah selesai sesuai dengan konsep saya itu di bulan Oktober 2012. Dan waktu itu domain .co.cc bermasalah dari servernya, mau gak mau saya harus pindah deh ke domain gratisan lain. Alamatnya menjadi jurnalprecious.tk dan saya trus update postingannya dari tulisan-tulisan yang saya buat sendiri tentang kegiatan-kegiatan yang saya ikuti di kampus.

Desember sampai awal 2013 saya kembali disibukkan dengan aktifitas di kampus sehingga saya jadi jarang ngurusin websitenya. Paling saya cuman update tulisan kalau emang ada kegiatan kampus yang bisa saya liput dan ringkas beritanya. Baru ketika saya blogwalking saya melihat ada tampilan blog yang menurut saya keren-keren dan dari situlah saya dapet inspirasi baru untuk ngembangin blogspot saya lagi. Saya kembali bereksperimen mencoba membuat tampilan baru dari sebelumnya yang pernah saya pakek di blog saya. Memang sih template yang saya pakek saat ini hasil download-an dari urang-kurai.blogspot.com yaitu X10 Masonry Template, tapi tetep saya nyoba untuk ngedesign ulang tampilannya dengan kreatifitas saya sendiri sehingga sesuai lah dengan konsep baru saya. Rencananya mungkin nanti dilain waktu saya akan nyoba untuk buat template dengan script code HTML 100% dari saya sendiri. Mohon doa dan support nya aja deh dari sahabat precious.

Jadi ceritanya nih ujung-ujungnya saya ternyata baliknya ke blogspot juga. Hehehe.. Ecek-eceknya berkelana dulu mencari ilmu ntah kemana-mana. Tapi sayangnya giliran pas saya mau balik main lagi eh malah blog saya ceha-precious.blogspot.com bermasalah pulak dengan fitur comment nya. Jadi blog saya gak bisa nampilin comment blog sama sekali, bahkan saya udah cek dan nyoba perbaiki source HTML templatenya tapi tetap gak bisa muncul juga. Rasanya sayang banget kalau harus buat lagi soalnya nih blog kan udah ada lumayan banyak visitornya dan juga udah ada 7 orang yg follow (masih sikit sih tapi kan lumayan). Cuman mau gak mau karna emang saya lagi pengen nge-blog lagi dan kebetulan waktunya emang pas kampus saya lagi libur semester nih jadi iyaa saya buat blog baru tapi namanya saya rubah jadi ceha-precious.blogspot.com dan yang aslinya saya ganti terlebih dulu jadi chaidir15.blogspot.com. Sebelumnya saya sempet mau tetep pakek domain dari jurnalprecious.tk. Awalnya sempet berhasil saya pindahin tuh domainnya sampe-sampe data website yang di hostingan tuh saya relain hapus gitu aja. Rupanya setelah beberapa hari domain jurnalprecious.tk itu malah bermasalah juga. Terhapus gitu tiba-tiba dari akun saya, jadi iyaa gak bisa dipakek lagi mau didaftarin lagi domainnya katanya udah terdaftar. Akhirnya dengan tekad yang sudah bulat dan memang karna belum nemu solusi yang lain mulai saat ini saya putuskan lah untuk kembali ngembangin blog ceha-precious.blogspot.com. Secara konsep bisa dibilang ini pengembangan dari website saya yang sebelumnya, makanya saya memakai judul “Jurnal Precious” tapi ada beberapa penambahan ide untuk materi dan penampilanya saja.

Okelah sahabat, karna emang nih tulisan juga udah panjang banget cukup sekian dulu lah sharing pengalaman tentang perjalanan saya di dunia blogging. Saya mau ngucapkan terima kasih juga kepada teman-teman terdekat saya yang sudah mendukung hobi nge-blog saya ini khusunya mbak Dika Lestari yang udah mengembalikan semangat saya untuk nge-blog lagi karna sebelumnya saya dimintain tolong tuk design blognya, juga rekan-rekan yang udah memberikan banyak inspirasi melalui design blognya yang gak bisa saya sebutin satu per satu dan terakhir mbah google yang udah selalu memudahkan jalan saya untuk belajar secara otodidak didunia maya ini. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menjadi inspirasi untuk para Indonesia agar tetap terus semangat berkarya dan menyebarkan ilmu serta informasi positif melalui blog ataupun website. Intinya adalah terus belajar, dan belajar.

Salam Blogger dari saya.

Keep Creatif! Be Precious!

6 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Kenapa Memasang Iframe di Blog Tidak Bagus?
Tutorial Cara Membuat Lagu Karaoke Mudah
Close