cover-facebook-2015

Semakin hari saya sedikit demi sedikit pun semakin paham dengan aktivitas yang dilakukan oleh seorang . Dulu mungkin saya menganggap blog itu hanya sebagai tempat untuk sekedar masukin tulisan-tulisan trus berharap akan didatangi banyak pengunjung. Iyaa dulunya saya juga berawal dari tukang COPAS tulisan orang. Jadi emang bisa dibilang waktu itu saya hanya sekedar iseng-iseng atau nyoba mainan baru di dunia maya. Sahabat bisa berkunjung ke alamat cehaprecious.wordpress.com itu adalah salah satu hasil blog copasan saya pas awal-awal kenal dengan blog.

Sekarang, setelah saya coba jalani dengan tujuan baru dan cara yang lebih serius ternyata banyak hal yang bisa saya temui dan pelajari. Mungkin tidak semua bisa terlihat begitu saja. Tapi, kalau kita mau berpikir sejenak dan menghubungkannya dengan kehidupan di dunia nyata menurut saya aktivitas seorang banyak kaitannya dengan kebiasaan seorang pengusaha. Maka, saya pikir dengan serius ngeblog tentu juga secara tidak langsung akan melatih pola pikir saya menjadi seorang pengusaha.

  1. Tulisan
    Bahan yang paling utama untuk ngeblog iyaa yang satu ini, tulisan. Blog yang baik itu menurut saya sangat bergantung dari konten apa yang ada didalamnya. Kalau tulisannya bagus, inspiratif, menarik dan bermanfaat untuk dibaca tentu akan banyak orang yang suka dan mau berkunjung. Nah, kalau seorang pengusaha juga punya bahan utama, yaitu produk. Usaha yang baik juga adalah usaha yang semestinya memiliki produk yang bisa diandalkan. Sama kan??

    Seorang akan terus berusaha agar bisa membuat sebuah karya tulis yang lebih baik dan berkualitas, begitu juga seorang pengusaha. Bahkan bagi yang profesional, tulisan di blog itu pun bisa menjelma menjadi sebuah produk bernilai jual di kehidupan nyata bukan hanya di dunia maya. Iyaa buku contoh real nya. Disini jelas ilmu dan pengetahuan kita dituntut agar bisa menciptakan suatu karya baik tulisan maupun produk.

  2. Design Tampilan
    Sekedar tulisan yang udah bagus aja pun belum tentu bisa mengundang minat calon pembaca tanpa adanya dukungan yang satu ini, istilah akrabnya template blog. Nah, sama lagi tuh dengan usaha real kita juga butuh kemampuan design produk yang bagus untuk mendukung dan memberi nilai jual yang lebih untuk usaha kita. Karna emang udah kodratnya kalau orang belum bisa tahu isinya tentu yang menjadi pertimbangan awal adalah penampilan bukan?? Misal mau beli buah kan gak mungkin kita intip-intip isinya, mau gak mau kita sebagai pembeli harus menilai dari sisi luarnya.

    Disini sebagai seorang penjual atau seorang tentulah yang paling dibutuhkan adalah kreatifitas dan imajinasi yang tinggi untuk membuat sebuah penampilan / kemasan yang baik untuk tulisan maupun produknya. Bahkan udah banyak pun yang hanya bermodalkan kemampuan design saja, baik di bidang web atau blog sampai juga ke bidang usaha jasa maupun produk, sudah bisa berhasil menghasilkan uang. Dan inilah salah satu yang menjadi alasan saya untuk nyoba memulai membuat design tampilan template sendiri.

  3. Strategi Pemasaran
    Ibaratkan mau perang nih, kita udah sering latihan terus udah nyiapin segala alat-alat untuk perang yang banyak dan bagus, toh kalau tanpa adanya persiapan strategi udah pada tahu kan apa yang bakal terjadi?? Bahkan Rasullah pun ketika perang walaupun dengan jumlah yang sangat sedikit tapi tetep bisa menang melawan yang lebih kuat dengan hanya bermodalkan strategi yang cerdas dan jitu. Saya rasa begitu juga lah sama pentingnya dengan istilah promosi sebuah blog. Analisis kita diperlukan untuk menyusun strategi, berpikir bagaimana caranya (how to) agar blog kita itu bisa diminati dan tidak sepi seperti kuburan.

    Kalau di dalam usaha, rasanya udah gak usah dijelasin lagi lah yaa, pasti udah pada tahu lah betapa pentingnya sebuah promosi dan teknik pemasaran itu. Di dunia blogging ada istilah SEO yang bertujuan untuk mengoptimalkan blog agar mudah tampil di search engine, inilah salah satu yang perlu dikuasai. Selain juga berpromosi manual, seperti menyebarkan link ke jejaring sosial, komunitas, atau di blog yang sudah ramai pengunjung. Dan masih banyak cara pemasaran lainnya, yang saya sendiri pun masih perlu banyak mempelajarinya lagi satu per satu.

Nah, mungkin yang saya jabarkan diatas itu baru hanya sebagian contoh saja. Namun dari tiga hal itulah yang menurut saya menjadi pokok yang wajib dimiliki seorang pemula. Dan saya pun baru menyadari bahwa kemampuan yang dibutuhkan itu juga bisa diaplikasikan untuk menjadi seorang pengusaha. Bisa kita simpulkan diantaranya, ILMU PENGETAHUAN artinya kita dilatih untuk harus mau terus belajar dari segala situasi apapun kapan saja dan dimana saja.

Terus KREATIFITAS, artinya dari ngeblog ini kemampuan kita yang luarbiasa bernama kreativitas tentu sangat dituntut dan bahkan secara gak sadar sekalipun bisa terpancing untuk keluar, dari sini kita akan lebih berani memunculkan berbagai macam ide .

Kemudian ILMU PEMASARAN, artinya kita dituntut untuk bisa menganalisa perkembangan blog kita, memperluas jaringan sosial dan kemudian mencari solusi agar blog kita semakin baik trafficnya.

Terus yang lain dari itu ada lagi?? Menurut saya sih masih banyak hal yang bisa dihubungkan. Seperti komentar di blog, mungkin bagi sebagian orang itu hal yang biasa-biasa saja tapi kalau bagi saya itu sama saja halnya dengan ketika kita punya usaha orang datang sebagai pembeli. Ketika ada yang ngasih comment saya sangat senang sekali, dalam pikiran saya ibaratkan jualanan saya itu berhasil laku ada yang mau beli. Hehehe.. Selain itu dari komentar pula kita bisa mengevaluasi blog kita sudah bisa bermanfaat untuk orang lain atau belum.

Juga bisa dilihat dari banyaknya orang yang ngelihat masing-masing tulisan kita. Saya sering juga seperti itu. Di blog ini ada beberapa macam kategori yang saya masukkan, dan dari situ saya bisa membuat analisa sebenarnya tulisan seperti apa sih yang banyak orang suka atau yang lebih banyak dicari di blog ini tuh tentang apa. Ini juga bisa dikaitkan dengan evaluasi promosi yang sudah kita lakukan. Saya sempet nyoba promosi link tulisan saya di berbagai waktu yang berbeda antara pagi, siang, sore dan malam. Dari situ kita bisa mencari tahu yang mana yang lebih efektif, iyaa dengan melihat link yang kita promosikan tadi ada gak yang mau sekedar ngelihat atau ngasi komentar.

Terus yang lainnya lagi seperti memaksimalkan Branding, menetapkan visi dan tujuan yang jelas dari sebuah blog, membuat karakter dan ciri khas yang unik, mencoba berkompetisi dengan mengikuti lomba, mengadakan pertemuan atau sharing sesama , menyediakan tempat untuk iklan, ikut program bisnis internet dll. Itu semua seandainya kita bisa serius dan mau lebih mempertimbangkannya lagi kedepan, saya rasa akan sangat banyak pengalaman yang bisa kita peroleh dari sekedar aktivitas ngeblog ini.

Untuk berhasil menciptakan itu semua jelas seorang harus pandai dalam hal MANAJEMEN WAKTU. Ini bukan hal yang gampang, saya aja belum bisa sepenuhnya menaklukkan yang satu ini. Tapi melihat para – profesional diluar sana yang hampir rutin setiap hari, bukan!! bahkan saya rasa pun setiap waktu dan kapan aja mereka bisa terus menghasilkan tulisan-tulisan maupun karya yang menarik di blognya, sementara didunia luar mereka juga tetap punya aktifitas pekerjaan yang rutin. Waah, saya pun rasanya semakin terpacu dan gak mau kalah deh ngelihat yang kayak gini.

Jadi pesan saya, jangan pernah meremehkan teman-teman kita yang baru mau memulai atau sudah berkecimpung di dunia maya sebagai seorang BLOGGER. Terkadang saya kesal juga kalau ada teman yang terlalu sepele dengan seorang dan bahkan sampai beranggapan aneh. Saya pikir, apa mereka bisa membuat sesuatu yang lebih baik?? Kalau cuman nge-judge atau ngejek sih gampang tapi coba lakukan bisa gak tuuh??

Menjadi yang benar-benar serius itu butuh banyak proses yang harus dilewati dan juga manajemen waktu yang bukan main-main lagi. Bayangkan saja, seorang disamping kesibukan dan aktivitasnya tetep bisa menghasilkan sebuah karya melalui blognya, sementara orang biasa belum tentu bisa. Malah kebanyakan orang biasa menghabiskan waktu luangnya hanya untuk hal-hal yang tidak perlu atau menurut saya tidak produktif sama sekali untuk kehidupannya kedepan.

Makanya aktivitas seorang itu udah sama seperti yang dilakukan para pengusaha. Dan kenapa mereka jumlahnya sangat sedikit yang berhasil, iyaa karena emang sedikit yang mau berpikiran berhasil dalam hidupnya. Nah, sekarang tinggal sahabat sendiri aja deh mau ngelajani yang mana kalau disuruh milih??

Cukup sekian dulu pembahasan yang panjang ini. Mudah-mudahan sahabat gak bosen untuk ngebacanya dari awal hingga akhir. Saya berharap tulisan ini bisa menjadi penyemangat untuk sahabat diluar sana yang masih ragu dan baru mau memulai menjadi seorang . Karna saya pun masih newbie juga jadi saya tahu lah rasanya seperti apa, sama nya kita sob!! Hehehe..

Untuk yang udah profesional dan senior di dunia blogging saya sangat mengharapkan kritik dan sarannya untuk saya jadikan bahan pembelajaran kedepan dan mungkin juga bisa untuk sahabat yang lain. Akhir kata, Semangat Beraktivitas dan Tetap Semangat Berkaya!!

18 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Punya Kamera Digital Untuk Apa? Camdig Casio 14 Mega Piksel
Outbond Bidikmisi 2012, Wujud Ikatan Kekeluargaan Mahasiwa Bidikmisi Polmed
Close