cover-facebook-2015

Gaya pakek Camera DSLR

Berikut ini saya mau share beberapa hasil foto yang menurut saya lumayan gak jelek-jelek amat lah hasilnya. Saya pun bukannya seorang Fotographer handal dan asli memang saya belum pernah belajar ilmu foto-foto jauh lebih dalam. Entah kenapa waktu itu saya cuman sekedar pengen nyoba-nyoba aja untuk bermain dengan Camera Digital saya, yang pun spesifikasinya gak terlalu bagus-bagus kali. Camera yang saya pakai yaitu Casio Exilim QV-R200 silahkan boleh sahabat baca juga tulisan saya sebelumnya tentang camera ini.

Nah, jadi saya cuman sedikit-sedikit tahu tentang istilah Foto Makro atau foto dengan perbandingan 1:1. Yaitu dimana kita mengambil gambar suatu objek dari jarak yang sangat dekat dan menghasilkan gambar yang ukuran objek nya sama dengan aslinya. Kayaknya sih seperti itulah pengertiannya. Hehehe.. Maaf kalau salah yaaa. Untuk lebih jelas silahkan searching aja deh di blog lain.

Langsung aja bagi yang mau lihat hasil jepretan amatiran dari saya ini dia hasilnya:
(Kalau mau lihat fullscreen silahkan klik aja gambarnya)

Coba perhatiin deh sob gambar ini kayak mirip sesuatu yaa?? Hehehe.. Ayoo apaa??

Saya paling suka dengan gambar yang ini. Soalnya kelihatan fresh dan sempet juga saya jadiin wallpaper di Netbook saya nih.

Ini terpaksa saya gencet dulu nyamuk nya supaya bisa di fotoin, soalnya dia lasak banget suka terbang-terbang mulu pas mau di foto. -__-
Ini juga saya suka nih.

Ini bunga yang masih kuncup agak mau mekar.

Ini gambar bunga yang tadinya masih kuncup di atas itu sob.

Kebetulan di rumah saya cuman adanya tanaman bunga yang seperti ini aja. Emang iyaa mungkin kurang menarik juga sih untuk dijadiin sebagai objek-objek foto yang bagus. Tapi iyaa namanya juga cuman iseng-iseng dan masih dalam tahap belajar mohon harap dimaklumi aja yaa sahabat. Hehehe..

Jadi, yang unik dari teknik Foto Makro ini adalah kita bisa mendapat gambar suatu objek yang kita inginkan terlihat sangat jelas detailnya sementara gambar disekitar objek terlihat seperti blur atau tidak jelas (kabur). Nah, sebenarnya untuk bermain teknik ini sih lebih enak kalau menggunakan camera DSLR dengan menggunakan lensa Makro. Udah jelas laah kan fiturnya pun lebih lengkap. Tapi, karna saya belum punya kamera seperti itu iyaa apa boleh buat, terakhir saya cuman bisa bereksperimen dengan kamera yang seadanya saja. Dan sebenarnya memang untuk bisa membuat kualitas foto makro yang bagus dari kamera pocket atau digital seperti ini tuh ternyata gampang-gampang susah juga. Butuh teknik dan kesabaran lah tentunya. Heheh..

Sedikit share nih, kalau sahabat juga punya kamera pocket digital dan pengen berkreasi dengan Foto Makro saya akan kasih tahu deh cara singkatnya. Kebetulan mungkin nasib kita sama yaa, sama-sama gak punya kamera bagus sob. Tapi gak papah lah yaa yang penting kita tetep bisa semangat berkarya aja.

TIPS & TRIK TEKNIK MENGAMBIL FOTO MAKRO

Karna saya pun masih belajar juga jadi saya cuman bisa share cara yang saya tahu aja yaa sob, seperti ini:
Pertama, pastikan kamera pocket sahabat memiliki spesifikasi yang mendukung. Saya rasa untuk bisa menggunakan teknik foto ini kamera sahabat harus memiliki kemampuan Optical Zoom Lens. Bukan yang Digital Zoom. Bedanya yang setahu saya yaa kalau Optical Zoom itu dia bisa memperdekat atau memperbesar gambar objek berdasarkan lensa optiknya, kalau yang Digital Zoom dia memperbesar gambar berdasarkan gambar itu sendiri jadinya kualitasnya bisa kurang bagus.

Kedua, pastikan juga di kamera tersebut mendukung fitur Foto Makro dan Auto Focus. Biasanya untuk mengaktifkan menu atau setting Foto Makro ini dia berlambangkan gambar Bunga gitu. Seperti gambar disamping ini kira-kira. Kalau dua syarat ini ada di kamera sahabat berarti kita bisa lanjut ke langkah berikutnya. Sebelumnya silahkan aktifkan dulu ke mode Foto Makro ini yaa sob.

Ketiga, rahasia dari teknik ini sebenarnya cuman terletak pada saat kita mau mengambil gambar. Jadi, saat kita sudah mengatur jarak yang tepat terhadap objek dan rasanya view gambarnya pun udah pas, kita tentu biasanya akan langsung menekan tombol shoot atau shutter kan?? Nah, disaat inilah kita akan bermain dengan Auto Focus. Yaitu dengan cara tidak langsung menekan tombol shutter sampai penuh tapi hanya sebagian saja sampai mode Auto Focus nya jalan dan membidik objek yang kita inginkan.

Sebelumnya saat mode Foto Makro ini diaktifkan maka tampilan di monitor kamera akan terlihat menjadi blur karna pada saat itu Optical Zoom nya bekerja untuk mengambil jarak gambar yang dekat. Jadi, saat kita menekan sebagian shutter shoot maka Auto Focus ini akan mencari objek untuk diperjelas gambarnya. Nah, saat sudah dapet objek yang kita inginkan iyaa barulah menekan shutternya sampai habis atau full. Udah jadi deh gambarnya. Coba lihat hasilnya gimana??

Keempat, usahakan jangan sampai goyang pas ngambilnya sob. Ntar efek gambar objeknya jadi kurang bagus. Dan sering-sering berlatih menempatkan jarak antara kamera dengan objek gambar. Kita juga perlu menggunakan insting fotographer kita dalam mengatur komposisi dan juga setting gambar di kamera. Kan ada tuh mode otomatis dan manual untuk mengatur ISO, EV, dsb. Iyaa kalau sahabat paham dengan setting manual mungkin bisa lebih bagus. Karna tentu kita bisa lebih menyesuaikan dengan kondisi lingkungan di sekitar objek.

Cukup sekian dulu yaa. Mudah-mudahan ada manfaatnya tulisan saya kali ini. Dan kalau sahabat ada yang udah nyoba, jangan lupa ceritain disini yaa gimana hasilnya. Atau kalau ada masalah boleh lah kita sharing lagi lewat komentar. Nah, bagi sahabat yang mungkin sudah paham dan tahu duluan dengan teknik ini atau mungkin lebih tahu lagi lengkapnya gimana, saya mohon minta masukannya yaa. Silahkan ditambahkan atau dikoreksi kalau ada penjelasan saya yang salah, kurang benar atau gak pas.

Berikut ini kebetulan saya juga punya gambar hasil Foto Makro yang diambil pakek Camera DSLR punya temen saya nih. Saya harap sahabat gak memandingkannya dengan gambar yang tadi diatas yaa. Soalnya udah pasti lebih bagusan yang ini sob. Hehehe..

Mudah-mudahan dua gambar yang diatas bisa menjadi inspirasi sahabat atau sekedar acuan untuk membuat karya yang sempurna atau lebih baik dari saya yaa. Selamat Mencoba dan Semangat Berkarya sob!!

9 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Belajar SEO Bersama, Bagaimana Caranya?
Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri
Close