Bismillahirrahmanirrahim…

Hari ini saya akhirnya memutuskan untuk segera meluncurkan tampilan baru web saya seperti yang sudah saya janjikan beberapa hari yang lalu. Karna emang belum pas rasanya kalau udah ganti domain tapi gak punya template sendiri. Iyaa, emang sih rasanya mungkin udah kelamaan kali yaa. Kemarin saya pindah domainnya aja tanggal 6 Juni 2013, ini udah hari ke-9 pulak baru selesai templatenya. Yang mungkin belum baca ceritanya, silahkan boleh dilihat dulu “Alasan saya membeli Domain”. Cuman kalau boleh jujur saya sendiri sih juga pengennya dari kemarin tuh bisa cepet-cepet aja nyiapin nih template. Tapi apa lah daya sob, saya pun bukannya ngerti kali dengan kode-kode HTML, CSS, Jquery atau apalah itu segala macamnya karna emang saya gak banyak pengalaman soal web design khususnya untuk platform ini. Jadi, terpaksa deh saya harus mau gak mau belajar lagi dari mbah google, blogwalking kesana-kemari untuk sekedar ngelihat-lihat tampilan keren dan juga nyari inspirasi dari blog-blog sahabat yang menyediakan informasi tutorial tentang . Saya sampe hampir jenuh juga melototin notebook saya ini trus setiap hari. Untunglah saya pas lagi jadwal praktek di bengkel (kampus), jadi saya gak perlu repot mikirin tugas di rumah karna emang kan gak ada kegiatan belajar akademik di kampus. Terkadang saya bisa sampe larut malam juga ngerjain nih template karna kelupaan waktu.

Tapi, rasanya dari seminggu ini saya bener-bener banyak  belajar walaupun sedikir demi sedikit tapi saya seneng lah bisa dapet pengetahuan baru tentang dunia . Iyaa, mudah-mudahan aja mulai sekarang dengan launchingnya Chaidir’s Web ini saya pun semoga pula kedepannya bisa terus semakin bertambah semangat untuk terus menghasilkan karya-karya yang lebih baik dan semoga aja bisa tetap konsisten dan lebih serius lagi. Mohon doanya dari sahabat ..

Oke, dalam kesempatan kali ini saya mau sedikit review tampilan baru Chaidir’s Web emang seperti apaan sih?? Tapi, sebenarnya kalau sahabat udah sampe ke halaman ini dan baca tulisan saya ini iyaa pasti udah tahulah yaa tampilan yang sekarang gimana. Cuman mungkin melalui tulisan ini saya mau kasih penjelasan dikit aja lah. Yuuk, kita lihat yaaa!
Logo dan Icon Chaidir’s Web
Nah, yang pertama saya mau memperkenalkan logo baru dari weblog pribadi saya yang satu ini nih. Karna emang dari namanya pun kan udah berubah dari Jurnal Precious sekarang jadi Chaidir’s Web. Sebenarnya sebelum jadi kayak yang diatas itu pun ada juga sempet versi pertama dan kedua yang saya buat. Cuman kayaknya yang ketiga ini lah saya rasa yang paling cocok. Konsepnya simpel dan sederhana aja.
Untuk Favicon juga udah saya ganti dengan icon yang baru dari Chaidir’s Web yaitu huruf C15.

Tampilan Homepage

Template pertama yang berhasil saya buat ini saya namakan “C15 White Minimalist”. Seperti konsep di Jurnal Precious kemarin saya emang suka dengan tampilan yang ada covernya atau minimal halaman depan beda deh sama isinya. Jadi, di Chaidir’s Web juga saya usahakan untuk bisa buat yang seperti itu. Cuman setelah saya coba-coba kayaknya nih masih belum bisa kalau pas pertama dibuka yang tampil itu gambar cover gitu, jadi iyaa mungkin untuk sementara tampilan hompagenya langsung ke bagian daftar content aja deh. Sebenarnya cover image nya ada, kalau sahabat mau lihat coba klik aja tombol ‘cover’ dibagian bawah tampilan awal.

Di halaman awal atau homepage Chaidir’s Web ini bisa dibilang hampir sama dengan tampilan Jurnal Precious sebelumnya, yaitu menggunakan tampilan Masonry. Cuman yang kali ini sengaja dibuat agak berantakan ada yang tinggi ada yang pendek gambar thumbnail tulisannya. Trus animasinya juga beda dari sebelumnya, bisa dicoba deh. Gerakin kursor ke bagian gambar maka dia akan membesar trus warnanya juga jadi meredup. Tapi kalau gak kenak gambar atau kursor ngarah cuman ke bagian tulisan, akan muncul tulisan readmore dan tanggal posting tulisan. Dan kalau kursor mengarah ke footer maka credit template baru akan muncul.

Yang paling seru dari tampilan baru ini kalau bagi saya, yaitu fitur Isotop! Jadi untuk melihat tulisan-tulisan selanjutnya atau sebelumnya gak mesti di loading ke halaman berikut/sebelum tapi cukup dengan menekan tombol ‘load more post’, maka nanti akan bertambah tulisan yang sebelumnya. Saya set penambahannya sebanyak 5 artikel. Sebenernya ada beberapa fitur tambahan lagi untuk menu tampilan isotop secara grid ini yaitu shuffle dsb. Cuman saya belum kuasai bener.

Satu tambahan fitur lagi yaitu, tulisan yang paling atas disamping tanggal dan waktu. Itu adalah pesan atau ucapan yang udah disesuain dengan waktu sahabat nantinya berkunjung pas jam berapa maka pesan yang muncul pun akan berbeda disetiap waktunya. Di halaman awal ini saya gak menampilkan widget, kalau mau lihat widget blog ini masuk aja dulu ke bagian item atau salah satu tulisan.

Fitur Searching

Ini juga beda dari sebelumnya. Kalau biasanya kita mau mencari topik sesuatu dari menu search di blog kita pasti ntar kalau udah di OK/Enter dia akan terbuka halaman lagi atau loading. Tapi kalau fitur yang ini dia akan mencari tapi tidak merubah atau me-loading alamat baru melainkan tetap di halaman yang sama dan karna posisinya fixed dia akan terlihat berada diatas dan tetap.

Tampilan Item (Halaman Artikel)

Nah, melihatnya mungkin agak aneh. Dari luar putih kok dalamnya biru?? Iyaa sengaja emang! Karna dalam kehidupan nyata juga begitu sob. Terkadang kita gak bisa gitu mudahnya memberi penilaian terhadap orang lain sekedar dari penampilan luar saja. Jelas pasti ada sisi yang berbeda yang mungkin belum kita ketahui. Heheheh… Ngelesnya jauh kali yaaa..

Jadi, untuk khusus halaman artikel (tulisan) saya mengatur tampilan top dan bottomnya dengan warna biru linear gradient. Selain halaman artikel warnanya akan kembali menjadi putih abu-abu. Awalnya di homepage saya mau design pakek warna biru, cuman setelah saya coba-coba lagi kayaknya yang kayak beginian agak seru jadi yudaah kek ginilah hasil akhirnya jadinya. Saya juga sempet kepikiran mau buat halaman pagenya jadi warna hijau, tapi gak jadi takutnya ntar malah terlalu berlebihan kali jadi warna-warni pulak. Ini pun kalau nanti ternyata saya bosen mungkin warna birunya akan saya rubah. Hehehe… Karna emang template ini sebenarnya masih belum sepenuhnya fixed!! Cuman karna udh kelamaan gak papalah saya launching aja dulu. Kalau ada masukan mohon disampaikan yaa sahabat.

Fitur Show Comment (Full Screen)

Kalau ide yang ini saya dapet waktu pas ngelihat tampilan template DCM V2 Blue punya nya urang-kurai. Saya harap sahabat jangan membandingkan dengan yang punya saya ini yaaa. Karna ilmu saya emang belum cukup kalau untuk buat design template setingkat yang sekeren kayak buatan master-master blogazine seperti itu. Kalau dibandingin iyaa jelas template saya masih kalah jauh. -___-
Tapi walaupun begitu saya rasanya tetep lebih seneng lah bisa makek template hasil karya buatan sendiri kayak begini. Hehehe…

Back to topic!!! Jadi, tampilan di halaman item ini saya tambahkan tombol show comment dan show widget. Kalau di homepage kan cuman ada content dan cover pilihannya. Saya rasa dengan adanya tombol seperti ini bisa sedikit menghemat ruang dari tampilan halamannya. Dan saya pun juga emang lagi mau nyoba tampilan artikel yang lebarnya full 1 kolom karna sebelumnya kan di Jurnal Precious tampilannya terbagi dua sebelah kiri ada sidebar yang fixed dan bagian artikel disebelah kanan sisanya. Kalau di template satu ini, lebar tampilan saya sarahkan sepenuhnya untuk tulisan artikel deh.

Nah, begitu pula dengan tampilan komentarnya. Kalau yang biasanya kan dia tampil dibawah setelah postingan artikel. Disini sahabat bisa melihat komentar-komentar dari suatu halaman artikel di satu tampilan full layar. Karna ini makai Script jadi ketika tombol Show Comment diklik maka tampilan artikel akan diganti dengan tampilan komentar secara bergantian gak bisa sekali dua nya muncul barengan. Kalau show widget sebenernya dia terpisah dari pilihan dua itu tadi. Jadi kalau sahabat ada di tampilan komentar dan menekan show widget tampilan widget akan tetap begitu walaupun kita menekan tombol content. Karna tampilan widget akan hilang kalau kita klik tombol show widget kembali.

Fitur Image Lightbox

Yang ini juga sangat menarik buat saya. Karna kemarin saya baru tahu untuk buat tampilan lightbox seperti. Wadhuuuh.. nampak kali gak update teknologinya yaa. Baru tahu sekarang pulak awak. Tapi gak apalah masih mending dari pada gak tahu sama sekali. Hehehe… Maaf bukan maksud mau nyindir Anda yaa.

Jadi setiap gambar (image) yang nantinya saya lampirkan di setiap tulisan di blog ini kalau sahabat klik pada gambarnya maka tampilan fullscreennya akan jadi seperti screenshot diatas. Kalau sebelumnya sih di template Jurnal Precious masih yang standard aja gitu diklik dia tampil fullscreen gambar doank. Nah kalau ini kan imagenya fullscreen tapi tetep di tampilan blog kita. Makanya tuh Header Logo Chaidir’s Web nya jadi bisa saya munculin deh. Gimana sob?? Lumayan keren lah yaaa… Bilang iyaa donk sob soalnya saya udah capek-capek nih buat template nya. #SedikirPemaksaan! Hehehe…

Okelah, cukup sekian dulu yang bisa saya review seputar tampilan baru dari Web Personal milik saya yang cuman satu-satunya ini. Jadi, hari ini Sabtu, 15 Juni 2013 echek-echeknya saya udah resmi yaaa meluncurkan blog pribadi saya yang saya beri nama “Chaidir’s Web” dengan alamatnya di www.chaidir.web.id dan dengan template perdananya (original design sendiri) yaitu “C15 White Minimalist”.
Berarti bisa dibilang ini adalah tulisan perdana saya di Chaidir’s Web.

Terlepas dari itu semua, saya benar-benar sangat mengharapkan kritik, saran maupun masukan dari sahabat semua nih khususnya bagi yang udah capek-capek ngebaca tulisan yang udah panjang ini. Yuuk lah kasih komentar nya yaa rame-rame!! GRATIS! kok tenang aja sob.
Dan dijamin komentar-komentar sahabat disini gak akan pernah terlantar deh, 100% pasti akan langsung saya reply hari itu juga (insya Allah kalau saya juga lagi online yaa). Buktinya bisa dilihat sendiri! Dan tambahannya lagi blog sahabat juga pasti akan saya kunjungi. Jadi, kalau ada yang mau tukeran link silahkan. Pintu saya buka lebar-lebar 24×1 jam kok di Chaidir’s Web!

NEW!! Silahkan baca artikel yang ini Chaidir’s Web Tampilan Versi kedua (Sekarang)

Akhir kata lebih dan kurang saya mohon maaf yaa. Wassalamu’alaikum.. Warahmatullahi.. Wabarakatuh..
Semangat Berkarya!! Salam Precious!!

8 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Iklan Merokok Dapat Menyebabkan
Layanan Baru Untuk Pengunjung Jaringan Sosial Chaidir
Close