Pentingnya-layanan-live-support-chat-online

Anda pernah tidak saat jalan-jalan di pasar, ada orang jualan sesuatu terus Anda lihat dan tanya-tanya ke penjualnya. Mungkin Anda merasa tertarik dengan barang tersebut, tapi Anda belum begitu yakin untuk mau beli. Sehingga, sering kali yang kita lakukan pastinya adalah mencari tahu dulu tentang barang tersebut. Ketika kita sudah merasa cocok dan percaya, kita pun lebih nyaman untuk membelinya. Begitu kan?

Kalau gak salah istilahnya itu pre-sales. Betul gak? Jadi, kalau kata sederhananya itu semacam pedekate dulu sebelum beli sesuatu. Sama kan kayak misal Anda mau meminang anak orang untuk dijadikan istri. Hehehe.. Apa iya mau langsung bawa nikah gitu aja? Setidaknya butuh proses. (Macam udah pernah nikah awak yaa, padahal masih lajang)

Begitu pun dalam dunia online. Sebagian orang pasti butuh mau tanya-tanya dulu sebelum dia beneran beli suatu produk. Masalahnya gimana mau tanya, lah kan jualannya online gak ketemu langsung?

Alasan Kenapa Layanan Live Support Chat itu Penting

Ini lah yang banyak membuat orang-orang jadi ragu untuk belanja online. Iyaa kan? Takutnya kenak tipu. Takutnya nanti barang yang dijual gak sesuai. Takutnya nanti udah kirim rupanya barang gak sampai ke rumah. Dan macam-macam pikiran khawatir lainnya.

Atau kalau itu adalah jasa, setidaknya kita sebagai konsumen barangkali butuh untuk konsultasi saat nanti sedang pakai jasanya. Katakanlah misal seperti jasa layanan hosting. Kalau gak bisa tanya-tanya ke penyedia hostingnya kan repot juga nanti saat ada masalah dengan server atau hosting yang kita sewa.

Nah, karna itulah saya katakan seperti judul diatas bahwa Layanan Live Support itu sangat penting!!

Berhubung kita tidak bisa ketemuan langsung di dunia online, setidaknya kita harus bisa saling kontak melalui obrolan chatting di Internet. Atau apapun itu media Live Support-nya. Entah itu langsung via BBM, Facebook, Line, Instagram atau mungkin langsung via Telepon.

Akan sangat lebih bagus lagi jika layanan live support tersebut bisa dihubungi setiap saat. Dari sisi konsumen, tentu ini akan sangat memuaskan sekali dan bisa lebih meningkatkan trust kepada si penjual. Setidaknya, jika terjadi apa-apa si penjual masih bisa langsung kita hubungi kan?

Transaksi Online Lebih Percaya dengan Yang Jelas dan Bisa Dihubungi

Dan jujur, saya pribadi juga seringnya begitu. Ketika saya mau pakai suatu jasa/produk dari Internet, saya harus pastikan dulu si penyedia jasa atau penjual produk bisa tidak dihubungi atau jelas tidak kontaknya. Kalau informasi kontak saja tidak ada di situsnya mending saya cari yang lain.

Atau kalau nomor yang tertera disitu, beberapa kali gak bisa dihubungi, atau kalau pun bisa dihubungi tapi respon-nya kurang bagus.. rasanya lebih baik kalau saya cari tempat lain saja.

Dari sisi penjual, saya juga tahu bahwa memberikan layanan live support yang bagus itu gak segampang yang ada dipikiran kita-kita yang konsumen ini. Coba lah sesekali Anda test. Mungkin saja malah baru sebentar ditanya-tanya Anda sudah emosi duluan. Hehehe.. Padahal gimana pun juga pembeli itu adalah… apa?

Kalau kata Om Hermawan Kertajaya, “Customer is Friend“.

hermawanka

Pembeli Adalah Teman, Bangun Kenyamanan dan Kepercayaan

Istilahnya pembeli bukan lah lagi raja! Pembeli itu harusnya bisa jadi teman. Jadinya penjual senang begitu pun yang beli juga senang. Kalau bisa beneran jadi teman, kan lumayan dapat langganan. Hehehe.. Dan gimana pun juga hukum viral lewat mulut teman itu justru memang terbukti lebih ampuh.

Kira-kira kalau teman Anda jualan, lalu ada orang lain yang jualan sama Anda pilih beli dimana?

Harusnya sih iyaa Anda pasti lebih nyaman beli di teman sendiri, karna Anda sudah kenal dia. Kecuali, kalau Anda itu sirik liat teman Anda jualan, bukannya mau beli Anda malah doain supaya jualannya gak laku dan Anda senang liat teman Anda bangkrut. Itu sih sirik namanya.

Gimana pun juga, kebanyakan orang akan lebih tertarik beli saat dapat rekomendasi dari teman ketimbang harus cari-cari tahu sendiri. Kalau udah dibuktiin teman, bisa-bisa kita langsung percaya kan? Kira-kira iyaa begitulah.

Okey, saya rasa cukup sekian dulu yaa.

*****

Sebenarnya ini saya terinspirasi bikin tulisan ini, karna kemarin saya sempet sering chat dengan layanan live support dari penyedia hosting yang saya pakai. Saya sarankan ke Anda kalau Anda mau beli hosting, salah satu point yang juga harus Anda pikirkan untuk pertimbangan adalah layanan live support-nya.

Berikut cuplikan saat saya ngobrol dengan salah satu Live Support yang kurang lebih sampai hampir 3 jam. Disini saya beneran ngerasa puas. Karna memang layanan support-nya itu bener-bener bisa ngebantu sampai tuntas. Walaupun saya gak gitu jago bahasa Inggris, tapi bisa lah sambil nyontek ke Google. Haha..

live-chat-three-hours-with-namecheap

*****

Terkadang kan ada juga tuh yang bikin layanan live support 24/7 online. Tapi kenyataannya belum tentu. Coba Anda test beneran gak mereka bisa dihubungi pas tengah malam gitu. Hehehe.. Atau Anda bisa tanya rincian yang terkadang gak dijelaskan di halaman penawaran situsnya. Bisa saja ada aturan atau kekurangan tertentu yang memang sengaja gak diperlihatkan. Banyak-banyak tanya juga gak papah kok, kan GRATIS!!

Atau mungkin Anda punya pendapat lain? Kalau misalkan Anda ada pengalaman menarik, saya rasa akan sangat menyenangkan jika Anda mau share lewat kolom komentar di bawah ini.

Sekedar Info :
Saya juga lagi coba buat layanan live support untuk situs Chaidir.Web.ID ini.
Jadi kalau Anda mau tanya-tanya soal masalah web, hosting, coding, HTML, CSS atau apapun yang ada di bahas di blog saya ini, boleh silahkan ngobrol dengan saya via Live Chat yaa.
Untuk saat ini saya bisanya online di jam-jam tertentu saja. Hehehe..

Sampai Jumpa!

 

8 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Bagaimana Cara Membangun Blog Personal?
Memilih Jurusan di SMK
Close