cover-facebook-2015

Dalam kesempatan ini saya mau share sedikit cara agar kita bisa mengetahui alamat atau link dari postingan status yang kita buat di akun Facebook kita. Biasanya kan setiap status-status yang udah kita buat dari kemarin-kemarin, itu kan cuman bisa dilihat dari tampilan profil atau timeline akun facebook kita, disitu tentu semua status yang udah kita posting akan bercampur menjadi satu halaman tampilan.

Nah, kali ini yang saya maksud kan adalah bagaimana caranya agar kita bisa menampilkan hanya satu postingan saja khusus untuk salah satu status yang mau kita lihat. Contohnya seperti ini:

Salah satu keuntungannya adalah kita bisa dengan mudah mengarahkan orang lain untuk melihat status yang udah kita buat ini. Tentu untuk bisa menampilkan halaman tersebut kita membutuhkan sebuah LINK atau alamat URL yang menuju ke halaman postingan tersebut. Mudah-mudahan sahabat bisa paham lah dengan maksud penjelasan yang saya buat. Hehehe..

Jadi, contoh link postingan yang perlu kita dapatkan adalah seperti ini:

Oke, langsung simak caranya dengan seksama yaa!! Mudah kok..
Pertama, buka tampilan (timeline) profil Facebook sahabat. Kemudian carilah status mana yang ingin kita cari tahu link postingan atau URL nya. Meskipun status itu sudah lama atau di bulan yang lalu kita buatnya, saya jamin pasti masih tersimpan deh di profil facebook kita. Tinggal di scroll aja terus ke bawah. Kira-kira seperti ini:

Kedua, misalkan status yang kita ingin dapatkan link nya adalah status yang saya lingkari warna merah. Kelihatan kan?? Coba perhatikan dibagian bawah status tersebut kan ada tuh pilihan Like – Comment – Promote – Share . Nah, sampai disini dengan mudah kita bisa memanfaatkan fitur Share. Hanya saja jika kita menggunakan fitur ini, setelah kita share tentu nantinya kita otomatis akan membuat satu postingan baru lagi di timeline kita. Nah, jika sahabat tetep ingin mendapatkan link nya saja, seperti tujuan kita diawal bisa mengikuti step berikut.

Ketiga, coba arahkan saja pointer mouse kita ke tulisan Share tadi tapi jangan sampai meng-kliknya yaa. Terus gimana?? Kalau kita klik kiri kan nanti yang terjadi seperti step kedua, jadi kita pakek cara alternatif yaitu dengan mengklik kanan saja. Klik kanan tepat di tulisan Share. Maka muncul kotak dialog dan selanjutnya pilih Salin alamat tautan. Seperti ini kejadiannya:

Keempat, silahkan buka Microsoft Word, OneNote, Notepad++, atau yang semacamnya deh. Yang bisa buat ngetik tulisan gitu. Kalau udah, silahkan sahabat tekan ctrl + V atau klik kanan dan klik paste. Maka, akan muncul lah link dari fitur share yang kita copy tadi. Tapi, bukan link ini yang kita maksud. Dari link tersebut kita hanya membutuhkan ID nya saja. Perhatikan contoh berikut:

Kelima, kita sudah bisa menemukan link posting yang kita inginkan. Caranya, sahabat tinggal menambahkan ID diatas ke alamat Facebook dengan menggunakan format seperti ini:

Yang berwarna hijau itu adalah ID dari Profil Facebook.
Yang berwarna kuning adalah ID dari Postingan yang diinginkan.

Selesai!! Sekarang sahabat udah bisa melihat postingan status tersebut dalam satu halaman saja bukan di timeline. Euyah, kalau kita menggunakan username Facebook maka ID Profil nya bisa juga menggunakan username yang kita pakai. Dan dengan cara ini juga kita pun bisa melihat atau mengambil link dari postingan yang dibuat oleh pengguna facebook lain.

Sekian dulu tutorial yang bisa saya buat hari ini. Semoga Bermanfaat yaa!!

6 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Cara Membuat Font Kreasi Sendiri
Trik Menebak Tanggal Lahir dengan Angka Matematika
Close