cover-facebook-2015

Apa kabar Sahabat?? Alhamdulillah semoga selalu baik-baik dan sehat semua yaa. Kali ini saya mau sedikit share soal Dummy Blog. Whaah, apaan tuuh?? Blog Sampah yaa?? Bukan.. bukaan.. Enak aja dibilang blog sampah!! Gitu-gitu ada gunanya lhooh. Jadi, jangan berpikir yang bukan-bukan dulu deh. Apalagi khususnya buat sahabat . Yuuk, kita sharing-sharing yaa.

Dummy Blog menurut saya pribadi, artinya adalah suatu blog percobaan yang dibuat oleh seorang dengan tujuan hanya untuk sebagai bahan uji praktek, terlebih dalam hal mendesain tampilan Blog Utamanya. Atau secara sederhana, Dummy Blog itu dibuat untuk mendukung Blog Utama si empunya Blog tersebut.

Itu kata saya. Gak tahu deh definisi yang sebenarnya itu apa. Hehehe.. Kalau sahabat merasa kurang iyaa boleh lah dicari aja dulu lewat Mbah Google atau blog kawan-kawan lainnya. Saya sih sengaja buat-buat pemikiran sendiri gitu, tujuannya supaya tulisan ini lebih Original aja. Hitung-hitung belajar untuk jadi penulis yang Profesional lah. Toh, apa yang saya katakan lewat tulisan di blog ini pun juga udah saya buktikan terlebih dulu kok. Jadi bukan cuman sebatas pemikiran yang berasal dari imajinasi saya doank. Eeeh, bahas apa ini??

Kenapa harus membuat Blog Dummy?

Nah, pertanyaan yang bagus tuh. Tapi sekali lagi saya katakan, setiap orang tentu pasti punya alasan yang berbeda. Kalau saya, membuat Blog Dummy itu awalnya gak terlalu jelas sih pengennya mau diapain. Cuman yang saya pikirkan adalah kalau lah misalnya saya mau memperbaiki tampilan dari blog saya ini, sementara bisa jadi disaat itu sedang ada pengunjung kan jadi kurang nyaman. Belum lagi kalau tiba-tiba rupanya saya salah ngotak-atik tampilan, gak kebayang kan kalau blog nya jadi Error saat mau dikunjungi orang lain. Iyaah, intinya sih saya cuman mau mengantisipasi saja. Maklum lah namanya juga echek-echek, kalau soal coding saya belum banyak tahu. Salah dikit yang ada malah bisa-bisa bingung sendiri.

Apa manfaatnya Blog Dummy?

Sebenarnya bukan soal tampilan saja sih. Cuman kebetulan saya sendiri masih baru sampai disitu prakteknya sob. Denger-denger dari pakarnya SEO, Blog Dummy itu ternyata banyak juga dipakai mereka untuk memperkuat ranking Blog utamanya di mata Search Engine. Kok bisa?? Nah itu dia saya pun belum sejauh itu praktek sampai kesana. Yang jelas untuk bisa mendapat PageRank yang bagus kita perlu memperbanyak Backlink menuju halaman Blog utama kita. Nah, disitulah manfaatnya Blog dummy ini, karna kita juga yang punya kan jadi gampang tuh mau nanam backlink sesuka kita. Apalagi kalau kita bisa mengelola banyak Blog Dummy sekaligus, tentu akan jauh lebih menguntungkan lagi. Bayangkan saja sendiri.

****

Nah, mungkin segitu aja lah yaa sharingnya. Sebenarnya saya cuman pengen promosiin Blog Dummy saya nih. Hehehe.. Maklum dia baru keluar dari kandang. Soalnya dari kemarin-kemarin saya sengaja gak buka blog ini untuk umum. Saya buat pengaturannya untuk dilihat pribadi atau pemiliknya saja. Tapi setelah saya pikir-pikir toh gak ada salahnya juga lah saya Open Public. Cuman iya itu yang jadi masalahnya kemarin saya masih gak terlalu niat untuk ngisi kontennya, sob. Jadi harap maklum aja kalau isinya ini masih kebanyakan ngawor alias gak bermanfaat sama sekali.

Dummy Blog Chaidir

Dummy-Blog-Template-Percobaan

Yang diatas adalah tampilan awal atau homepage Blog Dummy saya, sob. Sebelumnya untuk template saya menggunakan template yang sama dengan weblog Chaidir’s Web ini. Kan seperti yang saya katakan diawal tadi, saya buat itu cuman untuk belajar ngedit dan design tampilan template saya ini. Cuman karna saya kepikiran untuk mulai mempublikasikannya maka saya edit lah tampilannya menjadi seperti yang terlihat digambar itu. Anggap saja ini adik nya atau kembaran dari Chaidir’s Web. Hehehe..

Jadi prinsip kerjanya seperti ini, biasanya ketika saya dapet ide baru untuk memperbaiki tampilan template C15 White V2 Black atau tampilan Chaidir’s Web, maka ide itu akan saya cobain terlebih dulu menggunakan halaman dari Test Blog Chaidir ini. Setelah saya rasa cukup matang dan layak untuk digunakan barulah saya tinggal copy paste script beserta kode-kode HTML nya ke template asli blog utama ini.

Di tulisan saya sebelumnya yang berjudul Belajar Membuat Responsive Design saya sudah sempet cerita untuk membuat template ini menjadi responsif saja, saya butuh waktu sampai kurang lebih seminggu  untuk benar-benar mendesign tampilannya secara utuh. Nah, disinilah tempat saya mengolahnya sahabat. Kalau gak dibantu Blog Dummy ini, bisa-bisa selama seminggu itu tampilan Chaidir’s Web pasti akan sering terlihat berantakan diwaktu-waktu tertentu. Bagi saya itu sangat perlu untuk dihindari.

Munculnya Replika Chaidir’s Web

Rencananya karna saya sudah terlanjur mempublikasikan Blog Dummy ini untuk dilihat umum, nantinya saya akan coba untuk bisa membuat tampilan yang berbeda dari tampilan di blog utama saya ini. Yang jelas itu masih dirahasiakan laah. Konsepnya, Blog Dummy ini bisa dibilang akan menjadi blog bayangan Chaidir’s Web. Bagaimanapun yang namanya bayangan gak boleh lebih unggul donk dari wujud aslinya, iyaa gak?? Heheh..

Berikut ini perbandingan tampilan halaman Artikel dari Test Blog Chaidir dan Chaidir’s Web:

Blog-Dummy-Test-Blog-Chaidir
 
Wujud Bayangan VS Wujud Asli
 
Blog-Dummy-Mendukung-Blog-Utama

Kayak pinang dibelah dua yaa?? Hehehe.. Sebenarnya itu bukan sengaja sih. Tapi emang kebetulan saya lagi ada rencana untuk mengganti tampilan sidebar Chaidir’s Web ini menjadi pindah ke kanan. Jadi, sebelum ide itu fix atau bener-bener mateng saya cobain aja dulu makek di Blog Dummy. Seperti namanya aja Test Blog Chaidir, otomatis tuh blog pun bakalan jadi tempat test percobaan terus deeh nantinya. Kasihan kali kan nasibnya??

Apa aja isi Konten Blog Dummy?

Nah, untuk soal konten ini saya masih agak ragu mau jawabnya. Sebenarnya khusus untuk “Test Blog Chaidir” karna saya cenderung fokus untuk gunain itu sebagai tempat latihan design, jadi masalah konten saya gak terlalu mikirin pusing-pusing kali. Cuman supaya blog itu gak kelihatan kosong, paling nanti saya akan coba isi tulisan juga lah. Idenya paling saya bakalan narok tulisan-tulisan ringan saja disitu. Yang penting ada satu gambar diawal trus tambahin tulisan sedikit. Tapi tentu beda cerita kalau nanti saya kepikiran mau membuat Blog Dummy dengan tujuan untuk mengincar SEO. Intinya tinggal disesuaikan saja lah dengan kebutuhan masing-masing. Siip??

Bagaimana dengan sahabat nih?? Sudah pada punya Blog Dummy belum?? Boleh donk kita sharing-sharing, silahkan tinggalkan komentar sahabat dibawah tulisan ini yaaa. Kalau ada pertanyaan pasti saya jawab. Kalau ada yang mau ditambahkan dengan senang hati saya terima. Pun kalau ada yang mau berkunjung untuk nyobain nitip komentar di Blog Dummy saya tersebut iyaa silahkan juga mumpung pintu terbuka lebar dan gak ada yang ngelarang.

Selamat Beraktivitas di Dunia Maya.. Dan Tetap Semangat Berkarya!!

26 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Cari Situs Cerita Dewasa dan Film ABG Pacaran
Belajar Desain Cover Majalah yang Masih Jadul
Close