cover-facebook-2015

Laptop adalah senjata utama yang saya gunakan untuk ngeblog. Jadinya memang saya sangat sering sekali bertatapan dengan si laptop ini. Dan saya sangat tidak suka jika harus menunggu lama saat ingin memulai menghidupkan laptop. Juga demikian ketika ingin mematikannya. Sebagai pengguna windows 8, seperti kita tahu menu shut down sendiri terletak di bagian charm bar. Yang saya rasa agak repot menjangkaunya. Iyaa kan?

Solusinya, saya lebih suka menggunakan mode hibernate. Gak selalu sih. Mungkin kadang-kadang di saat-saat tertentu. Seperti misal, saya tahu bahwa beberapa saat kemudian nanti saya mau hidupkan kembali laptop ini. Disaat itu saya lebih suka mematikan laptop dengan cara hibernate.

Contohnya, mungkin ketika saya sedang asyik main laptop di kelas, dosen yang dikira tadinya gak datang tiba-tiba masuk. Dari pada lama-lama menunggu proses shut down, akan lebih praktis jika saya langsung menutup laptop. Karna saya sudah mengatur power system-nya saat layar monitor laptop di tutup, maka itu sama artinya dengan menjalankan perintah hibernate. Keren kan?

Saya yakin masih ada beberapa diantara Sahabat yang tidak tahu dengan cara yang saya lakukan. Karna biasanya, orang secara umum mematikan laptop dengan perintah yang sangat teratur. Persis seperti yang diajarkan sewaktu saya masih di sekolah dulu.

Cara Mematikan Laptop Windows 8 dengan Benar

  1. Geser kursor Mouse ke sudut kanan atas untuk menampilkan menu charm bar
  2. Klik icon bergambar roda gear atau menu Settings
  3. Klik tombol Power dan pilih perintah Shut Down
  4. Tunggu hingga proses selesai baru tutup laptop Anda

Kira-kira kan begitu langkah-langkahnya. Apa bedanya dengan kalau misalkan kita langsung menekan tombol power yang ada di laptop saja? Saya agak lupa secara default tombol power akan menjalankan perintah apa. Yang jelas itu bisa kita atur-atur sesuai yang kita mau.

Saya pribadi membuat perintah Shut Down untuk setiap kali tombol power ditekan (saat kondisi laptop ON). Jadi, mau menghidupkan tekan tombol power dan mematikan juga dengan tombol yang sama. Mungkin kalau gak salah pengaturan awal windows, tombol power itu fungsinya untuk perintah sleep.

Berikut saya akan beritahu cara yang saya gunakan agar proses untuk menghidupkan dan mematikan laptop menjadi lebih mudah.

Mengatur Power System Mode Hibernate Windows 8

Seperti yang saya ceritakan di awal, kita akan coba mengatur agar setiap kali layar monitor laptop ditutup secara otomatis akan menjalankan perintah Hibernate. Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini :

  • Klik ikon gambar baterai yang ada di taskbar kanan bawah
  • Klik pilihan paling More power options
  • Pada jendela yang terbuka, di sebelah kiri klik pilihan Choose what the power buttons do
  • Maka akan muncul tampilan menu System Settings seperti gambar di bawah ini :
    membuat-mode-hibernate-laptop-windows-8-power-system
  • Berikutnya silahkan atur sendiri sesuai selera.
    When I press the power button fungsinya untuk perintah apa yang mau dijalankan ketika tombol power button ditekan.
    When I press the sleep button fungsinya ketika tombol sleep lewat keyboard ditekan perintah apa yang mau dijalankan.
    When I close the lid fungsinya seperti contoh yang saya ceritakan di awal tulisan ini, saat layar monitor ditutup perintah apa yang mau dijalankan.
  • Klik Save untuk menyimpan perubahan pengaturan. Selesai!
Sahabat tahu kan apa bedanya perintah Hibernate, Sleep, Restart dan Shut Down??

Kalau untuk Shut Down itu seperti yang biasa kita lakukan. Fungsinya untuk mematikan laptop secara keseluruhan dan menghentikan segala program yang aktif sebelumnya. Sehingga ketika nanti laptop dihidupkan kembali, setiap program akan dimulai ulang dari awal.

Kalau Hibernate prinsipnya sama-sama untuk mematikan laptop yang sedang menyala. Hanya saja disini dia gak menghentikan segala program yang sedang aktif sebelumnya. Perintah ini cuman mematikan power dan system windows saja. Jadi nanti ketika kita laptop dihidupkan kembali, segala program yang tadinya kita buka akan dilanjutkan kembali tanpa harus menunggu loading dari awal lagi.

Ini alasan kenapa saya suka memakai mode Hibernate. Tapi tetap dalam satu hari paling tidak kita harus melakukan Shut Down pada laptop. Agar laptop bisa benar-benar istirahat dengan sempurna. Sering-sering melakukan mode hibernasi juga gak perlu sebenarnya. Disesuaikan lah dengan kebutuhan.

Untuk Restart perintahnya hampir sama dengan Shut Down hanya saja dia akan langsung menghidupkan laptop kembali setelah proses mematikan system selesai. Untuk perintah sleep dia sama sekali tidak mempengaruhi system dan program yang berjalan. Dan juga tidak mematikan power sumber tegangan listrik. Yang mati cuman kondisi tampilan monitor.

Oke, saya rasa cukup sekian sharing kita hari ini. Semoga bermanfaat daaan…

Salam Semangat!!

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Membuat Struktur Elemen Layout Template (Part 6 Tutorial Template Blogger)
Rangkuman Tugas Ilmu Bahan, Macam-macam Konduktor Penghantar Listrik
Close