pentingnya-tampilan-template-website-visual-learner

Setiap blogger saya sangat yakin, semuanya pasti ingin bisa punya situs/blog yang tampilannya PAS! Sesuai dengan seleranya masing-masing. Sayangnya, hal ini gak semudah yang kita bayangkan pastinya. Karna gak semua orang BISA buat theme atau template sendiri. Kalau saja semuanya bisa develope tampilan situsnya sendiri, pasti keinginan tersebut bisa sangat mudah sekali tercapai. Setuju atau tidak?

Karna itulah akhirnya banyak beberapa blogger yang suka gonta-ganti tampilan blognya. Coba yang ini, kok rasa-rasanya kurang pas.. GANTI! Coba yang itu masih ada yang kurang cocok.. GANTI! Coba yang itu lagi, udah otak-atik sana-sini.. masih berasa ada yang kurang… GANTI!! Gitu-gitu lah jadinya.

Baca juga : Gonta-ganti Tampilan Situs itu Gak Bagus!

Ada juga yang dia sendiri sebenarnya gak tahu tampilan yang bagus itu yang gimana. Atau dia gak tahu sama sekali arah tujuan blognya itu mau dibawa kemana dan mau dibuat untuk apa. Jadinya iyaa bingung, mau cari tampilan yang cocok yang mana. Padahal seharusnya KAN, untuk dapat tampilan situs yang baik, pertimbangan dasarnya itu iyaa harus berdasarkan tujuan dari situs itu sendiri dulu.

Tampilan Website Anda, Sesuai Dengan Tujuan Anda Apa!

Agak kurang pas, kalau Anda mau buka situs Online Shop tapi pakai theme ala berita-berita gitu. Atau misal Anda mau buat situs untuk sekedar nunjukin portofolio iyaa pasti beda lagi. Misal mau buat situs berdasarkan niche blog apa juga harusnya beda. Akan sangat lebih bagus jika tampilan situs Anda bisa memiliki sebuah karakter unik tersendiri, iyaa gak? Jadinya kan keren kalau situs/blog Anda bisa terlihat beda dari yang lain.

Apalagi seperti misal blog personal. Kalau saya pribadi nganggapnya blog personal seperti Chaidir.Web.ID ini, udah semacam diri saya sendiri tapi versi yang di dunia online. Dari blog personal ini lah kita bisa mencari kenalan atau mungkin saja bisa mendapatkan tawaran bisnis yang lumayan. Maka sudah seharusnya blog personal itu dibuat sebagus mungkin dan kalau bisa iyaa mencerminkan seperti apa diri kita aslinya.

Kalau  kayak social media FacebookTwitterInstagram dan lain-lain itu, walaupun disana ada akun profil kita tapi kalau kata saya sih kita disana itu kan cuman numpang doang. Iyaa kan? Anda gak bisa atur-atur semuanya semau Anda, kita cuman bisa sebatas pakek apa yang sudah ada. Tapi lain cerita dengan situs/blog yang Anda bangun sendiri. Sudah seharusnya Anda yang tentukan sendiri mau dibuat seperti apa!

Anda belum punya blog personal? Coba baca Cara Membangun Blog Personal Sendiri!

cover-facebook-2015

5 Tips Cara Memilih Template Website Blog Yang Bagus

Secara umum sebelum Anda memilih tampilan untuk situs/blog Anda, sebaiknya Anda pertimbangkan dulu beberapa point berikut ini :

  1. Passion Blog , Anda mau buat situs isinya apa, fokus dan tujuannya untuk apa dan mau kemana.
  2. Mobile Friendly, Bisa diakses dari perangkat apa saja atau Responsive dan juga kecepatan loading.
  3. User Friendly, Struktur tampilan atau Layout yang mudah dimengerti serta navigasi yang jelas.
  4. SEO Friendly, Template yang sudah teroptimasi dari segi OnPage SEO, ini lebih menguntungkan Anda.
  5. Features, Gunakan fitur/widget/plugin yang Anda butuhkan dan yang memang penting2 saja.

Oh yaa, mungkin ada juga sebagian dari Anda yang gak begitu peduli dengan hal semacam memilih tampilan blog seperti ini. Iyaa memang itu terserah Anda juga sih menilainya gimana. Saya gak bisa katakan kalau ini memang prioritas penting dan wajib. Karna setiap orang pasti punya pendapatnya masing-masing.

Bukan tidak mungkin walaupun misal ada suatu situs yang tampilannya jelek, jadul, ribet, bauk lagi.. ( eh, kayaknya blog gak bisa dicium yaa? ) Tapi, malah ternyata tetap bisa juga punya pengunjung setia yang banyak. Bisa saja ada juga yang seperti ini. Mungkin kontennya memang bagus dan informasi yang ada disana memang sangat penting. Jadinya orang-orang gak peduli mau tampilannya gimana juga, pasti mereka tetap akan lihat situsnya.

Cuman jangan lah pulak udah lah konten Anda tak seberapa, tampilannya pun tak enak dipandang mata. Ini apa istimewanya coba?

we love images because people visual learner

Apa Penting Punya Tampilan Website Blog Bagus?

Sama lah kayak manusia juga. Kalau pun tampilannya berantakan tapi punya skill yang bisa diandalkan, pasti ada banyak juga orang yang suka. Makanya ada pepatah yang bilang, ‘Dont Judge a Book by Its Cover’.

Walaupun pada kenyataannya saya kurang setuju dengan pepatah itu. Karna hampir rata-rata kebanyakan orang pasti lebih cenderung menilai sesuatu itu dari tampilan luar dulu baru melirik ke dalamnya. Gak usah bohong, itu udah jadi kebiasaan kita pada umumnya kan? Maka sebenarnya makna pepatah itu lebih mengarah supaya kita jangan sampai menjelekkan orang dari penampilan luarnya. Terlepas dari pepatah itu tadi, Anda juga harus sadar bahwa memperbaiki penampilan itu penting. Supaya nantinya orang-orang gak menilai Anda itu jelek!

Perlu Anda tahu juga bahwa, beberapa pemilik situs/blog profesional biasanya mereka berani lhoh bayar sampai jutaan rupiah hanya untuk membuat tampilan yang bagus dengan konsep yang mereka inginkan. Buktinya bisa Anda lihat misalkan dari themeforest.com tempat beli theme wordpress yang cukup populer. Kalau yang harga jutaan biasanya itu kalau Anda nempah langsung dengan web developer.

Okey, sekarang Anda pasti sudah bisa pikirkan sendiri, apakah tampilan suatu situs/blog itu penting atau tidak.

Dan kira-kira gimana nih dengan tampilan situs/blog Anda yang sekarang? Apa sudah sesuai dengan selera Anda atau masih belum?

Silahkan share tanggapan Anda lewat kolom komentar di bawah yaa. Siapa tahu nanti saya tiba-tiba mau berbaik hati buatkan Anda template sesuai dengan yang Anda cari-cari selama ini. GRATIS!! Siapa tahu!! Kalau saya lagi gak baik, iyaa bayar. Hehehe…

Baca juga : Tutorial Cara Membuat Template Blogspot Sendiri

Eh, ngomong-ngomong tadi padahal awalnya saya pengen curhat loh disini. Tapi iyaudah gak papah lah, gini aja pun udah kepanjangan. Yang paling penting, mudah-mudahan Anda bisa dapat sesuatu dari tulisan saya hari ini. Dan besok-besok Anda mau mampir lagi kesini. Setuju kan?

Sampai Jumpa!!

Sumber Gambar: Visual Learner

14 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Belajar SEO Bersama, Bagaimana Caranya?
Tutorial Cara Membuat Lagu Karaoke Mudah
Close