Setelah sekian lama gak posting di Chaidir.Web.ID hari ini saya jadi pengen menulis sesuatu (meskipun gak penting-penting banget). Ceritanya tentang blog Chaidir.Web.ID yang terkena suspend hosting dari HawkHost. FYI, dulunya saya pengguna blogspot yang kemudian memutuskan hijrah menggunakan wordpress self hosted. Saat awal-awal saya pakainya hosting berbayar dari NameCheap. Dan waktu itu juga kebetulan karna saya pakai coupon yang muraaah banget cuman 1o0ribuan untuk setahun. Lalu, setelah kontrak habis… untuk perpanjangnya lumayan mahal maka saya putuskan untuk cari penyedia hosting yang lebih bersahabat.

Nah, jadilah sekarang saya pengguna layanan hosting dari HawkHost. Tahun pertama menggunakan layanan hosting ini saya juga pakai coupon diskon iyaa lumayan laah gak semahal di NameCheap. Dan kontraknya berakhir sampai tanggal 12 Februari 2017 lalu. Disinilah masalahnya muncul. Hmmm.. gak masalah banget sih, karna sebenarnya secara solusi harusnya saya sudah bisa atasi kalau planningnya berjalan lancar. Tapi, karna ada sedikit gangguan di koneksi internet saya, jadilah pada tanggal itu saya belum berhasil migrasi hosting.

Oh yaa, saya lupa bilang disini ceritanya saya tidak berniat untuk perpanjang kontrak hosting yang sama. Melainkan sebelumnya saya sudah order hosting yang baru di HawkHost juga sih. Hanya saja waktu itu ada diskon yang lebih murah dari harga langganan saya yang awal. Selisihnya lumayan sekitar 12 dolar gitu. Makanya saya lebih milih beli hosting baru meskipun spesifikasinya sama tapi harganya kan lebih mantap jiwa.

Suspend Hosting dari Hawkhost, Bagaimana Saya Mengatasinya?

Setiap Keputusan Pasti Ada Resikonya

Kalau mau berubah ke arah yang lebih baik, sudah tentu ada hal yang harus kita korbankan. Dalam kehidupan sehari-hari pun saya rasa pernyataan ini pasti tetap berlaku hukumnya. Berani buat keputasan baru, tentu kita harus berani pula menjalani resiko dibaliknya.

Singkat cerita karna saya telat melakukan proses migrasi data-data dari akun hosting saya yang lama ke akun hosting yang baru, jadilah saya mengalami suspend hosting. Ternyata pihak hawkhost tidak langsung melakukan suspend pada hari setelah tanggal kontrak habis. Saya baru alamin suspend itu delapan hari setelahnya. Jadi mungkin memang pihak penyedia layanan hosting memberikan tenggang waktu 1 minggu kepada pengguna untuk menyelesaikan proses pembayaran. Jika sekiranya tidak juga dibayar, maka iyaa resikonya itu akun Anda di hapus.

Sedia Payung itu Memang Penting

Untungnya, nah ini kan orang Indonesia banget. Kalau udah apa-apa pasti tetap bilang untung. Bagus sih! Berarti pola pikir kita masih dalam konteks berpikir yang positif. Iyah, untungnya saya sudah melakukan backup data pada tanggal 12 Februari lalu. Mulai dari data-data file dan folder yang ada di File Manager dan data yang ada di My SQL Databases.

Oh yaa, di postingan selanjutnya saya akan coba jelaskan beberapa hal yang perlu Anda lakukan agar proses pindah hosting Anda menjadi lebih mudah dan lancar. Kalau Anda sangat mau segera saya posting, silahkan tulis komentar dibawah yaa!!

Nah sayangnya, setelah proses saya melakukan backup data tersebut koneksi internet saya kurang mendukung untuk lanjut ke proses berikutnya. Sehingga pada hari itu saya batal pindah hosting. Besoknya saya ngira sudah bakalan di-suspend, ternyata kan belum. Jadinya saya malah keenakan dan terus mengulur waktu sampai hari besok-besoknya lagi gak dilanjut-lanjut juga proses yang masih tertunda. Ckckck.. (ini gak patut dicontoh)

 Langganan Hosting di Hawkhost

Baru Kena Batunya, Akibat Menunda-nunda

Voilaaa.. Kemarin pas tanggal 21 Februari 2017 barulah saya kena batunya. Akibat suka menunda-nunda tadi, jadilah hal yang tidak saya inginkan terjadi –> hosting Chaidir.Web.ID akhirnya di-suspend. T_T

Meskipun sebelumnya saya sudah bersiap-siap dengan membawa payung sebelum hujan, alias sudah punya cadangan data-data penting dari akun hosting yang lama. Tetap saja karna sudah lewat seminggu, yang namannya database tentu sudah mengalami perubahan. Ada beberapa data yang semestinya sudah diupdate. Seharusnya sehari sebelum terkena suspend saya melakukan backup database ulang.

Tapi iyaa mau bagaimana lagi. Sayangnya lagi Hawkhost tidak punya layanan Chat pelanggan. Jadi, saya tidak bisa minta bantuan dalam kasus ini. Gak tahu juga apa pihak hawkhost masih mengizinkan kalau saya minta database di akun hosting yang sudah di-suspend tersebut. Rasa-rasanya sih tidak bisa lagi. Paling juga mereka minta saya bayar dulu, baru boleh diakses. Jika Anda juga sedang mengalami terkana suspend hosting seperti ini, saran dari saya sebaiknya Anda segera cari modal buat bayar biaya perpanjang kontrak hosting Anda. Hehehe.. Kalau tidak iyaa relakan saja data web atau blog Anda ikut terhapus selamanya. Ini serius!

Akhirnya…

Oke lah, apa yang saya cerita kan diatas sebenarnya bukan suatu masalah serius. Saya hanya lagi pengen share cerita aja, karna udah lama gak nulis di blog ini. Yang paling penting sekarang blog Chaidir.Web.ID sudah online lagi.

Saya mau ucapkan terima kasih kepada setiap pengunjung setia yang sudah mau mampir berkunjung dan baca-baca tulisan di blog ini. Entah itu Anda datangnya karna disengaja atau karna tak sengaja, mudah-mudahan setelah sampai di blog ini, ada manfaat yang bisa Anda bawa pulang ke rumah.

Dan lagi, sekiranya Anda ada kirim komentar ataupun pesan ke saya mulai dari tanggal 12 – 21 Februari atau kira-kira seminggu yang lalu, mohon maaf saya jadinya gak bisa baca. Kalau memang ada hal penting yang mau disampaikan silahkan kirim ulang pesan Anda bisa melalui email chaidirweb@mail.com.

Terima kasih.

Salam,

Admin Chaidir.Web.ID

Belum ada Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Antara Google dan Gramedia, Sumber Ilmu untuk Belajar Otodidak
Pengenalan Macam Tag HTML Dasar (Part 3 Tutorial Template Blogger)
Close