cover-facebook-2015

Sketsa-Anime-Jenius-L

Jujur sebenarnya dari dulu saya memang tidak pernah belajar soal teori-teori menggambar apalagi berniat untuk menjadi seorang pelukis handal. Tapi entah kenapa beberapa bulan yang lalu, saya mendadak iseng aja gitu pengen corat-coret apa yang saya bayangkan lewat visualisasi pandangan saya terhadap suatu objek di atas kertas. Dan hasilnya memang kacau sih. Seperti yang saya sempat dokumentasikan lewat tulisan berjudul Belajar Membuat Gambar Sketsa.

Lalu kemudian sedikit demi sedikit saya pun jadi ketagihan dan merasa tertarik di bidang seni yang satu ini. Mungkin karna sebelumnya saya juga memang suka dengan Design atau yang berbau Indera Visual. Jadi kan agak lebih mudah aja gitu, modal keterampilannya udah nyambung. Dan saya rasa pun menggambar itu mirip juga dengan seperti asyiknya ketika kita menulis. Dengan menulis kita bisa bebas menuangkan perasaan dan pikiran apapun. Begitu juga dengan menggambar, kita pun bisa bebas mengekspresikan kreatifitas dari dalam diri kita.

Bedanya kalau menulis itu ilmunya bisa berasal dari apa yang sering kita dengar dan kita rasakan, sedangkan menggambar itu asalnya dari apa yang sering kita lihat.

Teknik Menggambar Realis Agar Objek Kelihatan Hidup

Setelah dari tulisan saya yang berjudul Menggambar Sketsa Teknik Gradasi saya pun mulai sedikit mengerti bagaimana caranya supaya gambar yang saya buat bisa lebih terlihat hidup. Iyaa, walaupun hasil gambar yang pertama itu masih jauh dari sempurna. Tapi toh saya tetap saja ingin terus mencoba. Karna pun saya cuman bisa belajar secara otodidak, jadi iyaa ngapain takut kalau hasilnya berantakan. Intinya kan proses belajar itu harus ada Perubahan. Kalau hari ini masih jelek siapa tahu dengan terus mencoba besok-besok hasilnya bisa lebih bagus. Kuncinya jangan pernah merasa cepat pintar, terus saja belajar dan terus tingkatkan kemampuan yang kita miliki semaksimal mungkin setiap kali kita mencoba melakukan sesuatu.  :-)

Berikut ini adalah beberapa hasil coretan gambar yang saya buat beberapa waktu lalu:

Sketsa Wanita Muslimah Membaca Buku

Sketsa-Wanita-Muslimah-Membaca-Buku

Untuk objek gambar yang ini saya ambil dari Google. Disini saya ingin nyoba membuat sketsa gambar wanita muslimah berjilbab. Memang wajahnya gak begitu mirip dengan gambar yang aslinya. Karna pun sebenarnya yang ingin saya coba adalah menciptakan bayangan dan bentuk lipatan pada jilbab wanita tersebut.

Sketsa Mata Wanita Dibalik Kerudung

Sketsa-Mata-Wanita-Dibalik-Kerudung

Objek gambar yang satu ini juga saya ambil dari Google. Menurut saya hasilnya masih belum begitu memuaskan. Disini saya ingin belajar menggambar pada bagian mata. Mulai dari pupil mata dan bayangannya, bulu mata dan bentuk kelopak mata, serta pada bagian alis mata. Ternyata memang tidak mudah tapi bukan berarti tidak mungkin. Lain kali saya akan coba lagi mudah-mudahan bisa lebih bagus. heheh..

Point Penting dalam Teknik Menggambar Realis adalah bagaimana kita bisa memvisualisasikan goresan-goresan dan arsiran untuk menciptakan bayangan pada objek. Yaitu sisi gelap dan terang pada wajah atau objek yang kita gambar.


*****

Nah, yang berikut ini adalah sketsa pertama saya yang objeknya dari gambar Anime. Mungkin Sahabat yang gemar menonton kartun atau membaca komik pasti sudah pada kenal. Namanya adalah Ryuzaki a.k.a Locius Lawliet dari tokoh film Death Note. Karakternya memang sangat banyak membuat orang menjadi tergila-gila dan ingin bisa seperti dia. Pembawaannya yang dingin dan pemikirannya yang super jenius terkesan sangat unik sekali. Untuk sketsa yang satu ini saya ingin nyoba fokus belajar menggambar pose wajah dan rambut. Saya menggunakan kombinasi antara pensil mekanik, pensil 2B dan pensil 8B untuk menyelesaikan sketsa gambar ini.

Kalau sahabat ingin melihat versi hasil sketsa yang aslinya, bisa lihat gambar yang terletak di awal tulisan ini. Karna untuk yang di bawah sudah melalui sedikit editing Filter dari Photoshop. Menurut saya sih, diantara sketsa-sketsa yang udah pernah saya buat sebelumnya sketsa terakhir ini lah yang hasilnya paling memuaskan. Bagaimana menurut Sahabat?? Mohon masukan dan kritik nya yaa.

Sketsa Wajah Lawliet Death Note

Sketsa-Wajah-Ryuzaki-Lawliet

Akhirnya, cukup sekian dulu sharing-sharing hari ini. Semoga tulisan ini bisa memberikan sedikit wawasan bagi Sahabat yang juga tertarik di dunia menggambar.
Selamat beraktifitas dan tetap semangat BERKARYA!!

7 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.