Pada kesempatan kali ini saya mau share sedikit tentang tips dalam menggunakan profil blog khususnya bagi sahabat yang terdaftar di platform Blogger. Cara ini sebenarnya bisa dibilang sangat simple dan mungkin menurut sebagian orang bisa saja ini cuman hal yang sepele. Tapi kayaknya gak ada salahnya juga saya bagikan trik ini ke sahabat pembaca setia Chaidir’s Web karna mungkin aja ada juga beberapa sahabat yang masih belum tahu tentang informasi ini. Dan seharusnya sih menurut saya kita yang sebagai ini WAJIB tahu jangan sampai enggak laah. Makanya yuuk simak ya pembahasannya.

Saya dulu pertama kali daftar di Blogger waktu itu udah sejak tahun 2009 sebenarnya, tapi emang baru serius ngeblog nya di tahun 2013 ini. Kalau sahabat juga udah lama daftar di , saya rasa sahabat juga pasti tahu lah tampilan Dashboard Blogger yang sekarang ini udah beda dengan yang dulu. Masih ingat gak sob?? Dulu tampilan Blogger klassik banget dan masih ada nuansa warna birunya, sekarang udah tampil lebih modern dengan nuansa warna orange dan abu-abu saja. Itu salah satu perubahan dari segi tampilan.
Nah, perubahan lainnya adalah dengan adanya muncul layanan baru Google+ yang hampir mirip seperti layanan Jejaring Sosial Facebook. Karena adanya produk Google+ ini para pengguna Blogger pun ikut ditarik untuk mau bergabung disana. Salah satu keuntungan yang ditawarkan Google+ ini adalah kita bisa share artikel yang udah kita posting di blog ke akun Google+ milik kita sehingga iyaa bisa dibaca oleh teman-teman kita lainnya.  Memang bukan suatu keharusan sih. Tapi untuk bisa menggunakan fitur ini kita diminta terlebih dulu untuk mengkoneksikan antara akun Blogger kita dengan akun Google+ kita yang sudah terdaftar. Maka yang terjadi setelah itu nantinya Profil akun Blogger kita akan digantikan dengan Profil dari akun Google+ secara otomatis.

Hal itu bisa kita lihat saat sedang ingin berkomentar ke blog orang lain. Nantinya kalau kita emang udah login di Blogger, pasti link kita yang tertinggal sebagai identitas orang yang memberikan komentar disana akan diarahkan menuju Profil dari akun Google+ kita. Bedanya kalau kita sebelum terhubung dengan akun Google+ maka link itu akan menuju ke halaman Profil Blogger kita yang biasa. Pasti sahabat sudah bisa paham kan dengan perbedaan ini?? Nah, disinilah yang waktu itu sempet membuat saya bingung. Karna ada beberapa yang masih menggunakan Profil Blogger nya dan ada juga beberapa yang sudah terhubung dengan Profil Google+ miliknya. Singkat cerita, akhirnya saya pun jadi berpikir kira-kira emang bagusan pakek yang mana yaa?? Hehehe.. Tapi sampai sekarang ini pun sebenarnya saya masih belum fix juga memutuskannya sob. Soalnya emang dua-duanya punya kelebihan dan kekurangan. Mungkin sahabat bisa memberikan pendapat dan sarannya. Saya tunggu di kotak komentar yaa.

Nah, yang jadi permasalahannya trus gimana donk supaya kita bisa nuker-nuker profil yang mau kita gunakan itu? Soalnya kalau dari Dashboard Blogger, emang sih ada pilihan Google+ tapi gitu kita udah terhubung kayaknya kita gak ada dikasih pilihan lagi untuk kembali menggunakan Profil Blogger kita yang lama, bener kan? Saya pun baru nyadar kemarin soalnya. Dan setelah saya otak-atik sendirian akun Blogger saya ini, Alhamdulillah akhirnya masih bisa juga ketemu dengan cara alternatif nya. Bagi yang mau tahu boleh dicatat berikut ini:

Cara Menghubungkan Profil Blogger Menjadi Profil Google+

Pertama, silahkan Login terlebih dahulu menggunakan akun Blogger sahabat.
Kedua, masuk ke Dashboard blog dan pilih tab Google+ lalu klik tombol  Get Started  untuk mulai proses pengaturan selanjutnya. Kira-kira bentuk tampilannya seperti ini:

Atau ALTERNATIF lain, bisa juga dengan langsung memasukkan alamat URL nya saja. Buka tab baru dan ketikkan link berikut ini pada addressbar browser yang sahabat gunakan. [www..com/switch-profile.g]

Kemudian tekan Enter maka akan muncul tampilan berikut:

Ketiga, berikan checklict pada tulisan “I have read bla bla bla…” dan klik tombol Switch Now untuk mengkonfirmasi perubahan profil ke Google+ maka berikutnya akan muncul lagi tampilan seperti ini:

Keempat, pada langkah ini jika sahabat memiliki lebih dari satu blog dalam satu akun Blogger yang digunakan, maka kita diberikan pilihan untuk memilih blog mana saja yang mau ditampilkan pada halaman About di Profil Google+ kita nantinya. Ini penting agar tentunya bisa memudahkan sahabat kita yang ingin berkunjung ke blog yang kita kelola. Silahkan berikan tanda checklist pada blog yang diinginkan. Kemudian klik tombol Add Blogs untuk menambahkan atau jika tidak ada blog yang mau ditampilkan klik tombol Skip saja.

** SELESAI **

Sekarang sahabat sudah resmi menggunakan Profil Google+. Selamat yaaa!!! Hehehe…

Euyah, kalau sahabat udah punya akun Google+ ntar jangan lupa tambahkan saya di lingkaran pertemanan yaa. Supaya apa?? Hehehe.. Gitu amat nanya nya sob. Iyaa gak papah kan mungkin dengan gitu kita bisa jadi lebih mudah untuk sharing-sharing link tulisan ataupun informasi baik seputar ataupun pengetahuan lainnya. Bener gak?? Makanya kita itu harus positive thingking donk.

Nah, mungkin ada juga beberapa diantara sahabat yang masih belum tahu gimana caranya supaya nanti sewaktu-waktu kita bisa kembali lagi menggunakan Profil Blogger kita. Seperti yang saya katakan diatas, kalau cuman dilihat sekilas tanpa diperhatikan bisa jadi kita gak ketemu dengan pilihan untuk melakukan pengaturan tersebut. Terus gimana donk?? Apa emang yang udah terhubung dengan Profil Google+ gak bisa balik yaa? Hayooo…

Tenang!! Untungnya saya udah nyoba, jadi jangan khawatir bagi sahabat yang mungkin pun saat ini rasanya udah berubah pikiran atau bosan dengan Profil Google+ masih ada kok caranya untuk balik lagi ke Profil awal dan sebenernya gampang juga sih. Yuuk simak aja pembahasannya di tulisan saya yang satu ini Cara Mengganti Profil dari Google+ ke Blogger.

Sekian dulu yaaa.. Semoga bisa bermanfaat!!
Selamat Beraktivitas dan Semangat Berkarya Sahabat..

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Rahasia Penggunaan Permalink URL Custom
Cara Mengetahui Kualitas Tulisan di Blog
Close