cover-facebook-2015

Sahabat pasti pernah dengar donk istilah Metamorfosis itu apaan?? Jangan bilang enggak yaa, entar saya malah jadi repot mesti buka-buka kamus lagi. Kalau saya sih, gitu ada yang bilang metamorfosis pasti langsung kebayang sama Katak atau Kupu-kupu. Hehehe.. Soalnya pulak dulu waktu di sekolahan diajarinnya kayak begitu. Seringnya dua macam makhluk itu lah yang biasa disebut-sebut kalau menyinggung soal Metamorfosis ini. Iyaa kan??

Nah, terus apa hubungannya dengan tulisan kali ini? Di kesempatan ini saya cuman pengen sedikit cerita seperti apa metamorfosis yang pernah saya alami bersama blog kesayangan saya yang satu ini. Hingga akhirnya menjadi personal weblog Chaidir’s Web. Mungkin ini bisa jadi sekedar dokumentasi pribadi aja sih buat saya. Soalnya maklum lah saya suka pelupa orangnya. Jadi dengan adanya tulisan ini, nantinya saya tentu bisa lebih gampang untuk mengingat kembali seperti apa kisah perjuangan saya di dunia blogging bersama Chaidir’s Web.

Mungkin juga tulisan ini bisa menjadi sekedar referensi buat sahabat yang mau lebih jauh berkenalan dengan weblog Chaidir’s Web. Karna ibarat kata pepatah zaman dahulu kala kan begitu, Tak Kenal maka Tak Tahu.. Tidak ada Tahu makan Tempe pun jadi..  hihi
(maaf itu pepatah emang udah zaman dulu banget, jadi wajar lah kalau udah banyak yang lupa)

Metamorfosis Chaidir’s Web

Masa Orientasi Blogspot (2008-2009)

Pertama kali kenal dengan dunia blog, kalau tidak salah sih sejak Mei 2008. Waktu itu saya masih berada di bangku kelas 2 SMP. Dan dimasa ini saya akui gaya ngeblog saya masih kacau balau. Ibaratkan kayak anak ayam baru lepas dari kandang. Masih kucar kacir kesana-kemari gak ada tujuan yang pasti. Lihat itu dicobain, lihat yang ini pengen dicobain juga. Saya pun cuman tahunya Copy Paste tulisan orang. Bisa punya banyak artikel hasil copas pun udah bangga kali. Apalagi ada satu dua orang yang nongol ninggalin komentar, wiiih senengnya minta ampun.

Disinilah pertama kali munculnya alamat CEHA-PRECIOUS.BLOGSPOT.COM
Kata ceha itu berasal dari inisial nama saya dan dulunya saya sempet dipanggil ceha oleh teman satu kelas di SMP. Untuk precious itu artinya saya ingin menjadi sesuatu yang bernilai atau berharga buat orang lain. Ini sempet saya populerkan disemua akun yang saya punya. Sampai nama blognya pun berjudul CHAIDIR PRECIOUS. Sekarang tinggal beberapa saja yang masih makai itu.

Sayangnya dizaman ini saya belum sempet kepikiran untuk mengabadikan seperti apa tampilan blognya. Pun memang tampilan blog saya dimasa ini masih labil atau belum nemu konsep lah jadi iyaa gonta-ganti terus. Dan pada akhirnya saya vakum sampai awal 2009. Alamat ini kemarin juga sempet saya alihkan menjadi CEHAPRECIOUS.CO.CC

Masa Selingkuh WordPress (2009-2011)

Setelah mulai bosan melihat akun blogspot yang begitu-begitu aja, kira-kira pertengahan 2009 saya akhirnya mulai kenalan dengan platform WordPress. Bahkan saya sempat berpaling dan membuat akun blog baru yang beralamat CEHAPRECIOUS.WORDPRESS.COM dengan judul yang masih sama. Sebenarnya sampai sekarang, blog ini masih aktif sih cuman udah gak saya urusin lagi.

Dimasa ini saya sudah mulai bandel untuk nyoba mainin dua blog sekaligus. Sebenarnya ketemu dengan wordpress, saya sudah mulai kepikiran untuk minimal setiap bulan harus ada update Artikel di blog saya. Walaupun masih tetep hasil COPAS sih. Bisa sahabat lihat sendiri kan disana, ada beberapa tulisan mulai dari bulan Juni 2009 sampai Januari 2010. Namun iyaa karna mungkin masih belum jelas mau ngapain, akhirnya sepanjang 2010 sampai 2011 saya kembali vakum.

Awal 2011 kepikiran nyoba ngeblog lagi, tapi cuman bertahan sebentar. Sampai bulan Oktober 2011 saya sempet punya niat untuk mulai belajar nulis Artikel sendiri di Blogspot. Dan entah karna apa niat itu cuman bisa mewujudkan satu buah tulisan saja, abis itu kandas kembali niat ngeblognya.

Masa Hosting Domain (2012 Akhir)

Setelah kelamaan vakum, rupanya gak sengaja saya ketemu lagi dengan cara baru untuk aktifitas ngeblog. Pertengahan 2012 saya mulai kenal dengan istilah Localhost. Dari situ kemudian saya pun kepikiran untuk nyoba belajar lagi lebih jauh, ternyata saya baru sadar kemarin-kemarin itu rupanya saya masih nyentuh kulit-kulitnya aja. Karna masih banyak yang belum saya pelajari dari Dunia Blog ini. Sampai akhirnya saya pun punya ide untuk mencoba membangun sebuah Website sendiri. Dan dimasa inilah saya mulai lebih serius, sekaligus ingin kembali melanjutkan niat saya untuk komitmen berhenti menjadi kaum COPAS.

Kebetulan pula waktu itu saya baru saja tamat dari SMK, jadi saya punya waktu kosong yang lebih banyak menjelang masuk ke perkuliahan. Disitulah saya manfaatkan untuk belajar mengotak-atik CMS WordPress dan mendesign tampilan website saya. Karna ini pun masih bisa dibilang sebagai proyek percobaan, saya pun memilih untuk menggunakan media jasa hosting dan domain yang gratisan dulu. Sehingga muncul lah Jurnal Precious” dengan alamat JURNALPRECIOUS.CO.CC 

Tampilan yang masih acak-acakan

Bulan September 2012 saya memberanikan diri untuk menerbitkan website ini. Dengan berbekal empat macam Artikel asal-asalan, tapi udah lumayan lah karna itu hasil dari tulisan saya sendiri. Iyaa walaupun masih ada juga saya masukin artikel hasil copy paste dari blog saya sebelumnya.

Untuk tampilan tema yang digambar itu sebenarnya hanya sedikit yang saya edit dari tema aslinya. Baru dibulan Oktober lah saya akhirnya selesai juga membuat tampilan dengan hasil design saya sendiri. Dan jadinya seperti inilah tampilan website saya waktu itu:

Tampilan Homepage Jurnal Precious Versi Pertama

Tampilan Halaman Artikel Jurnal Precious

Rupanya domain .co.cc saat itu mulai kembali bermasalah dengan servernya. Jadi saya pun terpaksa hijrah ke domain gratisan lain, sehingga alamat Jurnal Precious pun berubah menjadi

JURNALPRECIOUS.TK 

Sehubungan dengan berganti domain ini lah saya mulai meluncurkan tampilan baru berwarna hitam ungu seperti gambar diatas. Dimasa ini saya sudah mulai kepikiran untuk serius mendesign tampilan sendiri. Konsep tampilannya saya menyesuaikan dengan tema dan judul website ini, makanya mirip seperti buku binder gitu. Sewaktu pengunjung masuk ke halaman artikel baru bukunya terbuka. Cuman sayangnya niat untuk bisa menghasilkan karya tulis lewat Dunia Blogging itu tetap kembali kandas dimasa ini.

Masa Jurnal Precious (Awal 2013)

Karena beberapa hal pertimbangan, saya pun akhirnya memutuskan untuk balik lagi menggunakan platform Blogspot. Dimasa ini tentu saya sudah memiliki beberapa bekal untuk mulai membangun kembali sebuah blog pribadi yang lebih serius. Dan saya pun mencoba melanjutkan kembali konsep Jurnal Precious. Hanya saja disini saya lebih memilih menggunakan nama dari alamat sebelumnya yaitu CEHA-PRECIOUS.BLOGSPOT.COM tapi bukan berarti ini blog yang sama lhooh. Karna blog saya yang pertama itu gak tahu tiba-tiba bermasalah dibagian menu komentarnya, maka saya pun terpaksa membuat blog baru lagi. Jadi ceritanya, saya minjem nama alamat dari blog yang lama dan blog yang lama itu saya ganti dengan alamat lain.

Dengan niat dan semangat yang lebih kuat, akhirnya saya meluncurkan blog ini pada bulan Maret 2013. Seluruh artikel hasil copy paste pun saya hapus. Dan ternyata disinilah awal saya mulai mencoba belajar bagaimana menjadi seorang yang seutuhnya. Dalam arti kata, yang benar-benar bisa menghasilkan karya tulisannya sendiri bukan hasil copas karya orang lain.

Tampilan Homepage Jurnal Precious Versi Kedua

Tampilan Daftar Konten Jurnal Precious

Untuk tampilan sebenarnya ini masih menggunakan template X10 Masonry White milik Mas Andre Pandet. Tapi hampir banyak juga sih bagian yang sudah saya edit. Coba silahkan sahabat cek sendiri dengan yang aslinya. Tampilan ini rasanya cukup bener-bener nyaman saya gunakan. Jadi, mungkin bisa dibilang dari sinilah cikal bakal munculnya ide saya untuk membuat template seperti yang sekarang ini.

Alhamdulillah dimasa ini saya mulai berhasil mewujudkan niat sebelumnya. Saya akhirnya bisa terus belajar konsisten untuk menulis lebih rutin setiap bulannya. Dan saya pun mulai menyadari, tanpa tulisan original karya sendiri, seorang tidak akan bisa menjadi apa-apa. Dalam waktu 3 bulan saja saya ternyata bisa membuat sebanyak 53 buah tulisan. Melihat itu rasanya senang sekali dan tentu semakin menambah semangat saya untuk terus berkiprah di Dunia Blogging.

Masa Personal Weblog (2013 Sekarang)

Pertengahan bulan Mei 2013 saya mulai memikirkan sebuah konsep baru. Saya merasa ada banyak yang mengganjal dan perlu segera diperbaiki dari Masa Jurnal Precious ini. Mulai dari alamatnya yang gak nyambung dengan judulnya. Belum lagi soal tampilan yang masih makek template orang lain. Saya pun nyoba mulai merancang design tampilan template yang mau saya buat sendiri. Kurang lebih hampir 3 minggu saya gak update tulisan hanya karna untuk menyelesaikan konsep baru ini.

Pada tanggal 5 Juni 2013 akhirnya saya pun sudah berhasil memiliki domain pribadi. Dan baru lah seminggu kemudian tepatnya tanggal 15 Juni 2013 saya berhasil menyelesaikan design template pertama saya C15 White Minimalist. Maka dihari itu jugalah saya mempublikasikan bahwa blog saya secara resmi berganti nama menjadi Chaidir’s Web dengan alamat WWW.CHAIDIR.WEB.ID

Tampilan Homepage Chaidir’s Web Versi Pertama

Tampilan Artikel Chaidir’s Web

Untuk tampilan pertama ini saya pun merasa memang masih banyak sekali kekurangan. Sebulan kemudian, akhirnya saya menemukan design tampilan yang lebih cocok dan bener-bener sesuai dengan konsep Chaidir’s Web yang saya inginkan. Tepatnya pada tanggal 11 Juli 2013, saya pun meluncurkan template C15 White V2 Black untuk saya gunakan sebagai identitas tampilan original milik Chaidir’s Web. Kurang lebih tampilannya seperti yang sekarang sahabat lihat.

Tampilan Homepage Chaidir’s Web Versi Kedua

Dan dimasa ini pula pada akhirnya saya mulai mengerti banyak hal tentang “Dunia Blogging“. Saya sudah mulai mengenal adanya komunitas lewat Facebook. Group pertama yang saya tahu waktu itu adalah Warung Blogger yang kebetulan tanpa disengaja saya di undang oleh Bang Dani Siregar untuk masuk kesana. Entah mengapa saya merasa ketemu dengan sebuah dunia baru yang belum pernah saya lihat sebelumnya. Dari sini pula saya semakin lebih bersemangat untuk mulai kembali belajar banyak hal. Intinya saya sadar ternyata banyak yang belum saya tahu, seperti apa agar saya bisa membangun Chaidir’s Web ini. Iyaa, walaupun itu harus saya lakukan sendiri secara OTODIDAK. Karna memang saya belum ada banyak kenal dengan teman-teman .

*****

Itulah dia masa-masa metamorfosis yang sudah saya lalui sepanjang tahun 2008 akhir sampai tahun 2013 sekarang.  Ternyata memang sudah cukup lama juga yaa saya berkecimpung di Dunia Maya seperti ini. Tapi walaupun begitu, saya pribadi baru mulai merasa menjadi seorang itu justru ketika saya sudah mulai bisa membuat tulisan-tulisan hasil karya saya sendiri. Bagaimana dengan sahabat??

Semoga tulisan ini bisa membuat kita, saya dan Sahabat pengunjung semakin lebih mengenal dan harapan saya bisa pula kedepannya menjalin persahabatan diantara sesama . Untuk kesimpulan tulisan ini saya rasa sahabat sudah bisa menyimpulkannya sendiri bukan?? Yuuk saling berkomentar saja agar kita bisa saling sharing dan lebih banyak berbagi pengalaman.

Keep Blogging!! Tetap Semangat Berkarya..

14 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Tampilan Desktop Windows 8 Icon Minimalis
Alasan Kenapa Saya Kembali Ingin Menjadi Seorang Blogger
Close