Zaman sekarang ini kayaknya yang namanya Facebook pasti udah pada gak asing lagi lah yaa. Karna udah pasti siapa aja pun dengan cuman bermodalkan gadget + Internet sudah bisa tuh nongkrong di jejaring sosial yang satu ini. Minimal HP pun udah bisa. Malah sekarang Facebook juga udah ada kan ngelencurin aplikasi yang bisa di download dan bisa dipakai untuk bermain Facebook dari perangkat Mobile. Seru donk?? Kayaknya sih. Karna menurut beberapa orang mungkin dan termasuk saya biasa-biasa aja tuh.

Nah, dalam kesempatan ini saya cuman pengen menyampaikan opini yang ada dipikiran saya dan sedikit sharing-sharing tentang kebiasaan orang di dunia Facebook. Daripada cuman nangkring di dalam pikiran saya mending lah saya coba untuk menumpahkannya ke dalam tulisan di blog ini. Yang pengen lanjut baca yuuk silahkan dibaca:

FENOMENAL “LIKE THIS”

Gambar yang dibawah ini baru aja saya dapet tadi nih. Makanya saya sampe jadi kepengen untuk buat tulisan ini. Heheheh… Sebelumnya maaf yaa buat nama temen-temen FB yang terlanjur tercantum di gambar berikut ini yaa. Tenang aja deh, saya cuman mau bantu promosiin secara GRATIS lhoh!!

Sahabat pernah gak dapet message yang beginian?? Atau malah sahabat termasuk salah satu pelaku fenomena ini yaaa?? Waaah… hayoo ngaku deeh. Hihihihi… Kalok gak juga gak papah kok! Bagus lah kalau gitu. Berarti kita satu pemikiran. Pemikiran apa emang?? Iyaa saya berpikir masih ngerasa aneh aja kalau ngebaca message dari temen-temen di FB yang isinya pada minta LIKE. Kasihan juga terkadang, tapi kok rasanya saya malah jadi gak tertarik pulak mau nge-LIKE kan statusnya. Buka Profilnya pun males. Hehehe.. Ketahuan deh jadinya saya.

Sampai sekarang saya juga belum tahu pasti sebenernya apa sih alasan mereka (Pelaku minta LIKE) sampai mau-maunya ngirim pesan ke orang-orang yang isinya cuman mau bilang Like. Kayak gambar yang pertama di atas gak jelas banget tuh isi pesannya. Coba deh perhatiin sob! Saya tanya “like apaan” dianya jawab “apa aja juga boleh”. Gak jelas banget tuh orang. Awak pun jadi bingung sendiri. Masih mending yang dibawah ini kan:

Si pelaku masih bilang bahwasanya yang mau di like itu Status’a. Masih banyak lagi nih beraneka macam bentuk pesan dari fenomena like this atau MINTA LIKE via message di Facebook. Boleh dilihat berikut ini hasil dari bongkar-bongkar message di FB saya:

Lucu-lucu yaa?? Hahahaha… Saya paling suka yang kalimatnya begini nih “cak agak disenggol stat waq thu” kreatif banget nih orang ngelawaknya. Minta disenggol-senggol pulak dia emang apaan yaa tuh statusnya?? Sayangnya saya gak sempet ngambil screenshot statusnya waktu itu, udah lama tuh soalnya. Yang baru sih yang pertama diatas tadi. Tapi saya sengaja emang gak mau nampilin statusnya disini, soalnya itu kan bagian dari profil pribadi pelaku masing-masing. Nah, kalau yang udah sampe masuk di message pribadi saya, iyaah saya rasa gak ada salahnya kan saya share disini.

Dari yang diatas tadi, dapat kita lihat sama-sama para pelaku MINTA LIKE ini ternyata dari kalangan wanita. Nah, yang bikin saya tambah herannya kok yang pria juga ikut-ikutan fenomena ini yaa?? Hehehe… Lihat faktanya berikut ini nih:

Yang paling saya suka kalimatnya yang kedua sob, “like yua ???” keren kali yaaa kayak anak alay gitu. Hihihi… Muji ini lhoooh jangan langsung negatif bro!

Nah, jadi dapat diambil beberapa fakta berdasarkan bukti-bukti diatas bahwa:

  1. Para pelaku fenomena like this atau MINTA LIKE ini menurut survey yang saya lihat ternyata 5 (lima) diantara 8 (delapan) orang pelaku adalah berasal dari kalangan Wanita.
  2. Dan 5 (lima) diantara 8 (delapan) orang pelaku menggunakan nama FB yang alay gimana gitu. Cuman 3 orang lah yang makek nama aslinya.
  3. Hampir dari semuanya gak saya kenal langsung orangnya kalaupun pernah kenal mungkin saya nya yang suka lupa (mohon diingatkan).

Itulah dia sedikit fakta yang bisa saya ambil dari kasus fenomena ini. Kalau menurut saya pribadi nih yaa, banyak atau sedikitnya like sebuah status itu kan cuman sekedar bentuk apresiasi orang yang ngelihat dan ngebaca status kita. Dan memang kalau saya perhatikan orang yang nge-like status itu pun juga punya berbagai macam sebab sehingga dia bisa sampai meng-klik tombol like di Facebook itu.

Ada yang karna ngerasa tuh status cocok degan perasaannya, ada yang ngerasa kata-katanya sesuai dengan yang kehidupannya, bisa juga karena tuh status lucu dibaca, menarik, buat penasaran, karna kasihan ngebaca curhatan di status, karna tertarik atau mengidolakan orang yang buat status, dan berbagai macam alasan lainnya lah. Kalau saya pribadi mau memberikan like di sebuah status itu karna saya ngerasa emang kata-katanya bermanfaat kalau gak untuk apa.

Kesimpulannya, kita gak mesti memaksakan orang lain atau mengajak-ajak orang untuk sekedar mau memberi like di status kita. Kalau emang pengen dapet banyak like iyaa buatlah status yang bermanfaat untuk dibaca orang lain pasti otomatis dateng sendiri tuh like dari mana aja yang gak kita kenal sekalipun. Cobalah kalau kita perhatikan banyak orang-orang bijak, tokoh motivator, pembicara handal atau semacamnya yang sering kita lihat setiap dia buat status seketika pula yang like dan comment bisa sampe ratusan, 1000an, bahkan beribu-ribu. Itu emang ada apa dia minta-minta?? Menurut saya nih, si pembuat status sendiri terkadang malah gak terlalu berharap untuk mendapatkan yang semacam itu di statusnya. Makanya tak heran begitu banyak pun yang comment toh yang buat status juga jarang ngasih respon atau jawaban. Karna emang dia cuman pengen sekedar bisa menyampaikan apa yang dia rasa bisa memberikan manfaat untuk orang lain yang ngebaca statusnya. Itu aja!!

Terlepas dari itu semua, maksud dari saya membuat tulisan ini bukan ingin menyatakan bahwa hal semacam ini salah atau benar, baik ataupun buruk!! Saya hanya ingin mernyampaikan opini yang saya rasakan saja. Toh emang LIKE di facebook ini sebenernya memiliki manfaat juga kok. Contohnya dari sini kita bisa lihat ada gak yang ngerespons status kita dan mungkin terkadang bisa membuat kita seneng kalau banyak yang nge-like juga sebaliknya bisa membuat sedih gak karu-karuan bagi yang berharap banyak dapet like eeh ternyata berminggu-minggu sekalipun statusnya gak tersentuh satu orang pun.

Sekian dulu deh uneg-uneg dari saya. Gimana dengan sahabat nih?? Pasti pernah ngalami hal yang begini kan?? Yuuk saling berbagi cerita lewat comment dibawah yaa..
Kalau ada yang tahu alasan munculnya fenomena semacam ini, saya tunggu lewat tulisannya. Seep??

Semangad Berkarya!! Salam Precious…

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.