cover-facebook-2015

Bagi setiap pasti selalu ingin membuat tampilan blognya agar terlihat menarik bukan? Iyaa, memang ini sudah menjadi hal yang biasa. Apalagi yang baru mengenal dunia blog. Bisa dikatakan disitu adalah saat-saat dimana seseorang lagi kemarok nya mencoba segala macam tampilan template blog. Pengen saja mencari template yang tampilannya “Waah”! Tujuannya pun beraneka ragam. Ada yang memang berjiwa design dan suka yang cantik-cantik dipandang mata. Tapi toh ada juga yang hanya supaya ingin dibilang keren sama temen nya.

Apapun alasannya bagi saya pribadi memang sebuah tampilan blog itu perlu kita buat menjadi menarik. Karna bagaimanapun juga pengunjung tentu akan lebih betah membaca isi tulisan di blog kita, jika memang tampilan blognya bagus dan menarik. Enak ketika dilihat mata sehingga pengunjung pun akan merasa nyaman berlama-lama membaca postingan kita.

Istilahnya sama seperti manusia. Baik pun tabiatnya tapi kalau dari penampilan saja sudah berserak tentu akan menjadi kurang meyakinkan. Dan sebaliknya, buruk pun tabiatnya tapi kalau dia bisa menyiasati dengan selalu berpenampilan rapi bersih dan menarik, orang-orang pun akan lebih yakin dan mau memberikan perhatian lebih kepadanya.

Modal Dasar Membuat Tampilan Blog Menarik

Untuk membuat tampilan blog menjadi terlihat menarik, sebenarnya kita tidak harus menguasai banyak ilmu tentang coding HTML maupun CSS. Karna template yang sederhana sekalipun tidak tertutup kemungkinan bisa dibuat menjadi menarik kok. Kuncinya hanya satu yang paling utama yaitu unsur keseimbangan setiap bagian yang diatur secara tepat!

Menurut saya hanya itu lah modalnya. Maka biasakan kalau mengelola tampilan blog itu jangan terlalu berlebihan. Gunakan komponen-komponen yang memang dirasa perlu saja. Idealnya sih saya lebih suka dengan tampilan blog yang formatnya dua kolom. Bagian entri dan sidebar. Kalau memang perlu tambahkan navigasi menu dibagian atas dan footer dibagian bawah. Sebenarnya itu saja sudah cukup.

Setelah proporsi bagiannya kita rasa sudah cukup oke, selanjutnya tinggal pengaturan warna dan style dari komponen-komponen tersebut. Ini juga penting, bisa dibilang ini adalah syarat kedua yang sangat perlu dipertimbangkan untuk menciptakan suatu tampilan blog yang menarik. Pemilihan warna yang tepat juga bisa memberikan kesan yang eye catching. Usahakan warna yang digunakan tidak membuat mata lelah, dan risih saat melihatnya. Kalau bisa buatlah suatu konsep untuk menciptakan karakter tersendiri agar blog kita lebih mudah diingat pengunjung.

Iklan Membuat Tampilan Blog Hancur

Saat blogwalking tak jarang saya menemui beberapa blog yang sudah terkontaminasi dengan Mata Dolar. Entah mungkin si empunya blog terlalu terobsesi ingin menjadi kaya dan pengen cepat-cepat uang dari aktifitas blogging. Sehingga blog nya pun terlihat sudah persis seperti pasar iklan. Yang kelihatan lebih dominan justru malah gambar-gambar ataupun animasi. Bukannya isi tulisan yang ditonjolkan. Saya rasa ini sangat perlu diperhatikan.

Memang kalau kita sudah kenal ilmu pasang iklan di blog, pasti banyak godaan. Tidak salah memang jika kita ingin memonetize blog kita dengan memasang iklan. Tapi iyaa tetap gunakanlah prinsip pertama tadi, atur keseimbangan tata letak blog dengan baik. Jangan sampai terlalu over deeh!! Ingat, disini yang saya maksud juga berlaku untuk widget-widget animasi dan sebagainya. Itu semua juga perlu diminimalisir. Karna perlu kita ketahui Robot Google saja lebih suka blog yang ringan.

Tampilan-Blog-Full-Iklan-Berlebihan
Ini gambar dari salah satu situs yang baru saja saya kunjungi.
Justru saya pikir yang seperti ini peluang orang klik itu cuman ngandalin orang yang keliru. Salah tekan atau klik karna bingung mau nyari tombol close nya dimana. Atau malah yang ada pengunjung kabur duluan sebelum melihat isi dari blog kita. Seperti saya. Hehehe.. Begitu jumpa dengan tipe blog-blog berpenampilan seperti ini mending saya langsung close aja deh tab browsernya. 
Saya rasa yang seperti ini masih mending:
Tampilan-Blog-Tetap-Menarik-Pasang-Google-Adsense
Tampilan beranda Sicupus Blog dengan posisi tata letak Iklan Google Adsense.
Terlihat lebih menarik bukan? Warnanya kebetulan juga sangat mendukung.

Tampilan Halaman Blog Menarik dan Elegan

Saya kemarin baru saja bereksperimen sekaligus sambil belajar untuk membuat tampilan blog Chaidir’s Web menjadi lebih menarik. Mungkin juga saya lagi terpengaruh untuk belajar konsep ala blogazine. Yaitu menampilkan beberapa style elemen yang berbeda-beda dari setiap halaman pada blog kita. Dan kali ini saya mencoba mengatur tampilan halaman statis About. Bisa dibilang saya mulai kepikiran ide ini pun karna kemarin saya ada melihat-lihat website profesional yang keren tampilannya. Seperti berikut ini:

Google-Tampilan-Blog-Menarik-dan-Elegan
 Tampilan Halaman Statis Google Mail.

Halaman-Statis-Yahoo-Tampilan-Blog-Menarik
Tampilan Halaman Statis Yahoo Mail.

Atau silahkan coba lihat juga tampilan halaman statis dari situs Microsoft, WordPress dan Tumblr. Konsep nya hampir sama seperti yang dibuat oleh Google dan Yahoo.

Bagaimana cantik dan menarik bukan? Saya suka konsep halaman statis website tersebut karna menggunakan gambar sebagai background tampilannya. Jadi terkesan seperti sedang berada di layar Desktop kita sendiri. Istilahnya kan kita sering memakai wallpaper atau desktop background gitu. Nah, yang menariknya lagi itu gambarnya menggunakan efek blur. Sehingga tampilan nya pun menjadi seperti lebih hidup. Ini menurut saya saja sih.

Dan berikut ini tampilan halaman statis versi Chaidir’s Web yang sudah berhasil saya buat:

Tampilan-Blog-Menarik-Halaman-Statis-About
Lihat langsung versi aslinya di halaman About (Tentang)

Semoga tulisan Cara Membuat Tampilan Blog Menarik ini bisa sedikit memberikan pencerahan bagi sahabat-sahabat , agar kita bisa lebih belajar lagi memaksimalkan performa tampilan blog yang kita kelola. Selain bisa menjadikan blog kita terlihat keren oleh pengunjung, tampilan yang maksimal tentu juga akan menjadi karakter tersendiri yang unik..

Keep Blogging!! Tetap Semangat Berkarya Sahabat..

35 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Belajar Buat Animasi Bergerak Lucu Spontan
Sekolah Tanpa Masa Depan, Audio Deddy Corbuzier
Close