cover-facebook-2015

tampilan-desktop-windows-8-bagusnya-tanpa-icon-shorcut

Seperti yang kita tahu bahwa tampilan Windows 8 sangat berbeda jauh dengan versi yang sebelumnya. Di versi yang sekarang terlihat desain yang digunakan sangat minimalis. Keren memang. Dan mungkin pun era desain flat bermula dari munculnya si Windows yang satu ini. Entahlah saya gak begitu memperhatikan perkembangan yang pastinya. Tapi iyaa saya pribadi juga sangat suka model desain yang flat minimalis seperti yang digagas oleh Windows 8.

Pilihan warna yang disediakan juga sangat enak dipandang mata. Begitu pun dengan susunan tata letak interface-nya. Gak ribet dan terkesan rapi. Penggunaan font keluarga Sans-serif juga sangat sesuai dengan konsep desain seperti ini. Iyaah, pokoknya rata-rata kita sebagai pengguna pasti merasa nyaman lah kalau dilihat dari segi mata memandang. Iyaa kan?

Nah, ada satu hal yang saya pikir perlu juga diperhatikan oleh pengguna Windows 8. Walaupun mungkin gak begitu penting, tapi iyaa untuk tetap mendapatkan kesan minimalis saya rasa ini perlu.

Minimalkan Penggunaan Icon Desktop

Hal yang pertama adalah sebaiknya penggunaan icon pada desktop lebih diminimalkan. Ukuran yang kecil saya rasa lebih bagus. Dan gak perlu banyak-banyak lah. Saya sendiri menggunakan trik khusus untuk membuat tampilan icon di desktop agar lebih pas dengan desain minimalis Windows 8 ini. Mungkin di postingan berikutnya akan saya share seperti apa caranya.

Yang jelas kalau bisa tampilan di desktop gak usah terlalu semak lah. Terkadang ada saya lihat laptop temen yang di desktopnya terlalu banyak shorcut-shortcut program yang entah memang penting atau tidak. Kalau memang gak penting atau jarang dipakek mending tuh shortcut dihapus aja deh. Kan kita udah punya Start Screen. Saya rasa kalau kita letakkan daftar program favorit disana akan lebih baik.

Berikut ini cuplikan tampilan desktop saya pribadi (saat ini).

penggunaan-icon-desktop-windows-8-minimalis

Saya menggunakan ukuran medium untuk icon di desktop. Cara mengubah ukurannya tahu kan?

Klik kanan > View > Medium Icons

Eh, itu iconnya kok agak beda yaa tampilannya?

Iyaa memang. Itulah yang tadi saya bilang saya punya trik khusus untuk membuat tampilannya supaya bisa begitu. hehehe..

Gunakan Background Wallpaper Keren

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah background. Supaya kesan desain minimalis Windows 8 tetap oke, baiknya kita perlu menyesuaikan wallpaper yang pas juga. Kalau Anda orangnya memang narsis yaa sah-sah aja sih pasang foto wajah Anda yang keren. Tapi kalau saya orangnya gak pedean lihat kegantengan mukak saya sendiri. Jadinya mending saya pasang wallpaper seperti gambar diatas.

3 Macam kriteria wallpaper yang sering saya pasang adalah :

  1. Gambar promo produk atau tampilan website saya
  2. Gambar yang berefek blur / bokeh
  3. Gambar ilustrasi dengan desain yang flat

Kalau kriteria Anda yang gimana?

Oh yaa, untuk background saya setting dengan pilihan fill. Jadi gambar yang terpasang akan melebar memenuhi ukuran layar. Kalau perbandingan tinggi dan lebar gambarnya gak pas, dia akan menyesuaikan dengan layar tapi skala gambarnya tetap. Kalau Stretch skala gambarnya berubah, jadi jelek kelihatannya.

Klik kanan > Personalise > Desktop Background > Picture Position > Fill

Oke, saya rasa sekian dulu tips hari ini. Sebenarnya masih banyak lagi trik-trik lain yang bisa digunakan untuk memodifikasi tampilan Windows 8. Mudah-mudahan tips sederhana diatas juga bisa menjadi inspirasi atau ide buat sahabat. Biar tampilan laptopnya bisa makin keren, dan makin nyaman digunakan.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

Komentar PERTAMAX! pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Penting! 5 Tips Belanja Online Akhir Tahun
Belajar Buat Animasi Bergerak Lucu Spontan
Close