Kegiatan awal tahun ajaran baru di Politeknik Negeri Medan telah dimulai dengan penerimaan mahasiswa baru. Pada tahun ini, peminat yang ingin masuk ke Politeknik Negeri Medan sangat jauh meningkat dari tahun-tahun sebelumnya. Jumlah pendaftar seleksi mencapai 10.000-an orang dengan jumlah yang diterima hanya 2025 orang saja. Tahun lalu Politeknik Negeri Medan yang akrab dipanggil POLMED hanya menerima mahasiswa baru dengan jumlah 1500-an orang saja. Ini merupakan sebuah peningkatan prestasi bagi POLMED yang patut dipertahankan.

Setelah calon mahasiswa baru diseleksi saat pendaftaran proses selanjutnya yang akan dilewati adalah kegiatan P2MB (Pengenalan & Pembekalan Mahasiswa Baru) yang mulai diadakan dari tanggal 10-15 September 2012. Tahun sebelumnya kegiatan diadakan di Markas Satuan BRIMOB, akan tetapi pada tahun ini dilaksanakan di Politeknik Negeri Medan. Kegiatan P2MB ini merupakan syarat wajib yang harus diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang akan bergabung dalam keluarga besar Politeknik Negeri Medan. Karena sudah dibuat aturan sebagai syarat untuk dapat melakukan wisuda. Dan tujuan diadakannya P2MB itu sendiri adalah untuk membekali pengetahuan dan sikap mental disiplin yang tinggi dalam jiwa setiap mahasiswa baru. Ini adalah juga merupakan suatu ciri khas yang dimiliki oleh POLMED karena berkomitmen dalam menegakkan kedisiplinan menjadi yang nomor satu. POLMED bekerjasama dengan Satuan BRIMOB dalam melaksanakan kegiatan P2MB ini. Sehingga kegiatan yang dilaksanakan benar-benar bukan kegiatan yang main-main karena langsung dibina oleh rekan-rekan dari Satuan BRIMOB.

Dalam acara P2MB ini kasat Brimob polda Sumut Kombes Pol. Drs. Setyo Boedi MH, M.Hum bertindak sebagai penanggung jawab latihan yang dibantu oleh Wakasat Brimob sebagai Pengawas Latihan dan sebagai koordinator latihan dipimpin oleh Kasi Ops Sat Brimob polda Sumut serta dibantu oleh para kasi Sat Brimob Polda Sumut. Sementara AKP Kristian Sianturi, S.sos (Kasi Kesjas Sat Brimob Polda Sumut) bertindak sebagai Komandan Detasemen yang dibantu oleh pejabat Danyon dan Danki yang terdiri dari 82 personil Bintara gabungan sejajaran Sat Brimob Polda Sumut.

Pada hari Jumat (7/9/12) POLMED sudah mulai diramaikan oleh mahasiswa baru yang diagendakan untuk mengikuti pengumaman dari Panitia P2MB. Seluruh mahasiswa baru dikumpulkan di Gedung Serbaguna dan diberikan pengarahan tentang persyaratan dalam melaksanakan P2MB. Salah satu bagian dari persyaratan seperti, rambut mahasiswa laki-laki harus 0-1-0 (dibotak). Peserta yang berjumlah 2025 mahasiswa–mahasiswi Politeknik Negeri Medan dibagi menjadi tiga Detasemen (setingkat batalyon) yang terdiri dari empat Subden (kompi) dan masing-masing kompi terbagi lagi menjadi empat pleton. Masing-masing di arahkan oleh Personil Sat Brimob Polda Sumut sebagai Instruktur serta didampingi oleh Kakak – kakak Seniornya sebagai Pembina bagi peserta P2MB ini.

Pada hari Sabtu (8/9/12) mahasiswa baru harus hadir paling lama pukul 7.00 WIB di POLMED. Dengan menggunakan pakaian baju putih polos, celana hitam keper dan sepatu hitam polos bertali. Kegiatan masih dilakukan di Gedung Serbaguna dan seluruh mahasiswa dibariskan sesuai dengan kelompok dari masing-masing pleton mulai dari detasemen A, detasemen B dan detasemen C. Selanjutnya, pengarahan dari perwakilan POLMED yaitu, Pudir 1, Pudir 3, dan dosen pembimbing P2MB. Kemudian pengarahan dari kakak-kakak panitia P2MB yang menjelaskan syarat-syarat dan aturan P2MB. Mahasiswa diwajibkan membawa tas goni ransel yang dibuat dengan kreasi sendiri, badge nama, kaleng minuman yang digantungkan disebelah samping kanan kiri tali pinggang yang harus dari tali plastik, dan kemudian menggunakan kaos kaki warna masing-masing detasemen di sebelah kanan dan putih di sebelah kiri serta tali sepatu juga harus menyesuaikan dengan warna detasemen. Untuk detasemen A warna hijau, detasemen B warna merah, detasemen C warna orange. Selama kegiatan P2MB peserta wajib hadir mulai pukul 5.30 WIB sampai pukul 18.00 WIB. Sebelum pulang seluruh mahasiswa menuju lapangan untuk gladi resik upacara pembukaan.

Hari pertama P2MB dimulai pada hari Senin (10/9/12), suasana di depan pintu 4 gerbang USU sudah mulai diramaikan oleh mahasiswa baru POLMED mulai pukul 5 pagi. Para peserta P2MB harus menyiapkan perlengkapan yang sudah ditetapkan sebelum memasuki jalan menuju POLMED. Para kakak-kakak senior sudah berada di pos masing-masing untuk mengawasi para peserta P2MB. Peserta dibariskan dengan rapi mulai dari jalan pintu 4 hingga sampai di Gedung Polmed. Peserta dibedakan jika kedapatan ada yang tidak membawa perlengkapan sesuai peraturan. Bagi yang sudah tertib dibariskan menuju lapangan POLMED untuk melakukan kegiatan Upacara Pembukaan P2MB. Masing-masing pleton dibariskan pada tempatnya dengan rapi dipimpin oleh masing-masing kakak pleton (Kaplet) yang menjadi kakak asuh peserta P2MB.

Setelah P2MB resmi dibuka oleh Direktur Politeknik Negeri Medan, maka kegiatan sudah dapat dilakukan. Setiap peserta dibimbing oleh Kaplet masing-masing untuk meneriakkan yel-yel yang penuh semangat sehingga membuat suasana menjadi ceria. Dalam kegiatan P2MB tidak dibenarkan adanya unsur-unsur kekerasan dalam membimbing setiap peserta. Semuanya dilakukan dengan aturan disiplin yang tegas naun dengan cara yang menyenangkan dan semangat. Seluruh peserta diajak untuk dapat mengenal peserta lainnya juga para kakak-kakak senior tanpa ada perbedaan. Peserta P2MB harus benar-benar aktif dalam melakukan setiap apa yang diperintahkan oleh kakak seniornya. Karena selama kegiatan setiap nama akan dipantau, jika peserta tidak disiplin dan aktif maka namanya akan ditandai. Apabila peserta terlalu banyak melanggar aturan maka akan dikeluarkan dari kegiatan P2MB dan harus mengulang tahun depan.

Pengenalan dan Pembekalan ini diisi dengan beberapa kegiatan seperti Baris berbaris, ceramah kejuangan, ceramah hukum dan penyuluhan tentang bahaya penyalahgunaan Narkotika dan sex bebas, yang dimaksudkan sebagai latihan pembentukan dan pembinaan mental serta  disiplin khususnya bagi mahasiswa – mahasiswi Politeknik  Negeri Medan untuk bisa memahami mana yang baik dan mana yang tidak baik, sehingga para Akademisi ini nantinya  tidak melanggar ketentuan dan peraturan serta  bisa menyelesaikan perkuliahan tepat pada waktunya.

Berikut beberapa dokumentasi selama kegiatan:

Akhirnya pelatihan ini ditutup secara resmi oleh Pudir III Delisma Siregar, ST, MT di lapangan apel Kampus Politeknik Negeri Medan pada hari jumat (14 September 2012) pada pukul 18.00 wib, yang pada amanatnya beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat kepada para Instruktur dan peserta Pelatihan atas terlaksananya kegiatan ini, dan disampaikan pula bahwa kegiatan lokal selanjutnya akan dimulai pada tanggal 15 september dengan tema “Ramah tamah bagi orang tua dan mahasiswa” yang pada tanggal 17 september mendatang akan mengawali perkuliahan, serta kegiatan sosialisasi FKMP dan orientasi DPM, BEM, UKM & HMPS. Sebagai akhir dari Pelatihan ini, Setelah para peserta P2MB melaksanakan upacara penutupan, maka dilanjutkan dengan Peragaan Latihan yang diawali acara Parade / gelar kekuatan pasukan peserta Latihan P2MB Tahun 2012.

Bagi saya pribadi, kegiatan P2MB ini sangat menyenangkan dan benar-benar bermanfaat untuk membangun kedisiplinan diri juga wawasan dalam sosialisasi dan mengenal lingkungan Politeknik Negeri Medan. Sedikit saran masukan saya untuk kakak-kakak panitia, rangkaian kegiatan acara harus lebih diperhatikan lagi setiap detailnya sekecil apapun. Karena jika ada jeda waktu kosong akan membuat peserta bingung dan bosan. Ada baiknya kegiatan yang seperti ini harus tetap berjalan kontiniu dari tiap agenda sesuai rencana yang sudah dibuat. Kemudian untuk setiap kakak pleton, saya sangat berharap tidak ada perbedaan materi antar pleton yang satu dengan yang lainnya. Akan lebih baik jika pelaksanaan agenda atau materi yang dilakukan di satu pleton juga harus bisa dilaksanakan di pleton-pleton yang lain. Harapan saya melalui kegiatan ini, para peserta P2MB sebagai mahasiswa baru dapat benar-benar terlatih secara mental dan bisa terus bertahan hingga kedepannya. Mari sama-sama kita menjadi mahasiswa yang berwawasan luas, berdedikasi tinggi dan dapat berprestasi hingga tingkat dunia.

Hidup MAHASISWA!! Politeknik JAYA!!

5 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Saatnya Mulai Belajar Internet Marketing
Mencontek Karya Orang Lain, Stop Plagiarisme!
Close