penerus situs setelah anda tidak ada

Ini adalah sebuah pertanyaan yang menarik menurut saya. Jadinya saya kepikiran untuk jadikan pertanyaan tersebut sebagai ide untuk menulis di blog curhat saya ini. Kira-kira menurut Anda, siapa yang ngurus web hosting dan domain situs Anda setelah nanti Anda mati atau meninggal dunia? Hayoo.. coba Anda jawab!! Jadi apakah lebih baik menurut Anda, untuk menggunakan hosting GRATISAN katakanlah seperti layanan blogspot.com?

Iyaa memang meskipun layanan seperti blogspot.com tidak mengenakan biaya apapun kepada penggunanya, tapi bukan berarti platform blogger satu ini akan bertahan selamanya. Tidak ada garansi sama sekali blog Anda akan aman disana. Tidak ada yang bisa jamin blogger akan terus ada untuk seterusnya. Lah, dulu pas zaman-zamannya aktif Friendster apa kita tahu bahwa situs itu kemudian akan tutup? Gak ada yang tahu.

Semua Situs di Internet Ada Kemungkinan Tutup

Artinya setiap teknologi start up di Internet itu tetap ada persaingan yang mungkin saja bisa saling menjatuhkan. Seperti Facebook, bukan tidak mungkin suatu saat juga akan tutup kalau misalkan ada social media lain yang lebih ampuh menurut pengguna internet di dunia. Yang lebih menyenangkan dan powerfull fiturnya. Anda yang walaupun masih pengen maen facebook, yang masih punya akun disana, mau tidak mau suka tidak suka harus angkat kaki juga kan?

Saya gak tahu apa gambaran diatas cocok atau tidak. Yang jelas selama kita itu masih menumpang dengan orang lain, tetap saja sudah jadi kodratnya kita tidak bisa memegang kendali penuh. Kita gak bisa berbuat apa-apa sesuai maunya kita. Kalau yang punya sudah marah, iyaa kita pun cuman bisa nurut aja meskipun kita gak suka.

Pemilik Toko Online tapi Hostingnya Milik Orang Lain

Pernah waktu itu saya melihat salah seorang Internet Marketer yang menawarkan proposal kerjasama untuk membuat toko online di Internet. Anda yang berminat buka situs toko online, akan dibantu sepenuhnya dengan dia. Mulai dari beli hosting, maintenance situs, sampai gimana caranya buat situs Anda bisa punya banyak trafik dari Google, semua akan dihandle. Tugas Anda hanya kelola produk dari toko online tersebut. Anda yang melayani proses jual beli dan segala macamnya. Situs tidak usah Anda khawatirkan. Yang penting Anda bayar saja sekian persen dari penghasilan per bulan.

Rasanya penawaran kerjasama seperti itu cukup fair bukan? Mau gimana pun juga setiap toko online pasti butuh biaya hosting dan segala macam. Belum lagi jika kita harus berpromosi dengan iklan, tentu perlu biaya juga. Dan semua biaya tersebut sudah digabungkan menjadi satu paket kerjasama bersama seorang Internet Marketer yang sudah handal. Biayanya juga mungkin tak seberapa dibanding omzet Anda dari toko Online tersebut. Enak kan?

Hanya saja satu yang menurut saya tidak mengenakkan adalah bahwa toko online tersebut tidak sepenuhnya kita pegang. Kita tidak punya akses untuk situs kita tersebut secara Backend. Kita hanya pemilik dari segi Frontend saja. Sewaktu-waktu kalau si pemegang hosting marah, dia hapus toko online-nya Anda mau bilang apa? Atau misal toko online Anda dilarikan? Heheh.. (misal doang kok)

Sama juga seperti Anda punya akun di situs-situs Market Place online, misal tokopedia, lazada, kaskus. Memang sih Anda bisa jualan disana, tapi yang punya kan tetap saja orang lain. Walaupun memang ada hubungan saling menguntungkan yang terjadi disana.

Intinya sih saya agak gak begitu suka kalau saya punya situs itu tapi gak sepenuhnya dibawah kendali saya sebagai pemiliknya. Apalagi kalau situs itu sudah dimonetasi atau sudah menjadi situs yang menghasilkan uang. Rasa-rasanya kita perlu akses penuh untuk membangun situs tersebut ke arah yang kita inginkan.

pikirkan situs anda punya omzet miliaran

Pikirkan Suatu Saat Situs Anda Omzetnya Milliaran

Mungkin saya nya yang terlalu agak lebay kali yaa. Toh gimana pun juga kalau dipikir-pikir kita tetap untung. Paling tidak untung untuk saat ini. Tapi entah kenapa saya selalu berpikir seolah-olah gimana kalau nanti suatu saat situs saya sudah besar. Situs saya sudah punya trafik yang sangat tinggi. Situs saya sudah punya omzet yang miliaran. Misal!

Apa iyaa saya akan tetap bertahan dengan layanan GRATIS? Apa iya saya tetap bertahan dengan kontrak bersama orang lain. Gak salah sih memang kita kerjasama dalam bisnis. Tapi lebih bagus karna kita yang pemiliknya, kita yang atur situs tersebut mau dibuat gimana. Anda kan bisa sewa orang sebagai karyawan untuk ngurusin situsnya kalau Anda gak sanggup.

Jadi begitu juga dengan pertanyaan diawal paragraf ini. Jika dibandingkan antara web hosting berbayar dengan web hosting gratisan tetap saja yang lebih baik menurut saya itu yaah yang berbayar. Karna kita bisa kontrol penuh akses web hosting tersebut. Sekalipun memang sebenarnya tetap saja web hosting itu dipegang oleh orang lain sih. Kecuali Anda bangun server sendiri. Hehehe..

Bukan berarti karna itu web hosting berbayar, seolah-olah Anda sendiri yang punya. Gak juga. Apalagi kalau itu jenis Shared Hosting. Kalau Anda tahu sebenarnya hosting seperti itu digunakan untuk bersama-sama oleh yang bayar hosting lainnya dalam satu IP server.

Cuman kalau dibandingkan dengan layanan yang bisa dibuat, jelas yang gratisan itu selalu terbatas!

Entahlah, apapun alasan Anda saya yakin setiap orang punya tanggapan yang berbeda-beda.

Semua Orang Mau Ngurus Situs yang Ada Uangnya

Lalu bagaimana jika nanti Anda sudah meninggal?
Siapa yang akan urusin situs-situs Anda?
Siapa yang akan perpanjang bayar domain Anda?
Siapa yang mau bayar hosting Anda?

Sangat gampang!! Anda punya anak kan? Iya sudah wariskan saja. Itu sama halnya dengan misal Anda punya perusahaan besar, lalu Anda meninggal. Apa perusahaan tersebut juga akan tutup dan bangkrut seketika? Iya tutup, kalau perusahaan Anda masih cuman Anda sendiri yang kelola. Kalau sudah ada sistemnya, ada karyawannya, ada penerus-penerus Anda yang juga sama hebatnya dengan Anda, berarti perusahaan tersebut tetap akan terus berjaya meski Anda sudah tidak ada.

Jadi, iya sama halnya dengan situs yang Anda pegang saat ini. Coba pikirkan kalau nanti situs Anda sudah punya penghasilan $$$ yang lumayan. Situs Anda sudah bisa kasih uang jutaan rupiah untuk Anda pemiliknya. Siapa coba yang tidak mau dikasih warisan seperti itu? Meskipun cuman disuruh pegang situs doang. Tapi kalau udah ada uangnya semua juga mau.

Dan sangat kecil sekali pemikiran Anda, kalau sejauh ini Anda masih berpikir bahwa situs itu hanya bisa jalan dengan Anda urusin terus-terusan. Saya malah kepikir suatu saat saya bisa jalan-jalan dari situs-situs saya. Meski saya tinggal tapi situs saya tetap bisa menghasilkan uang dengan sendirinya. Saya cuman cukup awasi dan maintenance doang.

Seberapa Berharga Situs Anda di Masa Depan?

Intinya sih, Anda tidak usah khawatir. Meskipun nanti Anda sudah tidak ada lagi. Kalau situs yang Anda bangun selama ini bisa bermanfaat untuk orang lain dan Anda ingin situs Anda tetap ada sepanjang masa. Mulai sekarang Anda dan saya harus berusaha supaya situs kita bisa menghasilkan. Bukan cuman sekedar pajangan. Setidaknya ada yang bisa didapat dari situs ini kelak. Jadi siapapun yang kita suruh pegang atau wariskan nantinya tidak merasa keberatan dan dengan sepenuh hati untuk meneruskan apa yang jadi tujuan kita.

Kalau blog atau situs kita masih belum ada manfaatnya, buat apa diterusin kan? Justru malah bagus kalau situsnya mati juga. Biar nanti ada orang lain yang lebih cerdas yang bisa buat situs domain Anda tersebut jadi lebih berharga untuk dirinya dan orang lain.

****

Oke, itu lah sekedar pemikiran saya tentang situs dan hosting berbayar. Saya gak tahu apa tulisan ini menurut Anda benar atau salah. Atau mungkin yang saya tulis terlalu mengada-ngada. Yang jelas itu yang ada dipikiran saya saat ini. Entah gak tahu nanti atau besok atau tahun depan gimana.

Kalau menurut Anda gimana?? Tinggalkan jawaban versi Anda di kolom komentar yaa.
Dan misalkan Anda suka dengan tulisan saya, silahkan Subscribe via email lewat kotak formulir yang ada di bawah tulisan ini.

Sampai Jumpa!!

Sumber Gambar: blogger, Money

13 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Rahasia Terbesar 7 Hukum Alam ala Tung Desem Waringin
Cara Membuat Gambar Slide Berlanjut dengan Klik
Close