cover-facebook-2015

Tulisan ini lanjutan dari cerita “Memilih Jurusan di SMK

Siapa bilang rencana yang buruk maka hasilnya pun buruk?? Siapa bilang jika kita merasa gagal diawal maka pada akhirnya kita tidak bisa lagi meraih kesuksesan?? Siapa bilang segala apa yang kita inginkan harus berjalan sesuai dengan rencana yang sudah kita persiapkan?? Bukankah masih ada sang Maha Pencipta yang lebih mengerti keinginan kita. Hanya Allah lah yang Maha Segalanya lah yang Maha Tahu yang terbaik untuk kita. Jika kita meminta hanya kepadaNya, percayalah Allah itu Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Dengan usaha yang maksimal, tentu kita akan diberikanNya pula hasil yang lebih maksimal dari yang kita harapakan. Persis seperti firman Allah pada surat Al-Baqarah ayat 216.  :-)

Setelah saya melewati masa-masa di SMK selama 3 tahun mulai dari 2009 sampai 2012, saya ternyata malah mendapatkan pengalaman yang sungguh diluar dari apa yang saya harapkan. Bahkan sepertinya tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Sungguh syukur Alhamdulillah, Allah itu memang sungguh Bijaksana. Yang diawal saya sudah merasa hampir merasa putus asa berada di SMK Negeri 5 Medan, ternyata saya baru sadar mungkin memang disinilah tempat terbaik untuk saya. Coba kalau waktu itu saya jadi pindah ke Sekolah Swasta atau SMK Negeri lainnya hanya untuk mengejar keinginan saya masuk dijurusan Elektronika. Mungkin saya tidak akan merasakan pengalaman-pengalaman seperti berikut ini:

Menjadi Seorang Aktifis Organisasi

Mungkin memang karna di SMP saya juga sudah banyak belajar aktif sebagai Wakil Ketua OSIS. Tanpa saya rencanakan diawal, ternyata di SMK pun saya kembali berkecimpung di dunia Organisasi. Dan anehnya saya yang bisa terbilang pendiam waktu itu, bisa dipercaya menjadi Wakil Ketua OSIS saat masih berada di kelas 1 SMK. Kemudian diamanahkan menjadi Ketua Panitia Peringatan Maulid Nabi. Dari situ lah mungkin awal karir saya hingga sampai seterusnya dipercaya menjadi Ketua OSIS SMK Negeri 5 Medan periode 2010/2011. Banyak sekali yang saya alami dari situ. Yang jelas bukan pengalaman biasa tapi banyak pelajaran-pelajaran baru yang belum pernah saya dapat sebelumnya.

Bagaimana saya bisa memanage anggota dengan baik, apalagi diawal saya juga harus bisa memimpin anggota yang secara tingkatan lebih senior diatas saya. Itu menjadi tantangan tersendiri. Mengadakan event dan acara, berhubungan dengan guru-guru dan kepala sekolah. Juga dituntut harus menguasai ilmu public speaking yang baik pula. Belum lagi soal mengatur keuangan. Saya tentunya harus bisa mengelola seperti apa pengeluaran yang baik tanpa harus rugi dengan dana yang sangat minim. Dan banyak lagi, seperti mendapat kenalan. Bahkan saya juga aktif diluar, seperti menjadi Ketua 1 Forum Anak Medan tahun 2010. Intinya, benar bahwa Organisasi itu kalau kita benar-benar serius menjalankanya dampaknya sungguh sangat besar untuk membentuk Karakter Kepribadian yang baik didalam diri kita.

Bisa Masuk acara TVRI

Wiiih.. Belum pernah terpikir oleh saya sebelumnya bisa masuk TV lhooh. Eh ternyata waktu itu ada kesempatan karna sekolah kami SMKN 5 bersama SMKN 3 dan SMKN 2 diundang ke salah satu acara Talkshow di stasiun TV Swasta TVRI.  Perbincangannya iyaa seputar dunia pendidikan SMK. Soalnya kan pemerintah waktu itu lagi hangat-hangatnya mempromosikan kepada masyarakat seperti apa sih sebenarnya SMK itu. Dan saya bersama tiga orang pengurus OSIS lain pun diajak untuk ikut bersama Kepala Sekolah Bapak Drs. Maraguna Nasution, M.AP. Acaranya malam hari. Waah, saya sebenarnya agak norak juga lhooh waktu itu. Tapi kesannya sih pura-pura biasa aja sama temen-temen padahal dalam hati heboh juga. Hehehe.. ^_~)> Saya pun sambil diam-diam terus aja ngabarin orang rumah untuk stay tune nungguin saya tampil di TV. Perasaan artis aja yaa.

Eeh, ternyata setiba di studio rupanya kami-kami yang pengurus OSIS cuman diundang sebagai penonton. Yang ngomong di depan cuman Kepsek nya doang. #jleeeb.. Gak jadi deh masuk TV. Eittss.. Tenang saya masih punya akal. Karna acara Talkshow itu wajib ada sesi tanya jawab, naah disitu deh saya manfaatin untuk bertanya. Hahaha.. Akhirnya masuk deh di TV. Sengaja saya nanyanya agak berbelit-belit kesono kemari supaya agak lamaan dikit gitu disorot kameranya. Keren kan sob??

Sayangnya video rekamannya entah kemana jadi gak bisa deh saya masukin disini. Dan gak sempet pula mau ngambil foto-foto waktu itu.

Bisa sampai ke Kota Jakarta dan Bandung

Nah, ini yang lebih seru lagi sahabat. Jujur saya belum pernah kepikiran waktu itu untuk bisa ngerasain gimana enaknya naik Pesawat dan terbang ke luar kota. Ckckck.. Kesian kali yaa.. Tapi untunglah ini mungkin salah satu hikmah yang paling luar biasa yang patut saya syukuri. Waktu itu Direktorat Jenderal Pendidikan SMK bersama Kementerian Pendidikan mengadakan suatu program pendidikan khusus untuk siswa-siswi SMK se-Indonesia. Namanya “Pendidikan Karakter Bangsa” dan terbagi menjadi beberapa angkatan. Setiap angkatan akan dikumpulkan beberapa pelajar utusan dari setiap sekolah di beberapa wilayah kota-kota yang sudah ditentukan. Alhamdulillah saya mendapat amanah untuk menjadi utusan dari SMKN 5. Waaah.. Senengnya bukan main. Pasalnya saya waktu itu padahal lagi mau PKL lhooh. Atau Praktek Kerja Lapangan di industri selama 3 bulan. Coba bayangkan kalau kabar ini datang setelah saya masuk PKL bisa-bisa bukan saya yang diutus. Padahal saya masih sebagai Ketua OSIS masak iya orang lain yang dapat.

Suatu kebanggaan setiba disana saya sempat menjadi salah seorang yang dipilih untuk mewakili peserta putra dalam acara penyemetan tanda peserta disaat pembukaan acara tersebut. Dan saya waktu itu bersama perwakilan peserta putri yaitu pelajar dari SMK di Jakarta. Pendidikan ini orientasinya persis seperti pendidikan militer. Tempatnya aja gak enak banget sebenarnya. Di Asrama Secapa TNI-AD Bandung. Kirain ke Bandung bisa Have Fun gitu nginap di hotel. Ternyata setiba disana kami seperti dimasukin ke karantina selama 3 hari. Persis seperti anak ayam yang gak bisa keluar kemana-mana harus selalu nurut ngikutin kemana aja induk ayamnya pergi. T_T

Tapi toh bagaimana pun kerasnya pendidikan saat itu, saya tetep bangga + bahagia dan seneng banget bisa ngerasainnya. Apalagi perasaan saat orangtua saya setia mengantar dan menjemput di bandara. Walaupun saya belum bisa mengajak mereka, saya tahu pasti mereka juga seneng melihat anaknya bisa pergi jalan-jalan naik pesawat. Setidaknya rasa bangga itu pasti ada bagi kedua orang tua. Hehehe.. :’) Cuman mamak saya itu orangnya pendiam sih jadi gak mau bilang yang kayak begituan. Di saat itu sebenarnya saya pun berkata didalam hati, “Suatu saat kamu harus bisa dir, ngajakin kedua orang tua kamu merasakan kesenangan yang sama seperti yang udah kamu rasain saat ini!!”

Iyaa, walau bagaimana pun semua keberhasilan atas setiap impian-impian yang bisa saya peroleh sampai saya lulus dari tingkat Sekolah Menengah itu, pasti tidak lepas dari izin, doa dan semangat dari kedua orang tua saya juga. Makasih yaa, Mak!! Makasih juga buat Ayah!! :’)

— FINISH —

Nah, mungkin tiga hal itu sajalah yang bisa saya ceritakan sebagai pengalaman terindah dan sangat berkesan yang pernah saya alami sewaktu masih di masa-masa SMK dulu. Sebenarnya masih banyak sih cerita-cerita lainnya yang juga seru. Tapi saya takut ntar tulisan ini jadi makin kepanjangan dan sahabat yang bacanya pun malah jadi bosan.

Seperti akhirnya saya pun bisa melanjut kuliah GRATIS dengan dibiayai program Bidikmisi, tentu didalam prosesnya tidak terlepas dari terlibatnya SMKN 5 Medan sebagai perantara sekolah saya. Alhamdulillah saya juga berhasil menjadi Juara Umum di Teknik Listrik tersebut dan beberapa kali selalu menjadi peringkat pertama saat Try Out menjelang UN. Siapa sangka coba?? Padahal saya itu awalnya salah jurusan lhooh. Untuk praktek dibidang Listrik juga bisa dikatakan saya masih bisa unggul dari teman-teman yang lainnya. Sebenarnya saya ingin sekali bisa menaklukan ajang bergengsi LKS (Lomba Keterampilan Siswa) se-Tingkat SMK. Tapi karna beberapa hal saya tidak bisa ikut serta disana. Yaa sudahlah.

Berikut ini dia beberapa dokumentasi yang masih saya simpan sebagai kenangan semasa SMK dulu.

Dari pengalaman di SMK pula akhirnya saya bisa berhasil membentuk sebuah Event Organizer. Yang sudah berhasil mengundang pembicara dan Trainer Motivasi dari dalam maupun yang berasal dari luar kota Medan. Bahkan saya sempat menjadi Pembicara juga disalah satu acara UNICS Organizer tersebut. Mengasah kreativitas dibidang musik bersama F.I.T Band dan menjadi salah satu personil Kelompok Tari Pertama yang dibentuk di SMKN 5 Medan. Bahkan di saat masa-masa SMK ini pula lah saya bisa bertemu pertama kalinya dengan seorang yang menjadi Pujaan Hati saya sewaktu masih di kelas 3 SMP dulu. Iyaa biasalah namanya juga anak muda, saya pun juga sempet tertarik dan pernah ngalamin masa-masa pacaran seperti itu. Tapi gak yang sembarangan atau aneh-aneh cewek yang satu ini benar-benar beda dan sangat istimewa lah pokoknya. Namanya.. #tiiiiiitt.. Maaf kenak sensor!! Hahaha..
Udah dulu yaa. Next Post aja kita lanjutin.

Sebagai penutup ini ada video dokumentasi kejahilan teman-teman sekelas saya dulu sewaktu di SMKN 5 Medan. Selamat menyaksikan yaa!!

Tulisan ini diikutsertakan dalam Give Away #KuisBukuneSGFD

24 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Rahasia Terbesar 7 Hukum Alam ala Tung Desem Waringin
Peringatan HARDIKNAS, Hari Pendidikan Nasional di Polmed tahun 2013
Close