cover-facebook-2015

Hai Sobat !! Waah, kali ini saya mau share tulisan yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Pasalnya saya baru berhasil nyobain buat animasi nih. Iyaa emang sih masih jelek kalau untuk dipamerin. Tapi saya ngerasanya kok seneng banget nih ternyata saya bisa juga buat karya visual seperti ini. hehehehe… Kalau boleh saya minta komentar dan masukannya yaa dari sahabat . Kalau mau nyampein kritik pedas juga boleh, tapi sebenernya saya lebih suka kritik jagung bakar!! Lhooh??

Jadi, kreasi ini seketika muncul tiba-tiba di pikiran saya ketika sedang bermain di Microsoft One Note 2010. Iyaa, One Note ini sering memang saya gunakan untuk menulis catatan kecil karna dia gak perlu kita save udah langsung tersimpan otomatis gitu sob. Selain itu, saya juga sering makek One Note ini ketika saya mau mengambil screenshot-screenshot dari tampilan desktop notebook saya untuk keperluan-keperluan ilustrasi tertentu. Karna One Note ini memiliki fitur Screen Clipping dan enaknya pun untuk menggunakan fitur ini kita bisa dengan mudah menekan tombol Windows + S pada keyboard.

Dan tanpa sengaja saya iseng-iseng nyobain fitur lainnya dari One Note ini yaitu Drawing. Iyaa emang sih hampir sama kayak fitur di Paint gitu, tapi gak tahu kenapa nih saya kok baru kepikiran tadi. Mungkin salah satu penyebabnya karena saya baru aja selesai ngebaca bukunya mas @waditya nih “Sila Ke-6: Kreatif Sampai Mati”. Secara tanpa saya sadari tiba-tiba otak saya bersama segala macam unsur kreatifitasnya terpacu untuk berimajinasi sesuka-suka maunya saja. Hehehe.. Keren juga nih buku!! Ntar di tulisan lain boleh lah saya ceritakan lebih lengkap lagi yaa.

Jujur, seumur hidup saya belum pernah nyoba bereksperimen untuk membuat karya visual animasi 2D seperti ini sebelumnya. Tapi, dengan pengetahuan yang sealakadarnya + dengan rasa penasaran dan tak lupa juga + sedikit sentuhan imajinasi, maka saya buatlah gambar karakter kartun dengan 13 macam mimik ekspresi wajah melalui fitur Drawing di Microsoft Office One Note. Barulah, kemudian hasil gambar tersebut saya eksekusi menggunakan software favorit saya Adobe Photoshop. Dengan menggunakan fitur Animation, kemudian satu per satu gambarnya saya susun di frame yang berjumlah hanya 22 frame, dan dengan pengaturan timing tertentu dimasing-masing frame nya. Sempet bingung meng-convert hasil akhirnya ke dalam bentuk gambar animasi 2D, ternyata setelah mencari tahu caranya adalah dengan menekan tombol Alt + Shift + Ctrl + S atau istilahnya menu Save for Web & Devices.

Setelah rendering yang gak memakan waktu lama, mungkin karna hanya sedikit frame yang saya gunakan. Akhirnya jadilah hasil karya animasi 2D buatan Chaidir untuk yang pertama kalinya ini. Taraaaa….

Kalau diperhatikan kayaknya animasi ini cocok juga nih kalau untuk dibuat jadi semacam official sponsor Chaidir’s Web gitu yaa. Belum pernah terpikir sebelumya nih yang beginian. Mungkin lain waktu, saya mau nyoba lagi aaah.. bwehehehe.. (ketagihan) Gimana menurut sahabat?? Apa gak pengen nyoba juga nih??

Sekian dulu cerita saya hari ini, tetep follow up terus Chaidir’s Web yaa!!
Semangat Berkarya!! Ayoo Berbagi..

Belum ada Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Karna Suka Menulis Komentar Blog, Orang Ini Jadi Terkenal
Cara Membuat Tombol Join This Site dengan CSS
Close