Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 18 Juni 2013 saya tiba-tiba mendadak mendapat sebuah ide untuk mencoba membuat Danbo. Sudah pada tahu kan apa itu Danbo?? Yang pengen info lebih lengkapnya silahkan di search aja sendiri yaa, tanyain ke mbah Google aja karna di blog sahabat yang lain banyak kok yang udah ngejelasin tentang si Danbo ini. Nah, singkatnya nih Danbo itu adalah boneka mainan berukuran 8cm x 13cm yang terbuat dari kertas tapi bisa digerak-gerakkan seperti layaknya pergerakan manusia pada umumnya. Mulai dari kepalanya bisa geleng-geleng, angguk-angguk dan meyeng-meyeng. Trus tangan dan kakinya juga lhooh bisa digerakkin gitu. Asyik kan??

Awalnya saya gak banyak tahu dengan kreasi papercraft si Danboo ini, saya waktu itu kenalnya cuman karna gak sengaja ngelihat ada gambar atau foto yang unik dan lucu yang diperagakan oleh sebuah boneka kertas kecil yang ternyata namanya Danbo. Kemudian saya sempet juga searching di pencarian gambar Google karna sedikit penasaran mungkin, ternyata emang keren-keren pose si Danbo ini kayak kesannya dia itu hidup kalau dilihat.

Nah, kembali ke cerita diatas pada hari itu saya lagi bingung berat mikirin ide yang bagus kira-kira apa yaa yang bisa saya jadikan kado (baca: hadiah) untuk saya kasih sama sahabat saya yang lagi mau berulang tahun pas tanggal 19 Juni kemarin. Saya pengennya bisa memberikan sesuatu yang spesial dan berkesan untuk sahabat saya ini. Cuman emang kesalahan saya juga gak jauh-jauh hari mempersiapkan idenya. Disitu udah gerimis baru deh sibuk nyari payung. Istilahnya gitu lah.

Dan taraaa..!!! Alhamdulillah saya teringat sama si Danbo langsung lah saya ambil keputusan untuk mencoba membuat Danbo ini dengan bermodalkan tekad yang kuat dan kreatifitas sendiri. Cuman memang ada beberapa kendala yang saya temui:

  1. Waktu yang udah mepet. Saya kepikirannya pas udah sekitar jam 9-10an malam gitu. Belum lagi pagi sampe siang tanggal 19 nya saya ada jadwal ngawas ujian di kampus. Waaah, saya sempet ragu juga apa iyaa nih bisa saya kerjain sampe selesai Danbo nya?? Iya kalau langsung berhasil kalau mesti ngulang lagi gimana, mau kapan pulak lah lagi ngerjainnya. -____-
  2. Fasilitas seadanya yang kurang mendukung. Untuk buat Danbo sendiri yang paling dibutuhkan adalah kertas yang tebal tapi bisa dilipat. Nah, sayangnya saya gak sempet nyari kertas yang bagusan dan pas dengan kriteria. Udah malam sob!! Mau cari dimana lagi. Kemudian printout gambar bagian-bagian Danbo nya. Seharusnya Danbo yang asli tuh warnanya agak coklat, cuman printer saya bermasalah pulak dengan warna kuning jadi iyaa gak bisa lah buat warna itu.

Jadi gimana nih?? Mau nyari ide lain lagi atau lanjut buat Danbo?
Karna emang saya udah ngerasa cocok dengan ide untuk membuat Danbo ini terpaksa lah saya putuskan untuk tetep lanjut dan segera mencari solusi. Iyaa itu tadi cuman dengan modal Tekad dan Kreatifitas. Kalau bukan karna yang mau saya kasih kado nya ini orang yang special dan memang sangat berarti bagi saya, mungkin belum tentu lah saya mau paksain kali buat kerjaan macam nih.

Singkat cerita, saya mulai lah mencari bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan apa-apa aja. Juga saya mencari sumber dari blog-blog sahabat yang membahasa tentang Tutorial Membuat Boneka Danbo. Sampai videonya pun saya unduh juga dari Youtube supaya saya bener-bener paham gimana cara membuatnya. (Ini salah satu bukti untuk belajar sesuatu kita hanya perlu kemauan yang kuat, maka yakinlah jalan pasti selalu ada dari mana saja dan kapan saja). Supaya hawa malamnya gak berasa sepi kali, saya pun memutar radio untuk sekedar menemani dan meramaikan suasana dengan lawakan-lawakan seru dan lagu-lagu asyik dari acaranya Most FM (channel radio Medan). Sebenarnya saya juga sambil lagi nunggu jam 12 malam untuk sekedar ngucapin langsung via telpon ke sahabat saya yang ultah ke-19 itu.

Jadi, untuk membuat Danbo ini ada beberapa tahapan yang harus dilewati, yaitu:

TAHAP MENGGUNTING  >>  MEMBENTUK LIPATAN >> MEMBENTUK BAGIAN >> MENYATUKAN BAGIAN
Kelihatannya simple banget yaa?? Cuman empat tahapan kok! Iyaaa emang kelihatannya gampang kalipun tapi pas dipraktekin atau pas dilakuin itu beda kali lah. Rasanya campur aduk menjadi satu deh. Mulai dari rasa bosan, ngantuk, capek, jenuh, gak sabaran, pengen nyerah, belum lagi ada yang salah potong, salah lipat, salah lem (baca: direkat) dan lain macam sebagainya. Sampe saya pun sempet membuat status kayak gini nih di FB:
Demi menyelesaikan ide ini sampai akhir saya relain sampe begadang gak karuan. Kalau gak salah sekitar jam 2an gitu saya sempet ngerasa enek, mual, ntah kayak masuk angin gitu lah. Karna gak tahan saya coba bawain makan nasi Alhamdulillah barulah lebih berasa enakan. Pas udah masuk di tahap-tahap mau akhir yaitu mulai lah bagian nge-lem kertasnya untuk membentuk bagian per bagian. Disini sudah mulai terasa lagi jenuhnya. Karna mungkin yang mau di lem pun ukurannya kecil-kecil, sampe pas lem atau super glue nya mau ditarokin ke bagian kertas yang mau di lem terkadang seringnya kenak juga lah tangan saya yang megangin tuh kertas. Pantes aja lah tuh lem kalau di daerah saya dikatain “LEM SETAN”. Mungkin karna emang suka jahil nya itu, awak mau ngelem kertas ini malah tangan awak pun ikut dia lem juga. -____-

Nah, sebenarnya sebelum ke tahap nge-lem bagian per bagian ini, saya sempet punya ide tambahan lain. Supaya nih Danbo bisa jadi lebih bermakna dari Danbo lainnya. Yaitu dengan menyisipkan kertas bertuliskan suatu pesan atau kata-kata tertentu di setiap bagian Danbo ini. Jadi kayak ada pesan rahasianya gitu deh, cuman kalau pas dilihat dari tampilan luaran dia gak kelihatan. Baru kelihatan ntar kalau si Danbo nya ini udah rusak dan gak bisa dibenerin lagi. Jadi untuk ngelihat pesannya si Danbo ini harus dibongkar habis-habisan kerangkanya. Hanya saja karna waktu jualah yang membatasi ide saya ini sehingga belum bisa saya realisasikan. Sempet kecewa juga sih, tapi mau gimana lagi.

Pas udah mau jam-jam setengah 5 lewat gitu, mata ini pun udah mulai gak mau diajak kompromi jadi saya terpaksa harus ninggalin sejenak kerjaan saya (buat Danboo) untuk nyoba tidur sebentar. Padahal belum siap tuh, tinggal dikit-dikit lagi lah. Kok lama kali sih buatnya??? Iyaa, sebenernya membuat Danbo ini kalau udah ngerti dan paham betul caranya gak lama-lama kali kok pasti sebentar aja pun udah siapnya. Cuman kan saya emang lagi sambil belajar, jadi dikit-dikit lihat tutorial, sambil maen internet pulak lagi tuh jadi iyaa lama lah.

Eng.. ing.. eeeeeng…!!!! Akhirnya sekitar jam 6 kurang Danbo pertama saya bisa selesai juga nih! Bahagia, terharu, seneng, bangga, puas sampai terpesona melihat boneka Danbo buatan sendiri ini, seakan bercampur-campur lagi menjadi satu mengalahkan campuran pahit sebelumnya. Ibarat istilahnya nih, habis gelap-gelapan barulah terang-terangan. Berikut ini lah dia hasil dari kreasi papercraft pertama saya membuat Danbo si Boneka Kertas, yuuk kita lihat cuplikan gambarnya yaa:

Ini dia Danbo pertama buatan Chaidir! Bisa dilihat sendiri tanggal dan waktu nya tuh. 100% ASLI
Ngambil gambarnya ini pun saya udah terburu-buru, soalnya harus sampe kampus sebelum jam 7 seharusnya pun jam 6.30 WIB.

Baru lah sore tanggal 19 nya saya kembali bereksperimen untuk membuat Danbo yang kedua. Alasannya, saya kepikiran kasihan aja lihat mukak si Danbo yang pertama ini kayaknya dia sedih gimana gitu karna mungkin gak ada temennya. Saya takut ntar begitu udah saya kasih ke sahabat saya, si Danbo biru ini malah jadi galau setiap hari dan buat status yang aneh-aneh pulak di FB. Jadi, iyaa saya paksain lah untuk bisa nyoba buat Danbo sekali lagi. Dengan waktu yang pasti makin mepet dari yang pertama. Dan ternyata pun proses pembuatannya lebih sulit dari sebelumnya. Di percobaan kedua ini saya sempet tiga kali gagal di suatu bagian. Yang sempat membuat saya hampir nyerah tuk ngelanjutin buat Danbo yang kedua ini. Tapi entah mungkin karna dorongan naluri dari dalam hati, saya tetep aja nerusin lagi.

Sampai singkat ceritanya, tuh Danbo yang kedua bisa selesai juga deh. Yeeeeee… Akhirnya, Danbo Biru nya udah punya pasangan nih dengan adanya Danbo Ungu yang baru aja lahir. Sayangnya saking terburu-burunya saya jadi gak sempet dokumentasiin pas si Danbo Ungu ini selesai saya buat. Jadi gak tahu deh jam berapa pastinya dia lahir. Kalau gak salah ingat saya itu sekitar jam-jam 7 abes maghrib gitu lah. Dan rencana lainnya yang juga belum sempet terealisasikan waktu itu adalah membuat kotak nya agar bisa disimpen sebagai hiasan lemari atau ditarok dimeja tapi tetep bisa dilihat-lihat gitu tanpa harus dibuka-buka kotaknya. Iyaa semacam kotak dengan plastik transparan gitu lah.

Berikut ini screenshot gambar kedua Danbo yang berhasil saya buat pada hari itu:

UPDATE!! Kemarin dalam rangka mengadakan First Giveaway Chaidir’s Web saya juga kembali membuat Danbo Papercraft special untuk hadiah pemenang. Alhamdulillah hasilnya udah lebih bagus dari yang pertama dan kedua ini.

Boneka-Danbo-Hadiah-Buatan-Sendiri

Sekian cerita pengalaman dari saya. Bagaimana dengan ceritamu sahabat??
Semangad Berkarya!! Salam Precious…

11 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.