cover-facebook-2015

Rahasia Dibalik Logo Terkenal Di Dunia

Siapa yang tidak ingin dikenal banyak orang? Sudah pasti kita sangat senang bukan jika bisa dikenal oleh siapa saja. Iyah, mirip lah seperti artis atau orang-orang yang sudah terkenal. Coba bayangkan saja, pasti asyik bukan? Entah itu dikenal karna nama baik, tindakan yang sudah kita perbuat, menciptakan temuan, memiliki usaha besar, atau apapun. Yang jelas itu adalah suatu hal yang membanggakan memang. Seperti kata pepatah “Harimau Mati Meninggalkan Belang, Manusia Mati tentu hanya meninggalkan Nama dibalik Batu Nisan.

Membangun sebuah web/blog yang bersifat personal merupakan salah satu caranya. Tujuannya tentu bisa juga untuk menciptakan suatu brand tersendiri atau bisa digunakan dalam hal pencitraan nama baik sang pemiliknya. Jika web/blog ber-niche fokus membahas suatu topik tertentu dalam setiap kontennya. Tentu web/blog pribadi ini akan lebih cenderung hampir tidak berniche. Ini sekedar pendapat saya aja sih.

Bagi saya personal web/blog itu tentu akan lebih cocok jika membahas apapun yang menjadi pengalaman sang pemiliknya dalam kehidupan sehari-hari. Bisa dikatakan mungkin ini pulalah yang menjadi salah satu alasan saya kenapa sampai saat ini memilih untuk mengembangkan sebuah personal weblog.

Jika sahabat tahu, bahwa awalnya blog ini bernama Jurnal Precious lantas kemudian baru setelah beberapa bulanlah namanya berganti menjadi seperti sekarang Chaidir’s Web. Alasannya mungkin simple yaitu hanya karna saya kemarin sempat terpikir, ini kan blog pribadi lantas kenapa saya malah gak menjual nama saya sendiri selaku pemiliknya. Begitu juga dengan isi konten tulisan didalamnya. Jika kita berhasil mengisinya dengan artikel yang bagus dan bermanfaat tentu akan menjadi nilai + (plus) juga terhadap reputasi kita dimata orang lain.

Berbicara soal membangun sebuah branding, nama ataupun merek maka tentu tidak akan pernah lepas pula dengan yang namanya sebuah LOGO. Iyaa, sudah pasti itu! Dan menurut saya pribadi bisa dikatakan Logo adalah sebuah identitas diri atau merek yang memberikan arti gambaran secara menyeluruh, yang harus pula memiliki khas tersendiri sebagai pembeda dari brand lainnya. Tentu dengan adanya logo ini lah proses branding tersebut akan menjadi lebih mudah agar cepat dikenal dan diterima oleh masyarakat luas.

Jika terjadi sebuah kompetisi yaitu misalkan dalam satu bidang atau produk berjenis sama, tentu logo ini juga lah yang nantinya akan membantu kita agar bisa tampil berbeda dari yang lainnya. Karna biasanya gambar sebuah logo akan lebih mudah diingat oleh orang banyak jika kita bisa memaksimalkannya dengan baik. Ketimbang daripada hanya sekedar tulisan yang cenderung monoton dan terkesan biasa-biasa saja.

Mungkin apa yang saya katakan diatas terkesan terlalu berlebihan kalau untuk diterapkan di sebuah blog pribadi nan ala sederhana seperti yang juga saya miliki ini. Tapi toh kan gak ada salahnya juga jika kita mau sekedar mencoba ilmu tersebut, untuk mulai diaplikasikan walaupun dari hal yang kecil atau sangat sederhana sekalipun. Maka dari itu, saya pun dari awal langsung memutuskan untuk membuat logo sendiri sebagai identitas resmi milik Chaidir’s Web. Tujuannya kurang lebih seperti yang saya jelaskan diatas. Dan berikut ini adalah Logo yang saya buat sendiri:

Logo Chaidir!
Logo Chaidir’s Web – Personal Weblog

Apa Keunikan dari Logo tersebut?

Kalau sahabat biasa melihat logo ini dalam ukuran kecil seperti pada homepage atau tampilan navigasi template weblog ini, saya rasa tidak semua pengunjung terlalu memerhatikan. Ada satu keunikan tersendiri yang saya ciptakan lewat logo Chaidir’s Web ini. Coba perhatikan huruf awalnya. Tulisan C disitu terlihat berbeda bukan? Iyaa jika diperhatikan, saya sengaja meletakkan warna hitam ditengah-tengahnya sehingga membentuk angka 15. Apakah sebelumnya sahabat memang sudah bisa melihat angka 15 itu??

Icon Chaidir15

Angka ini saya ambil dari tanggal lahir. Pasalnya, saya sempat kesal karna melihat ternyata banyak juga orang lain yang menggunakan nama Chaidir seperti saya. Lantas setiap saya ingin mengembangkan nama ini lewat dunia online pun selalu saja hampir terus keduluan dengan pengguna nama Chaidir lainnya. Sehingga mau tidak mau saya hampir sering juga menambahkan angka 15 ini sebagai sekedar untuk pembeda saja. Seperti username yang saya pakai di Facebook dan Twitter contohnya.

Cara ini terbukti berhasil. Sebelumnya jika saya menggunakan nama Chaidir di pencarian Google yang muncul sangat banyak yang tidak saya kenal. Tapi jika saya mengetikkan Chaidir15 di pencarian, Alhamdulillah yang muncul iyaa cuman akun milik saya sendiri. Heheheh.. Tapi walaupun begitu saya rasanya tetep masih pengen juga suatu saat nanti, bisa mengalahkan popularitas pengguna nama Chaidir lainnya di dunia maya tanpa harus ada tambahan apa-apa dibelakang nama saya itu.

Saya sengaja hanya menggunakan huruf pertama C15 sebagai identitas @Chaidir15 selaku pemiliknya. Tujuannya supaya bisa sekaligus digunakan juga untuk keperluan Icon atau Favicon. Jadi cukup praktis bukan?? Saya pikir untuk ukuran yang kecil akan lebih baik jika hanya menggunakan satu huruf saja. Tapi toh siapa sangka didalam satu huruf yang kecil itu terdapat makna Chaidir15 didalamnya.

Kenapa harus diakhiri dengan tanda Seru?

Alasan pertama karna saya ingin memunculkan juga identitas alamat domain dari Chaidir’s Web ini. Terlihat di dalam tanda seru itu ada tulisan .web.id kan? Nah, disitulah letak manfaat lain dari penggunaan logo ini bagi saya. Dengan gambar logo seperti ini tanpa harus menuliskan alamat saya sekalipun, sebagian orang tentu sudah bisa mengira-ngira bahwa ini adalah sebuah alamat situs atau web. Jadi, semakin sering saya menyebarkan atau mempromosikan logo ini dimana pun saya berada secara offline maupun online, itu artinya sama saja dengan saya juga sekaligus mengenalkan alamat weblog Chaidir’s Web ini ke orang-orang disekitar saya.

Coba deh kalau saya sekedar promosiin link alamat seperti menulis www.chaidir.web.id saja. Rasa-rasanya tentu orang akan menganggap itu biasa-biasa saja. Tapi karna dengan menggunakan gambar, bukan tidak mungkin ada orang yang terpancing rasa penasarannya setelah melihat-lihat logo tersebut dan pada akhirnya mau mengunjungi alamat weblog saya ini. Hehehe.. Sebenarnya ini pun masih belum terbukti sih. Cuman saya mikirnya kemarin iyaa seperti itu lah.

Alasan kedua karna saya tidak ingin sama dengan nama pengguna Chaidir lainnya. Dan saya pun sebenarnya tidak mau nama saya menggunakan embel-embel kata, huruf atau angka kalau bukan karna terpaksa betul seperti kejadian penggunaan username tadi. Jadi saya pun berinisiatif menggunakan tanda seru seperti yang juga digunakan oleh Yahoo! Iyaa mungkin bisa dibilang berawal dari melihat logo yahoo lah ide ini muncul.

Kalau dalam artian makna, tanda seru bisa melambangkan ketegasan pemiliknya dan harapannya pula Chaidir’s Web ini bisa selalu diserukan oleh orang banyak.

Kenapa warnanya Hitam dan Putih?

Pilihan warna Hitam dan Putih saya ambil dari konsep Chaidir’s Web ini sendiri yang bertujuan untuk Berbagi Pengalaman dan Pengetahuan Bermanfaat. Entah kenapa secara garis besar, saya terpikir hanya ada dua hal tersebut yang bisa saya bagikan dari sisi kehidupan saya. Pengalaman dan Pengetahuan. Jadi, saya simbolkan lah dua hal ini melalui warna Hitam sebagai wujud pengalaman dan warna Putih sebagai wujud Pengetahuan.

Coba perhatikan saya menggunakan warna putih lebih dominan, yang dikelilingi dengan warna hitam. Bisa dikatakan maknanya adalah, Chaidir’s Web ini merupakan sumber pengetahuan dan wawasan yang cakupannya luas dan bermanfaat serta selalu bersumber dari pengalaman yang sudah dibuktikan oleh penulisnya.

Makanya itulah yang membuat Chaidir’s Web ini terlihat tidak ber-niche. Karna memang dari awal saya ingin bisa terus membagikan pengetahuan apa saja lewat weblog ini. Begitupun semua tulisan yang ada di Chaidir’s Web ini 100% hasil karya tulis original dari saya pribadi, yang saya ringkas berdasarkan setiap pengalaman yang sudah saya alami di kehidupan sehari-hari.

Warna hitam dan putih ini bagi saya memiliki makna yang cukup luas. Selain terkesan simple dan bersahaja, warna ini juga melambangkan dua sisi dalam kehidupan yang akan selalu ada. Yaitu antara baik dan jahat, positif dan negatif, sehat dan sakit, kaya dan miskin, siang dan malam, dll. Seperti kata orang terdahulu, hidup itu adalah pilihan. Iyaa, pada kenyataannya kita ini memang selalu dalam pilihan.

****

RAHASIA DIBALIK LOGO TERKENAL – bagi saya untuk bisa menjadi terkenal itu kita cukup memulainya dengan terlebih dahulu merasakan seperti apa kalau nanti kita memang sudah menjadi terkenal. Tidak usah bingung dan banyak bertanya cukup rasakan saja dulu. Lihat orang yang sudah mencapai level terkenal tersebut. Gak ada salahnya kita ikut-ikutan meniru apa yang dia rasakan. Toh kalau kita mau terus berusaha, siapa yang tahu Allah pun mengizinkan yang terbaik untuk kita nantinya.

Doakan saja semoga logo Chaidir’s Web ini pun kelak bisa bersanding dengan logo-logo lainnya yang sudah terkenal di dunia. Bagaimana dengan sahabat ? Apakah sahabat sudah memiliki logo di web/blog yang saat ini sedang sahabat kembangkan? Yang belum punya silahkan dipikir-pikirin deh. Gimana kalau saya saranin dicoba aja buat dulu. Iyaa hitung-hitung persiapan sejak dini, kalau-kalau suatu saat ternyata web/blog milik kita mendadak famous atau terkenal di dunia jadi kan gak perlu repot-repot lagi tuh sibuk sewa designer logo mahal-mahal. Kan kita udah punya.

Semoga tulisan ini bermanfaat.. Semangat Berkarya Sahabat!!

30 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Kenapa Membuat Rekening di Bank BNI Syariah?
Rangkaian Power Supply Penyearah Listrik AC dengan IC L200
Close