Giveaway-Sikonyols-Blog

review-sikonyols-blog

Setahun yang lalu tepat di bulan yang sama untuk pertama kalinya saya mengadakan Giveaway Chaidir’s Web. Mendapatkan review dari beberapa sahabat tentang blog sederhana saya ini, rasanya benar-benar menyenangkan. Bisa dapat kenalan dan lebih dekat dengan teman-teman . Ternyata memang benar banyak manfaat yang bisa didapat dari kegiatan seperti ini. Apalagi dengan tema Review Blog, tentu saya jadi bisa banyak belajar untuk membenahi blog ini.

Dan sekarang ini, ternyata ada salah satu peserta saya kemarin yang juga mengadakan giveaway yang sama.

“Waah, akhirnya saya punya kesempatan untuk balas dendam!!”

Hehehe.. Gak deng!! Pada kesempatan ini, saya cuman pengen nyoba untuk gantian me-review. Menurut saya pribadi, kerjaan Review Blog semacam ini rasanya kurang asik juga kalau setelah kita review blog orang, terus tuh orang cuman bilang makasih doang. Kalau misal review kita mendapat tanggapan pasti lebih seru. Apalagi tuh orang mau kasih balasan review ke kita. Asyik gak tuh kira-kira?

Setelah kemarin saya di-review habis-habisan lewat tulisan Kupas Tuntas Chaidir’s Web ini. Nah, sekarang giliran saya yang balas review.

Sikonyols Blog – Catatan Harian Mahluk Konyol

Sikonyols-Blog-Catatan-Harian-Mahluk-Konyol

Overview Seputar Blog

Sikonyols Blog adalah sebuah personal blog yang berisikan cerita keseharian dan pengalaman pribadi si empuhnya blog. Dari namanya saja udah kelihatan blog ini bukan termasuk blog yang serius-an. Isinya penuh dengan kekonyolan. Setiap tulisan pun panjangnya lumayan minta ampun. Kalau dibandingin antara basa-basi dengan isi itu… mmmh.. 80 banding 20 deh kayaknya. Hehehe..

Gak ada yang salah sih. Namanya juga blog pribadi. Sama kayak Chaidir’s Web ini. Kalau mau dipakek buat curhat iyaa silahkan. Yang paling penting kan tetep ada makna atau pelajaran yang bisa diambil oleh setiap pengunjung. Saya akui Sikonyols Blog punya karakter tersendiri. Walaupun kesannya seperti bercanda lucu-lucuan, tapi secara keseluruhan blog ini tetap punya arah dan tujuan. Beda dengan blog yang asal-asalan.

Sikonyols Blog mulai meluncur pertama kali dengan artikel yang berjudul Metamorfosa Blog, sehingga bisa dikatakan hari lahirnya pada tanggal 4 Agustus 2012. Kalau dilihat dari blognya yang lain, ternyata admin Sikonyols ini sendiri sudah mulai ngeblog sejak tahun 2010. Keputusannya untuk bermetamorfosa blog sangat tepat. Dari sebelumnya yang sangat gado-gado jadi lebih fokus dan punya konsep yang jelas. Cerita Metamorfosis Blog yang hampir sama juga pernah saya posting di blog ini.

Untuk yang pengen tahu siapa empuhnya blog ini, silahkan kunjungi saja halaman Tentang Penulis.

sikonyols-blog-angga-zulika-ramadhani

Gimana udah pada kenalan belom?
Kalau kalian mau lebih akrab dan selalu update info menarik yang seru-seru follow twitternya @Sikonyols.

Review Konten Blog

Sikonyols Blog ini menurut saya banyak terpengaruh dari trend gaya Stand Up Comedy. Yang salah satu inspirasi favoritnya adalah Raditya Dika. Gak percaya? Coba kalian baca tulisan Serius ini Raditya Dika?? Kelihatan banget kan nge-fans beratnya ama tuh orang. Saran saya sih, tetap usahain terus supaya Sikonyols Blog bisa bangun karakternya sendiri. Siapa tahu besok-besok Mas Angga Zulika Ramadhani bisa lebih terkenal dari si Kambing Jantan. Semoga. Aamiin..

Selain itu Mas Angga ini punya bakat keahlian juga dibidang Desain Grafis. Bahkan beberapa kali sudah dapat penghargaan. Wuuuiih.. Saya aja belum pernah! Maka tak heran, pada akhirnya Sikonyols Blog ini pun bisa menghasilkan rupiah dari modal keahliannya tersebut. Hebat!! Coba baca Vektoran Sikonyols Di Order Orang. Mana tahu bisa jadi motivasi juga buat kalian.

sikonyols-blog-jasa-bikin-vector
http://artwork-sikonyols.blogspot.com/p/commission.html

Ngomongin soal konten blog saya rasa Sikonyols Blog punya banyak cerita yang unik dan menarik. Lucu gak ceritanya? Lucu juga! Saya aja sempat dibikin nyengir + senyum-senyum sendiri. Barangkali Mas Angga ini memang punya bakat jadi Artis Komedian. Lihat aja tiap tulisan yang ada disana, pasti selalu ramai dengan komentar-komentar seru. Dan kebanyakan dikunjungi oleh anak-anak muda. Top deh!

Dan yang bikin salut, sekian banyaknya komentar disana pasti semuanya akan DIBALAS sama si admin. Saya menilai Mas Angga bener-bener menghargai setiap pengunjungnya. Ini patut dicontoh!! Saya juga megang prinsip yang sama. Lihat aja komentar yang ada di Chaidir’s Web. Semuanya pasti dapat balasan.

Terus bro, Lo suka postingan gue yang mana?

Bisa dibilang banyak. Pokoknya setiap tulisan yang ada komentar saya disitu berarti iyaa saya suka. Paling tidak bisa menghibur dan buat saya seneng bacanya. Komentar saya dijamin gak ada niat untuk nyepam. Jadi itu memang bener-bener bentuk apresiasi. Dan tulus dari hati yang paling dalam!! -_-) #mendadakmual

Tapi kalau dibandingin dengan yang lain, saya pasti pilih Tutorial Lengkap Mendapatkan Google Meta Tag. Kenapa? Karena nih tulisan yang tingkat keseriusannya paling tinggi menurut saya. Iya iyaa laah. Namanya juga tutorial. Cuman yang bikin saya suka, karakter konyols-nya itu tetep gak hilang. Juga paling penting, ilmunya tetep bisa tersampaikan dengan jelas dan mudah dicerna. Siip deeh!!

Review Tampilan Blog

Sebenarnya kemarin Sikonyols baru saja berganti template. Dengan yang tahun lalu, saya rasa yang sekarang lebih enak dilihat warnanya. Dari warna kuning ceria sekarang jadi orange kalem. Mungkin ini sebagai tanda bahwa Sikonyols udah mulai makin tambah dewasa kali yaa.

Bicara soal pemilihan template pastinya beda orang beda selera. Cuman kalau saya pribadi disuruh milih, saya akan mempertimbangkan hal-hal berikut ini :

1. Paduan warna yang sesuai dengan karakter Blog

Untuk poin ini saya rasa pilihan Mas Angga sudah pas. Cocoklah dengan sifat blognya yang Girang, Konyol, Lucu dan agak Absurd. Cuman kalau dibandingin dengan blog yang serupa, saya rasa tipe warna seperti ini akan sering dijumpai. Jadi iyaa usahakanlah Sikonyols Blog tetap harus memiliki karakter yang berbeda. Paduan warna yang serasi bisa buat mata pengunjung betah lama-lama nongkrong di blog kita. Dan terkadang bisa jadi ciri khas yang akan diingat oleh pengunjung. Misal Facebook, ooh warna biru kan? Youtube, ooh itu yang merah! Sikonyols, nah itu tuh yang kuning! Chaidir’s Web, yang gak ada warnanya. (maklum saya gak punya crayon)

2. Layout yang sederhana tapi tetap menarik

Pilihan layout dua kolom dengan sidebar di kanan juga udah pas. Bagusnya sih begini memang. Footer dibagian bawah dengan beberapa kolom juga membuat tampilannya jadi menarik. Ditambah lagi keunikan template ini adalah gaya margin seperti frame berwarna orange yang membungkus bagian konten dan sidebar. Bentuk tiap elemen terkesan flat tanpa ada lekuk border-radius di ujungnya. Tampilan kotak-kotak simple seperti ini kayaknya bakal tetap trend. Kira-kira ini udah jadi template pilihan terakhir belum, Mas??

3. Fitur pendukung template blog yang powerful

Template yang baik tidak perlu over widget. Untungnya Mas Angga paham soal ini. Seperti yang dipasang di sidebar, itu memang termasuk fitur-fitur yang penting untuk ditampilkan. Sekedar saran, saya rasa widget Subscribe blog lebih bagus diletakkan dipaling atas. Karena bagi saya prioritas mencari subscriber ini juga penting. Dan bagus juga kalau widget Fanspage dibuat melayang (fixed) setelah di-scroll kebawah. Biar perhatian pengunjung terpancing untuk like.

Kemudian yang saya rasa juga perlu ditambahkan adalah fitur Breadcrumbs. Memang sih bagi pengunjung gak terlalu ada artinya. Tapi kalau di tampilan hasil pencarian kan kelihatan tuh.

Sikonyols-blog-belum-pasang-breadcrumbs

Terakhir, sepertinya akan jauh lebih efektif kalau fitur Comment Form diletakkan diatas Reply Box atau tempat nulis komentar. Kalau posisinya dibawah saya gak yakin banyak pengunjung yang baca. Urutannya kan pengunjung baca dari atas kebawah tuh. Jadi mestinya baca peringatan dulu baru tulis komentar. Atau memang disengaja begitu Mas??

coment-form-diatas-reply-box

4. Wajib! Memiliki tampilan yang Responsive Design

Disini sebenarnya saya yakin, template asli yang digunakan sudah di-design responsive oleh Mas T. Tracker. Cuman lagi karna sudah di-edit sama Mas Angga jadinya malah kurang responsive. Hehehe.. Coba deh di-check lagi Mas. Sudah baca tulisan saya yang Mendeteksi Web Responsive belum?

Sebenarnya gak terlalu parah sih. Tapi ada dua hal yang mengganjal pandangan saya.

Pertama, bagian atas!

Penyebabnya karena image Logo Sikonyols yang gak di-set ukurannya dalam @media only screen saat layar lebih kecil. Pun juga dengan posisi Social Link yang di kanan, kalau untuk mobile bagusnya jadiin ditengah aja.

blog-sikonyols-header-responsive

Bicara bagian atas, saya juga kurang sreg lihat Submenu Navigasi yang muncul ketika efek mouse :hover. Kenapa menu nya gak kelihatan?? Berikut ini cuplikannya :

blog-sikonyols-navigasi-responsive

Submenu Navigasi itu pun kalau dilayar 320px agak tumpang-tindih. Kalau mau dirapikan, coba hilangkan padding-top menjadi 0px yang ada pada selektor .nav-menu li ul (Atur lewat @media only screen).

Kedua, bagian bawah!

Masih untuk layar dengan lebar 320px, lagi-lagi ada yang berantakan di bagian footer. Untuk layar besar terlihat footer memiliki bagian 4 kolom. Hanya saja untuk layar yang lebih kecil Mas Angga belum menyesuaikan bagian tersebut agar menjadi 1 kolom. Ini penting. Caranya mudah, tinggal atur lebar selektor .footer pada @media only screen yang sesuai menjadi 100%.

merubah-footer-4-kolom-jadi-1-kolom

Kenapa cuman layar 320px aja yang dibahas? Iyaa, karena memang kebetulan kemarin pas saya buka info Giveaway ini, saya menggunakan smartphone dengan resolusi 320×480 piksel. Untuk ukuran lainnya, saya rasa Mas Angga bisa menyesuaikan sendiri. Atau tunggu saja lanjutan Tutorial Belajar Membuat Template responsive dari saya.

Untuk soal tampilan responsive, kayaknya cuman itu yang terlihat oleh saya kemarin. Tahu deh kalau rupanya masih ada lagi yang lain. Mudah-mudahan Mas Angga bisa cepat mengatasinya. Biar pengunjung mobile pun tetap ngerasa nyaman. Sekarang ini kan lagi trend Smartphone pengguna mobile pasti makin banyak. ^_^

5. Kecepatan Loading Blog yang Optimal

Point terakhir ini sangat penting bagi saya. Mana ada pengunjung yang mau disuruh nunggu loading lama-lama, iyaa kan? Kalau bisa sih secepet kilat. Berikut ini saya uji menggunakan tools GTmetrix.com hasilnya bisa lihat di http://gtmetrix.com/compare/4qPJwBOi/eK1C1oDX. Untuk kecepatan, Sikonyols Blog terbilang lumayan cepat dengan nilai B. Tapi kalau dibandingin dengan blog Hitam Putih ini masih kalah 11%.

SIKONYOLS BLOG vs CHAIDIR’S WEB

kecepatan-loading-sikonyols-blog

Apakah ini bergantung pada template? Bisa jadi. Cuman lagi hasil diatas tetap masih bisa diperbaiki. Saya kemarin pernah juga naikin nilai yang dari B jadi A. Itu kalau Mas Angga mau sih. Coba ikuti aja petunjuk yang ditulis dibagian Breakdown. Misalkan, katanya “Combine images using CSS sprites” nilai Sikonyols E sedang saya bisa dapat A (100). Pasti ada yang bermasalah dibagian ini.

Cara lain bisa juga dengan menggunakan Tools PageSpeed Insight milik Google. Malah bisa lebih mudah untuk mengetahui masalahnya apa dari sini. Cuman alasan saya lebih sering makek GTmetrix, karna ada fitur History-nya dan bisa Compare Another URL. ^_^

Review Optimasi SEO

Saya sebenarnya belum begitu mahir bermain SEO. Tapi gak papalah saya ulas sedikit yang saya tahu saja. Kalau dilihat dari peringkat Alexa Rank saat ini, Sikonyols Blog lebih baik dari Chaidir’s Web. Sebenarnya blog saya kemarin pun sempet juga nembus rangking 200an ribu gitu. Cuman lagi karna saya sempet beberapa kali nelantarin blog ini, jadinya iyaa gitu deh. Pesan Moral baca Jangan Biarin Blog Kamu Terlantar. Saya lihat Sikonyols Blog pun beberapa bulan terakhir ini seperti kualahan untuk nerbitin Postingan terbaru. Jangan sampai kehilangan pembaca setia dan trafiknya yaa, Mas!

merampingkan-rangking-alexa-blog-sikonyols

Hebatnya, Sikonyols Blog sudah mendapat PageRank 3 dari Mbah Google. Sedang saya masih belum pecah telur. Kali ini saya akui deh, Sikonyols yang menang. Tapi mungkin itu karena faktor usia juga kali yaa. Chaidir’s Web kan adikan Sikonyols Blog, umurnya lebih mudaan. Mudah-mudahan blog ini bisa cepat nyusul.

Cuman lagi saya heran kenapa PageViews Sikonyols bisa kalah dengan Chaidir’s Web. Sampai tulisan ini terbit blog saya sudah mencapai angka 839.434 sedang sikonyols masih berkisar 122.542. Kalau saya tebak, bisa jadi ini dikarenakan Mas Angga jarang mengincar keyword di Google yaa? Kalau dilihat dari banyaknya komentar, saya malah jauh ketinggalan.

Untuk Sitelink, sekarang Chaidir’s Web pun udah punya juga!! Jadi untuk poin yang satu ini kita seri. :p

sitelink-chaidir-web

Penutup bagian Review SEO, biar ada sedikit masukan buat Sikonyols Blog. Saya rasa penggunaan Dymanic Heading juga perlu. Kalau saya perhatikan dari artikel-artikel sikonyols, Mas Angga belum menggunakan teknik Heading H1, H2, H3 dst. Kalau misalkan nanti saran ini mau diterapkan, ada baiknya judul widget Sidebar diganti dulu dari H2 jadi H4. Kenapa kok diganti? Karna sebaiknya prioritas heading yang tinggi itu digunakan untuk pendukung Keyword saja.

Sekiranya ada masalah untuk proses perbaikan template, jangan sungkan untuk diskusi dengan saya Mas! Biar kita sama-sama belajar.

Review SELESAI

Udah dulu aah. Udah lumayan keriting juga nih tangan nulis artikel sepanjang gini. -_-“
Jangankan Anda yang bacanya, saya aja yang nulis capek. Tapi mudah-mudahan Mas Angga bisa pengertian yaa. Semoga artikel review saya ini bisa mendapat nilai yang bagus. Dan dapat uang capek (ini yang paling penting). Setidaknya minimal juara 1 gitu. Aamiin..

Semoga bermanfaat buat Sikonyols Blog!! Maaf juga kalau misalkan ada review saya yang kurang pas atau kata-kata yang gak enak dihati. Sukses terus dan selamat Anniversary yang ke-2 tahun.

Sekedar Info:
Baru kali ini saya nulis review dengan format yang begini. Bisa dibilang ini yang pertama. Biar berasa kayak sedang berada di dunia @Sikonyols, saya buat konsep artikel ini dengan nuansa warna yang sama. Bahkan di bagian overview sengaja saya buat mirip dengan templatenya yang sekarang. Mestinya Sikonyols senang baca review ini. (^_^)/

Sekali lagi, gue ucapkan… selamat ya buat yang blognya gue review. Karena hal ini adalah momen bersejarah. So, sini sungkeman dulu sama gue, Hhehe :p  (sindiran untuk Sikonyols)

Untuk Sahabat Blogger yang udah baca artikel ini, saya ucapin makasih!! Kalau bisa kasih komentar nilai yang cocok untuk Sikonyols Blog vs Chaidir’s Web berapa yaa!! Saya tunggu.

Bagi yang tertarik untuk dapat THR Rp.1.000.000* klik aja gambar dibawah ini:

20 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Sensasi Ngeblog Dari WordPress Android Smartphone
Subdomain Info.Chaidir.web.id, Website Baru anak dari Chaidir Web
Close