cover-facebook-2015

Mengantuk disaat yang tepat memang bukanlah masalah. Karena tubuh kita memang pasti akan merasa lelah setelah kita melakukan aktifitas seharian. Untuk itu kita perlu tidur atau beristirahat pada malam hari. Akan tetapi mengantuk disaat yang tidak tepat rasanya tentu sangat menggangu. Misal, disaat kita sedang belajar di kelas, saat kita sedang mengerjakan sesuatu hal yang penting, atau disaat kita sedang dalam perjalanan dsb.
Kondisi yang seperti ini menurut pengalaman saya bisa disebabkan karna beberapa faktor, diantaranya:

  • Kurangnya waktu tidur pada malam hari atau mungkin tidur yang kurang nyenyak.
  • Terlalu banyak aktifitas yang dikerjakan sehingga membuat tubuh menjadi kecapean (lelah).
  • Banyak beban pikiran yang membuat otak menjadi terlalu tegang (over).
  • Munculnya rasa bosan atau jenuh karena situasi tertentu
  • Akibat pengaruh luar lainnya dsb.
  • Dalam kesempatan ini saya ingin sedikit berbagi pengalaman saya mengenai masalah mengantuk saat berkendara. Hal ini tentu sangat berbahaya sekali. Jujur saya memang sangat mudah mengantuk saat didalam perjalanan. Waktu saya masih SMK untuk pergi ke sekolah saya harus naik angkot (angkutan umum) yang lamanya di perjalanan bisa sampai 1 jam bahkan lebih kalau kenak macet. Karna saya masuk pagi jam 7.30 jadi saya terpaksa harus berangkat pagi-pagi dari jam 6 lewat lah dari rumah. Dan memang sering kali tanpa saya sengaja ataupun memang disengaja saya suka tertidur aja tuh di angkot. Terkadang saya rasanya malu juga sih. Tapi mau dilawan pun gak bisa. Saya ingat kali waktu itu saya satu angkot dengan teman saya pas di perjalan pulang dari sekolah dan memang rumahnya lebih jauh dari saya. Karna memang saya kadang-kadang mau juga iseng. Jadi pas teman saya nih ketidur dengan posisi yang udah miring-miring kenak orang gitu rasanya sayang kalau gak di dokumentasikan jadi yaa saya videon deh pakek HP saya. Hehehe… Dan yang gak enaknya di lain waktu dia bales dendem balik videoin saya pas lagi tidur. Trus tuh video malah di tunjukin pulak ke temen-temen yang lain. Waduuuh… Buat malu lah!

    Lain kali saya bakal share videonya deh, kalau masih ada.

    Nah, saat saya sudah punya kendaraan kereta sendiri (sepeda motor) waktu pas saya udah kuliah nih. Awal-awalnya saya pikir saya gak bakalan ngalamin masalah ngantuk lagi saat diperjalanan menuju kampus. Karena saya pikir kalau naik kereta masak sih ngantuk juga. Dan memang saya gak berasa ngantuk pulak waktu itu. Tapi beberapa minggu kemudian mulai lah tuh si kantuk mengganggu kembali. Seringnya pas dijalan mau pulang saya mulai ngerasa ngantuk tiba-tiba gitu. Waaah,, gawat nih saya pikir. Gimana coba kalau tanpa sadar beberapa detik aja saya ketidur bisa-bisa nyawa hilang nih. Dari sini saya mulai terus mikirin cara gimana supaya saya gak berasa ngantuk saat lagi di jalan.

    Berbagai cara saya coba. Mulai dari minum kopi pas pagi-pagi sebelum berangkat ke kampus. Tapi rasanya gak ngaruh juga. Trus saya coba sambil dengerin musik, lama-lama malah makin berasa ngantuknya. Saya coba waktu pas berasa udah mulai ngantuk tuk berhenti sebentar di pinggir jalan. Pas saya lanjut jalan beberapa lama muncul lagi tuh si kantuk.

    Dan sampe-sampe waktu itu pas hari Jumat siang sekitar jam setengah 12 lah, karena rasa ngantuk yang udah gak ketahan trus saya tiba-tiba aja gitu pas tersadarnya saya lihat didepan saya ada kereta udah hampir mau nabrak jadi saya mendadak ngerem dan terakhir saya jatuh lah tuh di tengah jalan. Disitu saya sempet mikir habis lah nih kalau di belakang saya ada mobil atau truk. Tapi alhamdulillah, saya masih diberikan kesempatan umur sampai saat ini. Tuh posisinya saya jatuh ke kanan dan nyeret di aspal jadi yang cedera lumayan parah siku tangan kanan saya dan yang lainnya lutut, sekitar pinggang, sama telapak tangan cuman terasa sakit gitu aja. Untungnya saya pakek helm kalau gak udah kenapa-kenapa juga lah nih kepala. Dan mau gak mau saya harus ngeluarin uang 100rb untuk bayar ganti rugi kereta orang yang rusak karna ikut jatuh juga.

    Dari kejadian itu saya seakan diperingatkan untuk lebih hati-hati saat berkendara di jalanan. Dan mulai dari situ saya semakin penasaran untuk mencari cara gimana supaya bisa mengatasi rasa ngantuk saat berkendara. Berikut ini cara saya mengatasi rasa mengatuk saat sedang berkendara yang saya ambil langsung dari pengalaman saya:

  • Sebelum memulai perjalanan atau berkendara biasakanlah untuk berdoa terlebih dahulu. Ini sangat penting karena memang hanya padaNya lah kita patut meminta perlindungan dan pertolongan. Dan lebih bagus lagi saat di perjalanan kita juga sambil membaca doa, dzikir ataupun shalawat.
  • Usahakan untuk tetap konsentrasi dan buatlah situasi menjadi menyenangkan. Fakta yang saya alami, saat kita berkendara dan kita hanya diam saja ditambah lagi kita sambil mengkhayal itu akan membuat kita merasa cepat bosan dan tingkat konsentrasi menurun sehingga akibatnya membuat rasa ngantuk itu muncul. Solusinya, jika kita berboncengan ada baiknya kita sambil mengobrol atau yang penting ada komunikasi. Kalau kita sendirian, solusi yang ampuh adalah dengan bernyanyi. Ini sudah saya buktikan sendiri. Ketika kita bernyanyi apalagi sampai teriak-teriak (toh orang juga belum tentu dengar kok) itu akan membuat pikiran kita menjadi lebih aktif dan tidak cepat membuat kita bosan.
  • Berhentilah sebentar jika memang ngantuk berat sudah tidak tertahankan lagi. Cobalah untuk mencuci muka dan kalau bisa singgah sebentar untuk membeli jajanan (cemilan/makanan ringan). Saat kita ingin memulai kembali perjalanan, jika kita memakai helm cobalah untuk tidak langsung menutup kaca helm (biarkan terbuka). Faktanya, saat kita memakai helm dengan keadaan tertutup membuat sirkulasi udara menjadi berkurang sehingga konsumsi oksigen ke otak menjadi berkurang ini juga dapat menyebabkan rasa kantuk di perjalanan.
  • Baiklah, mungkin cukup itu dulu tips dari saya untuk mengatasi masalah mengantuk saat berkendara. Mudah-mudahan bisa bermanfaat untuk sahabat. Karena tulisan ini saya buat berdasarkan pengalaman saya sendiri jadi saya tidak bisa memastikan ini benar-benar ampuh untuk orang lain. Disini saya cuman ingin sekedar sharing pengetahuan saya saja. Kalau sahabat punya tips yang lain boleh di share melalui comment dibawah atau chatbox di menu sidebar.

    Belajar berbagi pengetahuan…
    Salam Precious! Semangat Berkarya!

    Belum ada Komentar pada tulisan

    Berikan Tanggapan atau Komentar

    Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
    Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
    Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

    Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
    Hello. Add your message here.
    Read more:
    Bagaimana Cara Membuat Blog GRATIS di Blogspot
    Program Tahanan Seri Paralel
    Close