Blanja Toko Online Terpercaya

Sebenarnya heran juga di jaman internet yang kian maraknya seperti sekarang ini, kalau masih ada orang-orang yang takut belanja online. Tapi iya saya yakin pasti tetap masih ada beberapa diantara orang disekitar yang merasa khawatir atau kurang nyaman ketika harus membeli suatu barang melalui dunia maya. Memang sih lebih enak kalau kita belanja langsung di pasar atau di mall. Tapi iyaa ada sisi lain juga yang membuat belanja online itu terkadang justru lebih menyenangkan ketimbang belanja offline.

Nah, kira-kira Anda termasuk orang yang pro belanja online atau malah kontra? Silahkan dijawab yaa lewat kolom komentar di bawah tulisan ini nanti, berikan alasan Anda apa dan kenapa. Hehehe.. (kayak ujian di sekolah aja bro!)

Bagaimana Pengalaman Belanja Online Anda Menyenangkan?

Hari ini saya cuman mau buat tulisan yang ringan saja, kita mau bicara seputar belanja online. Jadi, iyaa saya itu kapan yaa pertama kali belanja online di internet? Oh iya, kalau gak salah saya mulai mau belanja online itu awalnya dari beli ebook di salah satu toko online khusus entrepreneur gitu. Belanjanya dari dunia maya, bayarnya transfer dari atm, dan produknya pun virtual. Untuk harganya kalau ebook kan gak terlalu mahal yaa, jadi bisa dibilang masih low risk atau aman lah. Kalau pun transaksi gagal iyaa gak sebegitu rugi.

Proses Belanja Online Itu Gimana Ya?

Intinya setelah saya tahu bagaimana proses berbelanja online di internet, nah dari situ saya mulai paham. Oh ternyata harus begini begini langkahnya supaya transaksi belanja kita itu bisa berhasil. Kurang lebih langkahnya kan begini :

  • Anda pilih produk yang mau dibeli apa
  • Baca-baca dulu deskripsi produk dan keterangan review konsumen (kalau ada)
  • Sudah yakin? Klik Beli Produk
  • Lanjut ke pembayaran, biasanya pilih metode transaksi dan lihat detail pemesanan serta rekening
  • Silahkan bayar sesuai harga produk ke rekening toko online, lalu konfirmasi
  • Setelah dikonfirmasi, tinggal proses menunggu pengiriman produk melalui jasa kurir
  • Barang sampai dengan selamat? Anda puas? Konfirmasi produk sudah terkirim
  • Jika produk tidak sampai atau tidak sesuai, ajukan klaim pengembalian produk
  • Jika sesuai, baiknya berikan testimoni atau komentar untuk layanan toko online tersebut

Secara umum tahapan yang Anda lakukan ketika belanja online biasanya sih seperti itu. Untuk Anda yang sama sekali belum pernah belanja online, saya yakin Anda masih punya beberapa rasa khawatir atau ragu. Wajar memang. Tapi iya gak ada salahnya Anda coba dulu aja satu kali, dua kali. Nah nanti terus untuk berikutnya pasti Anda sudah merasa nyaman saja.

4 Hal Penting Agar Belanja Online Anda Aman dan Nyaman

Yang perlu diperhatikan adalah :

  1. Belanja di toko online atau marketplace yang terpercaya
  2. Gunakan perantara pihak ketiga untuk transaksi pembayaran atau RekBer (Escrow).
  3. Baiknya gunakan fasilitas asuransi (jika ada) untuk beli produk elektronik, min. penjual berani retur.
  4. Pastikan alamat rumah Anda lengkap dan benar, sekiranya tidak sampai tanya langsung ke JNE.

Saya rasa dengan keempat saran diatas saja, Anda sudah bisa belanja online dengan cukup aman dan nyaman di Internet. Nah, yang paling utama tentu adalah ketika Anda mau belanja dari internet, pastikan dulu tempat Anda belanja itu memang sudah terpercaya dan mampu kasih jaminan pelayanan transaksi yang aman kepada konsumennya. Jika perlu tanya ke orang-orang atau teman Anda yang mungkin sudah pernah belanja disana.

Contoh toko online yang bisa dipercaya dan Anda tidak perlu lagi khawatir transaksi Anda gagal seperti misalnya situs blanja.com. Carilah marketplace yang berikan pelayanan kurang lebih seperti yang saya sebutkan empat poin diatas. Toko online seperti Blanja.Com sudah lengkap berbagai fasilitas keamanan dalam transaksi online seperti transfer uang tidak langsung ke penjual tapi melalui rekening milik Blanja, penjual dipilih secara selektif, bisa ajukan pengembalian uang (refund) dan juga tersedia custumer service yang siap melayani Anda.

Karna saya pernah juga lhoh, ketipu ketika beli produk dari internet gitu udah transfer uang tapi barangnya gak sampai-sampai. Dan gitu diminta tanggungjawab sampai ditelpon juga tiba-tiba menghilang gitu aja. Saya pernah alamin yang begitu. Jadi iya memang benar kita tetap harus hati-hati.

Belanja Online di Blanja.Com

Untuk penjelasan poin no. 2 tentang RekBer kemarin saya sudah pernah tulis juga tentang 5 Tips Belanja Online. Untuk yang ketiga juga penting itu, barang elektronik khawatirnya kan bisa rusak disaat pengiriman barang kalau tidak ada jaminan nanti malah repotnya di Anda sendiri.

Kalau untuk yang terakhir masalah alamat, saya pernah juga beli produk dari internet tapi barangnya tidak sampai lewat dari hari maksimal pengiriman. Ternyata barangnya sudah ada di JNE terdekat, entah mungkin kurir-nya gak nemu rumah kita atau mereka nya malas antar. Kalau bisa gunakan fasilitas COD (Cash On Delivery) ini lebih enak lagi. Tapi yang jelas pastikan lah alamat Anda itu lengkap dan benar juga cantumkan no. HP yang bisa dihubungi. Jika Anda tidak sabar atau khawatir barang tidak sampai, bisa datang langsung ke JNE terdekat untuk cari informasi.

*****

Okelah mungkin itu saja dulu untuk sharing kita hari ini, seputar cara aman belanja online di internet. Mudah-mudahan Anda yang belum pernah dan pengen belanja online sudah tidak takut atau bingung lagi yaa. Atau mungkin Anda yang sudah pernah belanja online bisa gantian sharing pengalamannya ke saya lewat kolom komentar di bawah. Okay? 

Akhir kata… Selamat Blanja!

Sumber Gambar: Marketplace, Blanja

3 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.