cover-facebook-2015

Sudah satu tahun lebih saya menggunakan template C15 White V2 Black. Dan akhirnya mulai hari ini saya putuskan untuk hijrah ke tampilan yang baru. Bukan karna tanpa alasan. Bukan juga karna iseng-iseng doang. Dibilang bosan dengan tampilan yang lama rasanya pun juga tidak.

Jadi? Alasannya adalah karna saya mendadak kepikiran pengen nyoba konsep yang umum saja. Saya sadar betul bahwa tampilan blog ini sangat aneh. Tidak seperti blog kebanyakan. Syukur kemarin saya dapat banyak kritikan dan masukan dari sahabat-sahabat (lewat kontes Review Blog yang saya adakan tahun lalu). Jadinya saya bisa belajar banyak.

Nah, akhirnya kemarin saya ada waktu luang untuk buat konsep tampilan yang baru. Sebenarnya gak langsung mendadak berubah total juga sih. Karna dari kemarin-kemarin pun saya udah sempat beberapa kali buat revisi. Mulai dari satu bagian ke bagian yang lainnya. Kalau dibandingkan dengan template blog ini yang pertama kali, bisa dibilang tampilannya sekarang udah berubah 90%.

Untuk kalian yang baru pertama kali mampir kemari, coba lihat-lihat dulu tampilan awal dari blog ini. History-nya bisa kalian baca mulai dari tulisan berikut ini:
Review Template C15 White V2 Black
Beralih Tampilan Beranda Blog
Pindahnya Tampilan Sidebar ke Kanan

Template Blogger Hitam Putih C15

template-hitam-putih-c15

Oke, sekarang saatnya memperkenalkan seperti apa template yang baru ini. Ngomong-ngomong dengan tampilan yang sekarang, entah kenapa saya ngerasa blog ini jadi kelihatan agak lebih lapang. Pemandangannya terasa lebih luas. Apa kalian juga merasa seperti itu?

Secara coding, bisa dibilang ini masih merupakan template yang lama. Cuman lagi hampir secara keseluruhan desainnya udah saya revisi. Mulai dari susunan elemen (layout) sampai ke pengaturan tampilannya (stylesheet). Mau tak mau untuk desain responsive-nya pun sampai harus diatur ulang juga dari awal. Kurang lebih saya ngerjainnya udah selama 3 hari ini. Hehehe.. maklum masih belajar, sob!

Kalian mau belajar buat template juga gak? Pasti pengen kan bisa desain tampilan blog sendiri?

Kalau iya, coba kalian ikuti Tutorial Cara Membuat Template Blog lewat blog saya ini. Rencananya nanti akan saya buatkan video YouTube juga sebagai materi tambahan. Salah satu video pengenalan awal sudah bisa kalian lihat disini.

*****

Kembali ke topik Review Template…

template-hitam-putih-chaidir-web

Sidebar Sudah Gak Fixed Lagi

Seperti yang kalian lihat, sekarang posisi sidebar sudah berubah menjadi relative. Dalam bahasa CSS, fixed itu artinya posisi yang kalau di-scroll elemennya gak bergerak. Sedangkan relative itu iyaa seperti elemen biasa . Susunannya sesuai dengan urutan blocknya. Dan fitur accordion juga sudah gak saya gunakan lagi di template yang baru ini.

Mungkin karna ini tampilannya jadi gak kelihatan sempit yaa? Bisa juga karna ada ruang kosong di samping kiri dan kanan. Kalau dulunya kan gak ada. Tampilannya full. Penuh selebar layar.

Navigasi Menu Atas dan Bawah

Sebelumnya, navigasi menu halaman hanya ada di bagian beranda, pencarian atau laman statis saja. Sedang di halaman artikel fungsi navigasi terletak di sidebar. Pada template yang baru ini, saya memunculkan navigasi menu di semua halaman. Dengan format agak sedikit berbeda.

Untuk navigasi dibagian bawah ini yang 100% baru. Sebelumnya saya sempat membuat bagian seperti ini, cuman lagi hanya untuk halaman beranda saja. Formatnya cukup simpel, yang penting saya bisa meletakkan navigasi menu tambahan (selain yang diatas) dan juga untuk informasi akun media sosial serta menampilkan credit template.

Tampilan Kolom Komentar Baru

Bagian ini juga 100% saya format dari awal. Benar-benar sangat berbeda dari sebelumnya. Mulai sekarang kolom komentar ini pun akan langsung muncul di bagian bawah artikel. Saya akui kemarin letak komentar yang disembunyikan ternyata memang gak efektif. Untuk yang gak terbiasa pasti bingung.

Supaya lebih mempermudah pengunjung, saya juga memindahkan posisi kotak komentar yang seharusnya terletak di akhir jadi di bagian paling atas. Jadi, gitu udah selesai baca tulisan ini kalian bisa langsung ninggalin komentar. Tanpa harus baca komentar pengunjung yang lainnya terlebih dahulu. Terkadang saya pikir agak repot juga kalau mesti scroll lama-lama kebawah. Iya kan? ^_^

Pesan Spesial Untuk Pengunjung

Ada satu fitur terbaru lagi yang saya munculkan dibagian komentar template ini.
Yaitu Comment Footer. Saya gak tahu pasti secara default bawaan sebenarnya fungsi bagian ini untuk apa. Jadi, saya pakek aja dengan ide saya sendiri. Kode HTML-nya saya ubah. Hasil akhirnya, saya bisa buat semacam pesan spesial untuk pengunjung dalam dua kondisi yang berbeda.

Pertama, misalkan tulisan saya belum ada yang meninggalkan komentar sama sekali. Maka yang muncul adalah pesan seperti gambar berikut:

comment-footer-template-hitam-putih-c15

Kelihatan kan yang letaknya dibagian paling bawah? Itu lhooh yang ada emoticon muka lagi sedih.

Kedua, kebalikannya. Misalkan tulisan saya udah ada yang komentar, maka emoticon-nya udah gak sedih lagi. Iyaa kira-kira itu menggambarkan perasaan saya selaku admin blog ini. Kalau banyak yang ngasih komentar kan saya senang. Hehehe…

Halo Sahabat!! Saya Chaidir dari chaidir.web.id
Senang rasanya bisa saling bertukar pikiran dengan kalian. Terimakasih kunjungannya yaa!!

Latar Background Sesuai Selera

Dengan template yang sekarang ini, saya jadi bisa membuat tampilan background dengan bermacam-macam pilihan yang saya suka. Secara default, saya menggunakan pattern Fabric (Plaid) sebagai background dasar template ini. Dan sewaktu-waktu, saya bisa memasang background yang berbeda di beberapa halaman blog ini. Asyik kan?

Sebagai contoh eksperimen, saya sudah sempat melakukan beberapa percobaan. Coba kalian buka satu per satu judul tulisan saya dibawah ini. Pasti background-nya beda-beda. Ooh, ini seperti blogazine yaa? Bukan! Saya gak jago main begituan. Sebenarnya ini cuman bermodalkan CSS yang sederhana saja. Template kalian pun mungkin bisa juga.

Review Blog Sikonyols – dengan nuansa background warna Orange.
Cinta Indonesia dan Demokrasi? – dengan nuansa warna Merah.
Bermaafan di Hari Kemenangan – dengan nuansa ketupat warna Hijau.

Itu tadi background dengan warna. Saya juga bisa memasang pattern yang lain sebagai background.

Membuat Email Domain Sendiri – dengan pattern White Tiles.
Pengenalan Dasar CSS – dengan pattern Transparant.

Bisa juga menggunakan gambar wallpaper atau semacamnya. Seperti tulisan satu ini :

Akhirnya UAS Selesai – dengan gambar blur.

Untuk gambar yang ada di kanan bawah, menurut kalian ganggu gak? -___-
Okeh, kalau emang foto saya jelek besok biar saya ganti dengan foto kucing belang aja deh. Gimana, setuju?

****

Sekian review singkat tentang tampilan terbaru dari blog Chaidir’s Web. Oh yaa untuk yang sekarang templatenya saya kasih nama Hitam Putih C15. Pakek bahasa Indonesia aja deh. Biar lebih enak disebutin kemana-mana. Walapun belum tentu ada yang mau nyebutin sih. Gak papalah. :3

Btw, kira-kira kalian mau gak makek template seperti ini??

Atau ada yang punya saran dan masukan?? Monggo..
Silahkan dicobain kolom komentar saya yang baru.

Salam Semangat,
admin@chaidir.web.id

23 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.