cover-facebook-2015

Sebenernya saya sendiri pun baru-baru aja memutuskan untuk lebih serius menjadi seorang Blogger, tepatnya kemarin awal tahun 2013 saya kembali kepikiran untuk ngeblog dan bulan Maret saya baru nemu konsep kemudian nyoba-nyoba untuk buat tulisan sendiri di blog saya ini. Sebelumnya saya juga udah menceritakan gimana awal mulanya perjalanan saya di dunia blogging ini, yaitu di tulisan saya yang berjudul Kembali Ngeblog.

Jika sobat seorang yang baru mau memulai untuk serius ngeblog, saya akan ceritakan beberapa hal yang kemarin sempet saya coba praktekin dan pelajari tentang apa-apa aja yang perlu kita ketahui sebagai pemilik blog. Sesuai dengan judul diatas “Kenali Gaya Ngeblogmu”, bayangkan saja blog itu adalah cerminan dari diri kita sendiri. Apa mungkin kita bisa tumbuh dan berkembang begitu saja jika kita tidak pernah mengenal dengan jelas seperti apa sosok diri kita?? Jadi, singkatnya blog yang baik itu harus punya jati diri juga sob atau kata lainnya kita harus nemuin gaya ngeblog kita itu seperti apa.

Karna setiap orang punya pemikiran dan tujuan yang berbeda-beda saat ingin mulai ngeblog, otomatis gaya ngeblog ini pun pasti juga gak bisa disama-samain atau istilahnya contek-contekan gitu. Kita harus bisa nemuin gaya kita sendiri. Mungkin pertanyaan berikut ini bisa sedikit membantu sahabat, coba cari jawabannya sendiri yaa!! Saya sengaja gak kasih contoh jawabannya, supaya jawaban atau ide itu bener-bener lahir dari pikiran sahabat sendiri. Yuuuk, silahkan dicobain yaa:

  • Alasan terkuat apa yang membuat saya mau ngeblog?
  • Kira-kira apa pulak tujuan saya buat blog ini?
  • Sebenarnya saya mau buat blog yang seperti apa sih?
  • Apa tema yang akan saya jadikan untuk isi dari blog ini?
  • Bahasa yang akan saya pakai untuk nulis enaknya gimana yaa?
  • Supaya saya bisa konsisten buat tulisan gimana?
  • Supaya orang ngerasa nyaman di blog saya ini gimana?
  • Apa yang bisa menjadi ciri khas dari blog saya?
  • Cocoknya tampilan blog saya seperti apa yaa?
  • dst….. (boleh tambahin sendiri)

Nah, saya rasa jika sahabat bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan seperti itu, sudah pasti sahabat bakal nemuin gaya ngeblog yang sesuai dengan passion sahabat. Semakin jelas dan spesifik tentu akan semakin lebih bagus lagi. Sama kayak buah, kalau udah bener-bener mateng pasti makin enak dimakan. Artinya, kalau kita udah punya gaya ngeblog sendiri kita tentu pula akan merasa lebih asyik, fun dan sangat menikmati sekali aktifitas selama kita menjadi seorang .

Terus, ketika kita udah benar-bener paham dengan gaya ngeblog kita gimana, semuanya akan berasa mengalir gitu aja nantinya. Salah satu kendala yang berat bagi seorang khususnya yang masih newbie mungkin adalah dalam hal mencari suatu ide untuk dituangkan melalui tulisan di blog. Disini yang saya maksud tulisan yang ORIGINAL yaa bukan COPAS. Nah, kalau kita udah kenal betul dan paham benar dengan gaya blog kita itu seperti apa, rasa-rasanya yang namanya si ide itu akan sangat mudah lah untuk kita cari. Bahkan terkadang pun dia akan datang dengan sendirinya.

Selanjutnya, kita hanya tinggal perlu belajar untuk bisa membagi waktu. Kapan saat yang pas untuk menulis di blog dan kapan pula waktu untuk mengerjakan hal yang lain. Ini juga gak boleh dianggap sepele. Kita harus pikirkan sejak mulai dari sekarang kalau kita emang mau serius kedepannya. Apalagi seorang yang baru mau mulai itu, seringnya suka semangat-semangat diawal aja. Setelah dijalani beberapa minggu, datanglah males untuk ngurusin blognya. Kenapa bisa gitu?? Berdasarkan pengalaman saya, faktor utamanya karna gak bisa bagi waktu. Terkadang ada baiknya juga kita membuat sebuah target untuk dalam waktu tertentu, kita harus bisa membuat sekian tulisan. Ini supaya kita tetep bisa konsisten mau ngurusin blog kita.

Saran saya sebelum menutup postingan ini, perbanyaklah BLOGWALKING sob!! Atau istilahnya berkujung ke blog-blog lain. Dari sanalah kita bisa belajar banyak hal dan tahu bahwa banyak konsep blogging yang berbeda-beda, mencari referensi, dan mungkin pula bisa dapet inspirasi untuk buat gaya ngeblog kita sendiri. Dan inget, jangan mentah-mentah meniru karya orang lain. Coba temukan karya yang lebih menarik dari dalam diri kita sendiri aja, pasti ada tuh yakinlah!!

Salam Semangat.. Berani Berkaya!!

UPDATE!! Silahkan baca tulisan terbaru saya berikut ini:

22 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.