cover-facebook-2015

Halo sobat ! Apa kabar nih?? Saya doakan mudah-mudahan sahabat setia pembaca weblog ini selalu dalam keadaan sehat wal afiat yaa. Berhubung kemarin masih dalam suasana lebaran Hari Raya Idul Fitri 1434 H, saya terpaksa harus ber-hibernasi sob selama empat hari berturut-turut. Waah, rasanya saya udah kangen banget nih sama sahabat semuanya. Sahabat pada kangen gak nih?? Enggak yaa?? -__- Dhuuh kesiannyaa. Okelah gak papah. Yang penting mulai hari ini saya akan coba kembali untuk update tulisan terbaru di weblog saya yang satu ini.

Nah, pada kesempatan kali ini saya cuman sekedar mau share kepada sahabat hasil design poster echek-echek yang barusan saja saya buat. Soalnya udah lama juga nih saya gak main di photoshop. Jadi, ceritanya tadi saya tiba-tiba aja nemu ide untuk iseng-iseng ngeditin foto saya kemarin yang saya ambilnya pas jalan-jalan lebaran. Dan ini dia fotonya sob:

Gimana sob?? Kayaknya gak usah di edit-edit pun foto nya emang udah kelihatan keren yaaa kan?? Hahaha.. kepedean kali awak nih. Euyah, itu fotonya saya ambil sewaktu pas saya lagi jalan-jalan bareng sama Fuad Chalil sahabat saya. Lokasinya di areal parkiran Sun Plaza Medan. Dan sebenarnya pun yang dibelakang saya itu gak tahu mobilnya siapa. Saya cuman numpang ambil background nya doank, sob! Hehehe..

Setelah saya perhatikan nih gambar dengan baik-baik. Saya pun dapet sebuah konsep yang rasanya sangat cocok dengan foto ini. Saya pengen buat design gambarnya jadi semacam cover atau poster film gitu. Seketika mungkin karna tuh background nya ada mobil saya pun dapet ide untuk nyari referensi dari poster film nya “Fast and Furious”. Maka saya pun langsung Googling sambil mencari-cari ide dan melihat gambar yang kira-kira pas dengan foto saya tadi. Sampai ada beberapa gambar yang saya download untuk menjadi referensi. Dan akhirnya setelah saya cobain satu per satu dapatlah gambar yang sesuai dengan selera yang saya mau. Ini dia gambar poster yang saya pilih:

Saya pikir dengan gambar poster ini foto saya jadi bisa lebih mudah untuk dikombinasikan.

“Tips Membuat Gambar Poster dengan Adobe Photoshop”

Berikut ini langkah-langkah sederhana yang biasa saya lakukan:
Pertama, Saya pun mulai memotong bagian foto tubuh saya dengan teknik Selection Tools Photoshop. Saya lebih suka menggunakan Polygonal Lasso Tool (L). Tujuan dari langkah ini adalah untuk men-seleksi bagian dari foto yang kita inginkan, yang dalam kasus ini ialah bagian dari tubuh saya sendiri. Sehingga nantinya kita bisa menghapus background dari foto tersebut atau yang gambar mobil hitam dan sekelilingnya itu.

Kedua, Agar gambar saya lebih sesuai dengan gambar tokoh lainnya yang ada pada poster, maka saya pun harus mengubah warna baju saya dari ungu menjadi hitam. Kita bisa menggunakan teknik selection dan coloring. Seleksi pada bagian baju tujuannya agar bagian tubuh seperti tangan dan muka tidak ikut berubah warna. Kemudain set Foreground menjadi warna Hitam. Lalu gunakan Brush Tool (B) dengan diameter 200px(terserah) dan pada mode Color.

Ketiga, Saya mulai memasukkan bagian tubuh saya ke gambar poster yang ingin di edit. Tentunya akan ada perbedaan ukuran antara foto awal dengan gambar ini, untuk mengatasinya maka kita dapat menggunakan fitur Free Transform (T).  Dengan ini kita bisa menyesuaikan ukuran tubuh foto saya tadi dengan ukuran posisi pada gambar poster. Tujuan langkah ini adalah saya ingin mengganti gambar dari posisi tokoh Dominic dengan tubuh saya.

Keempat, Saya harus menyesuaikan warna antara tubuh saya dengan latar belakang dari gambar di poster. Tujuannya agar lebih kelihatan menyatu dan gak nampak kali hasil editannya. Saya gak terlalu mahir sih. Pada langkah ini saya hanya menggunakan pengaturan Levels warna (ctrl + L) sampai menemukan warna yang seimbang. Kemudian agar tepi dari tubuh saya lebih kelihatan menyatu dengan gambar maka saya menggunakan Eraser Tool (E) sehingga jadi lebih terlihat blur (tidak tajam).

Kelima, Saya mengganti gambar latar kota dari poster tersebut dengan gambar kota Jakarta. Saya dapet idenya karna melihat di poster itu ada semacam tugu, saya pikir akan lebih keren kalau diganti jadi tugu Monas saja. Hehehe.. Berikutnya saya pun menyesuaikan bagian atas atau langit senja pada poster tersebut agar lebih kelihatan menyatu dengan gambar latar kota Jakarta yang baru saya masukkan.

Keenam, pada langkah terakhir ini saya melakukan editing dibagian kata-kata. Judul Film Fast and Furious 6 saya ubah menjadi “Share And Learn 15” kemudian credit dibagian bawah juga saya ubah dengan memasukkan logo Chaidir’s Web serta waktu release filmnya saya ganti jadi tanggal ulang tahun saya. Untuk melakukan langkah ini terlebih dulu kita harus menghapus hanya bagian dari tulisan asli poster tanpa ikut menghapus latar background posternya. Jadi tentu tidak bisa dengan Eraser Tool. Maka kita harus memakai teknik cloning pada gambar dan saya biasanya menggunakan Clone Stamp Tool (S). Untuk membuat efek warna dan shadow pada judul bisa dengan menambahkan Layer Style dari fitur Blending Options.

Singkat cerita jadilah gambar nya seperti ini sob:

Mungkin sahabat masih pada bingung yaa baca penjelasan saya diatas?? Hehehe.. maaf yaa sob! Saya emang gak begitu pande buat tutorial jadi harap maklum. Makanya tulisan ini pun lebih cocok rasanya kalau dibilang semacam sekedar Tips Photoshop sederhana aja bukan seperti Tutorial, yang tentu wajib membahas secara lengkap langkah demi langkahnya. Saran saya, mending sahabat pelajari dan cari tahu terlebih dahulu tentang Tutorial Dasar teknik-teknik dan fungsi dari masing-masing tools Photoshop sebelum membaca tips dari saya ini. Gak usah khawatir banyak kok udah dibahas sama temen-temen lain tinggal tanya aja tuh sama Mbah Google.

Euyah, setelah melihat hasil gambar poster saya diatas kalau sahabat punya masukan atau kritikan boleh disampaikan aja lewat kotak komentar dibawah ini yaa. Saya pun masih belum pandai kali soal design grafis jadi kali aja sahabat yang baca tulisan ini punya ilmu yang lebih saya harap sahabat mau berkenan mengajari saya. Untuk yang gak paham juga boleh silahkan tinggalkan komentar. Saya sangat senang kalau kita bisa saling belajar dan sharing-sharing. Sebisanya pasti saya bantuin sahabat kok. Mana tahu kan sahabat lagi pengen nyoba belajar buat brosur, poster, atau cuman sekedar pengen ngedit foto seperti saya ini.

Sekian dulu, semoga bermanfaat yaa!!
Tetap Semangat Berkarya sahabat..

14 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.