cover-facebook-2015

Akhirnya pada postingan kali ini saya terpaksa harus memulai untuk membuat tulisan dengan kategori Tutorial, Komputer. Sebenarnya dari kemarin pas awal nentuin konsep Jurnal Precious saya udah rencanain kategori ini. Tapi, gak tau kok males aja mau buat tulisan tentang tutorial karna menurut saya di blog-blog lain rasanya sudah banyak sekali lah yang membuat konsep blogging dengan materi tutorial seperti ini. Nah, kembali ke konsep saya di Jurnal Precious saya akan berusaha untuk selalu membuat tulisan-tulisan yang memang original dari pengetahuan saya pribadi yang memang sudah saya praktekan dan belum banyak dibahas oleh sahabat lainnya. Atas dasar itulah saya jadi terpaksa untuk menjaga komitmen gak boleh sembarangan nge-posting tulisan yang bukan asalnya dari saya. Dan menurut saya pegangan ini lah yang nantinya akan membuat saya terlatih untuk terus mengasah kreatifitas dan kemampuan saya menjadi seorang penulis.

Oke, kalau kepanjangan intermezzo ntar malah gak kelar-kelar nih tulisan. Padahal saya buatnya ini sekitar jam 2 pagi lhoh, karna rencananya saya lagi mau ngerjain tugas nih. Tapi gak tahu nih saya lagi semangat aja mau buat tulisan dulu supaya bisa share ke sahabat para pembaca setia blog saya. #cieleeh.. acem dah punya pembaca setia aja awak yaaa.. wakakaka…

Jadi, di kampus saya kan ada tuh mata kuliah… #loading… apa yaaa namanya??? Hmmmm…. saya beneran lupa nih sob. Bentar yaa saya lihat jadwal mata kuliah nya dulu. Haaah… ini dia Pemrograman Komputer! Iyaa ampuun bisa lupa pulak awak. Hehehe… Lanjut. Di mata kuliah ini kami sedang mempelajari tentang dasar-dasar cara membuat program dengan menggunakan aplikasi yang namanya Turbo Pascal. Pasti udah pada tahu lah yaa jadi gak usah dijelasin lagi deh. Saat pertemuan pertama waktu itu kami dikasih copyan file program nya. Dan saya kan masih pakek Windows 7 tuh, pas dibuka Alhamdulillah bisa tapi tampilannya gak bisa full size (layar penuh). Trus, beberapa minggu kemudian saya kan install ulang nyoba pakek Windows 8 kebetulan ada dapet dari kampus kasetnya. Singkat cerita, rupanya di windows 8 ini pas saya copy kan lagi file program Turbo Pascal yang kemaren aplikasinya gak bisa dibuka, kalau kita double click muncul pesan kayak gini nih:

Waaah… sempet kesel saya jadinya. Gak bisa lah jadinya buat belajar di rumah atau pas mau ngerjain tugas gimana?? Baru saya biarin aja lah. Pas praktek di kampus jadinya saya pakek komputer yang ada di Lab. Komputer. Trus ada temen saya bilang si Andrian Marbun, katanya emang di windows 8 tuh gak bisa buka Turbo Pascal (dia jago software komputer nih). Dan untuk bisa bukanya kita harus pakek aplikasi pendukung dulu yang dia bilang DOSBox kalau gak salah.

Jadi kan dia udah download software nya, yaudah saya minta copy aja deh. Pas dicoba di netbook saya ternyata emang bisa sih terbuka Turbo Pascal nya, tapi rasanya gak seperti biasa kalau kita buka langsung. Karna dia melalui aplikasi lain jadi pas kita mau bukanya pun harus pakek code-code lagi yang mesti kita ketikkan. Nanti kalau ke tutup iyaa ketik lagi supaya bisa kebuka. Pokoknya repot deh.

Dari situ rasanya saya jadi pengen pakek Windows 7 lagi. Cuman gimana lah CD-Rom eksternal gak punya. Kemarin pas install Windows 8 itu pun karna kebetulan pas lagi dikasih pinjem CD-Rom punya temen. Sekarang pas mau minjem lagi belum dikasih-kasih. Ntah lupa, ntah lagi dipinjemin sama orang lain, ntah-ntah dialah tuh yang tahu. Malam ini tadi saya baru teringat besok kayaknya ada tugas dari matkul Pemrograman Komputer tentang Turbo Pascal ini. Jadi, saya coba lah cari tahu masalah dengan windows 8 ini kenapa kok gak mau ngebuka aplikasi Turbo Pascal. Katanya masak saya gak dikasih ijin tuk buka aplikasi 16-bit. Aneh, padahal ini kan netbook saya bukannya punya dia. #Lhoooh?? Tapi Alhamdulillah lah, baru tadi nih akhirnya saya nemu juga solusinya dan sangat gampang kali pun rupanya. Mau tahu?? Mau tahu aja apa mau tahu banget?? Atau sahabat mau makan tahu goreng, tahu sambal, atau tahu sumedang dulu nih?? Hehehe.. #ngawor

Trik Membuka Turbo Pascal dari Windows 8

  1. Arahkan pointer ke sebelah kanan layar, lalu klik pada tombol Search (diatas Start) kemudian muncul tampilan kotak search biasanya dibawah ada pilihan Apps, Settings dan Files.

  2. Klik Settings untuk pencarian menu pengaturan. Dan, ketikkan 16-bit application support. Atau kalau mau gampang bisa juga dengan langsung aja menekan tombol Windows (disamping Alt biasanya) + W pada keyboard.

  3. Maka, akan muncul kotak dialog 16-Bit Application Support. Nah, ternyata secara default awalnya Windows 8 itu pengaturannya disetting pada pilihan Disable. Jadi, supaya bisa mengatasi permasalahan diatas yaudah tinggal klik aja pada pilihan Enable untuk mengaktifkan fitur 16-bit pada windows sahabat.

  4. Otomatis kotak dialog pengaturan tadi akan langsung tertutup (Close). Dan selesai. Silahkan coba buka aplikasi Turbo Pascal yang ada di Komputer/Laptop/Notebook sahabat. Gimana hasilnya??

Finished!!

Cukup sekian dulu yaa gak berasa udah hampir sejam nih. Soal judul diatas maaf yaa kalau ada sahabat yang mengira saya bakal ngasih link untuk download software Turbo Pascal, rupanya malah isinya cuman trik biasa. Seperti yang saya sampaikan diatas, saya rasa di blog lain banyak kok yang nyediain software ini. Akhirnya semoga tulisan yang sebenarnya sangat singkat ini bisa bermanfaat lah walaupun lebih banyak embel-embel nya diawal. Euyah, karna blog ini sudah saya protect agar tidak bisa di copas, jadi kalau sahabat pengen buat tulisan ini di blog nya sahabat boleh langsung di share aja link ke halaman ini. Atau boleh silahkan tinggalkan comment nya deh.

Salam Precious… Semangat Berkarya!!!

10 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.