Pada postingan ini saya akan share trik dengan ilmu matematika kita bisa menebak tanggal lahir sesorang. Sebenarnya saya buat tulisan ini karna saya teringat kemarin asal ada pameran teknologi lumayan sering ada stand yang menampilkan trik ini. Kemudian setelah saya cari tahu bagaimana cara memainkannya dan saya juga penasaran kenapa angka-angka itu bisa dikelompokan sehingga akhirnya sekarang saya sudah paham. Nah, sebelum saya jelaskan cara membuat susunan angka-angkanya, kayaknya biar seru kita coba dulu yaa memainkan trik ini.

Pertama, pikirkan tanggal lahir Anda (kalau lupa gawat nih Heheh). Lalu kemudian coba Anda cari tanggal lahir itu di kelima kotak dibawah ini. Terakhir, ingat ada di kotak mana aja tanggal lahir tersebut.

Contoh Kasus:
Misalkan, Anda yang akan menebak dan saya memikirkan tanggal lahir saya nih yaitu tanggal 15. Maka berdasarkan kelima kotak diatas, setelah saya cari ternyata angka 15 itu adanya di kotak A, B, C, dan D. Kelihatan?? Disini Anda tidak mengetahui angka tersebut karna saya hanya mengatakan angkanya berada di kotak mana saja. Logikanya, seharusnya ada banyak kemungkinan karna di setiap kotak saja ada 16 angka.
Lalu bagaimana cara agar Anda bisa menebak angka 15 nya??

Penjelasannya begini:
Pada kelima kotak diatas saya sengaja mengacak setiap angka pada kotak masing-masing agar terlihat random dan tidak berpola. Padahal sebenarnya untuk bisa menentukan angka berapa saja yang harus diletakkan pada setiap kotak itu ada susunan polanya jadi gak asal-asal buat aja tuh. Nah, kunci utamanya ada di masing-masing kotak pada kolom 2 baris 3.

  • kotak A kuncinya angka 1,
  • kotak B kuncinya angka 2,
  • kotak C kuncinya angka 4,
  • kotak D kuncinya angka 8,
  • kotak E kuncinya angka 16.

Jadi, kalau pada contoh kasus tadi tanggal lahir saya berada di kotak A, B, C, dan D maka Anda bisa menebaknya dengan cara menjumlahkan angka kunci dari masing-masing kotak tersebut. Cukup anda hitung didalam hati saja, 1 + 2 + 4 + 8 = 15. Gimana gampang kan??

Semoga bermanfaat.
Semangat Berkarya… Salam Precious!!!

2 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Menggambar Sketsa Wajah Sendiri
Bukber Kawan Kampus
Close