cover-facebook-2015

Bagi sahabat yang senang dengan aktivitas foto-foto, pasti tidak jarang juga menemukan masalah seperti hasil gambar yang kurang memuaskan. Bisa jadi karena pengaruh eksternal seperti cuaca, cahaya sekitar, gerakan, atau semacamnya. Dan bisa juga hanya karena faktor kamera yang memang ternyata kurang bagus kualitasnya. Seperti foto dari Handphone atau pun menggunakan Camera Digital tapi pengaturannya masih salah. Alhasil, iyaah jangan salah kan si foto itu kalau toh hasilnya tampak kurang bagus dan tidak bisa membuat wajah kita terlihat cantik di foto.

Nah, berikut ini mungkin bisa membantu sahabat yang mengalami hal semacam itu. Saya mau sedikit share suatu cara yang biasa saya pakai untuk mengatasi foto-foto hasil jepretan yang kurang bagus. Masalahnya bisa seperti bisa gambar yang terlihat buram, gelap, terlalu banyak cahaya, kelihatan kurang tajam, atau yang sejenisnya. Dalam tulisan ini saya mungkin memang tidak menjelaskan langkah-langkahnya secara detail tapi cukuplah supaya sahabat bisa mengerti saja teknik yang saya gunakan itu seperti apa.

Contoh Kasus Gambar atau Foto yang Kurang Memuaskan

Pada kasus pertama, yang saya jumpai adalah gambar akibat flash yang kurang bagus. Sehingga gambar di foto pun jadi terlihat gelap akibat cahaya yang timbulkan oleh flash tersebut. Berikut ini dia gambar yang saya maksud, kalau mau silahkan sahabat download saja untuk bahan latihan.

Teknik Photoshop Mencerahkan Gambar Gelap

Dan pada kasus yang kedua, saya punya gambar yang buram akibat dari pencahayaan ruangan yang menggunakan lampu dengan efek warna kuning yang terlalu dominan. Sehingga saat pengambilan gambarnya yang waktu itu saya set shutter otomatis, jadi saya tidak bisa mengatur posisi pengambilannya agar pas di posisi pencahayaan yang bagus. Alhasil seperti inilah jadinya:

Teknik Photoshop Gambar Kelebihan Cahaya

Udah aah! Jangan terlalu lama dilihatin gambar dua yang diatas, ntar malah sakit pulak lama-lama mata memandangnya. Hahaha..

Pengenalan Teknik Photoshop Dasar

Oke, langsung aja yuuk kita simak pembahasannya. Untuk dua kasus diatas saya biasa menggunakan 3 (tiga) macam teknik dasar yang ada pada fitur Photoshop. Berikut ini dia sedikit penjelasannya:

Teknik Color Balance
Color Balance Photoshop
Tekan CTRL + B atau Menu Image > Adjustments > Color Balance

Teknik ini bisa digunakan untuk mengatur keseimbangan antara warna yang mendominasi pada gambar. Untuk menggunakan teknik ini kita perlu terlebih dulu menganalisa gambar yang ingin diperbaiki itu warnanya seperti apa. Apakah dominan warna kuning seperti kasus diatas, dominan biru, kemerah-merahan atau lainnya. Baru setelah itu kita atur saja tiga macam tuas yang ada disana yaitu antara warna Cyan dan Red, Magenta dan Green, Yellow dan Blue. Kita bisa menggeser panahnya ke kiri atau ke kanan. Sesuai kan saja dengan warna yang diinginkan. Disitu juga ada tiga macam pilihan Shadows, Midtones dan Highlights. Pilihan ini menentukan area warna pada gambar yang akan diperbaiki.

Teknik Brightness / Contrast
Brightness Contrast Photoshop
Pilih Menu Image > Adjustments > Brigthness/Contrast

Teknik ini bisa digunakan untuk mengatur tingkat kecerahan suatu gambar dan kontras atau perbandingan ketajaman warnanya. Untuk Brightness semakin besar value nya maka akan semakin cerah gambar yang dihasilkan. Ini bisa dipakai untuk kasus gambar yang gelap atau kekurangan cahaya. Tapi hati-hati jangan terlalu banyak memakai brightness karna nantinya bisa terlihat gak bagus juga hasilnya. Untuk Contrast semakin besar maka perbandingan warna akan semakin tajam semakin kecil akan terlihat buram. Contrast ini bisa mengatasi kasus gambar yang buram abu-abu yaitu dengan menaikkan level kontrasnya.

Teknik Levels
Setting Levels Photoshop
Tekan CTRL + L atau Menu Image > Adjustments > Levels

Teknik ini bisa digunakan untuk mengatur tingkat level warna. Cara ini hampir sama dengan Color Balance tapi agak lebih sedikit sulit. Tapi dengan teknik kita bisa lebih detail mengatur perbandingan warna pada gambar. Disitu ada pilihan Channel RGB, Red, Green, atau Blue. Dan sahabat juga bisa menggunakan pilihan Preset yang sudah ada. Saya sering memakai teknik ini untuk menaikkan level kecerahan pada warna saja.

***

Saya anggap sahabat sudah paham lah dengan ketiga teknik diatas yaa. Udah gitu aja nih??? Hehehe.. (Mirip sistem ngajar pak dosen yaa??) Iya sekarang kita langsung masuk ke prakteknya saja. Ngapain juga terlalu banyak teori. Mending kan sahabat nyoba berusaha cari tahu sendiri dulu, sambil praktek langsung di Photoshop masing-masing. Ntar kalau memang ada yang gak jelas baru tanyain aja kemari, pasti saya selalu siap untuk menjawab. Siip??

Mencerahkan Gambar atau Foto dengan Photoshop

Buka aplikasi Photoshop sahabat, dan drag gambar percobaan ke dalamnya. Atau bisa dengan ctrl + O cari deh dimana tadi sahabat narok gambarnya.

Sudah?? Iyaa sudah silahkan mulai aja bereksperimen sendiri.
Waaaah.. nih tulisan emang niat mau ngajarin apa enggak yaa..
Huahahahaha.. maaf maaf.. Becanda kok!!

Coba perhatikan gambar History diatas ini. Kira-kira itulah langkah-langkah yang saya gunakan untuk membersihkan gambar latihan kita tadi. Tentunya dengan hanya berbekal dari tiga macam teknik dasar Color Balance, Brightness / Contrast dan Levels. Itu saja sebenarnya sudah cukup kok. Tinggal lagi dibutuhkan sense of photography dari dalam diri sahabat sendiri masing-masing aja. Untuk mengatur value dari ketiga macam teknik tersebut sebenarnya memang tidak ada patokan tertentu yang harus saya ajarkan disini. Karna nantinya juga gambar yang akan sahabat temui belum tentu sama persis kan dengan yang sahabat lihat di tulisan ini. Makanya, intinya itu tinggal banyak-banyak berlatih aja deh. Saya jamin sahabat juga bisa kok.

Untuk kasus gambar yang kita pakai untuk latihan, pertama saya mengatur Color Balance dengan nilai -80 +20 +90. Kemudian mengatur Brightness 6 dan Contrast dengan nilai 30. Pengaturan Levels pada Output (Panah Hitam) saya naikkan menjadi 15. Lalu kembali mengatur Color Balance menjadi -100 -40 +12 dan mengurangi nilai Saturation menjadi -20. Sekali lagi menggunakan Color Balance -10 +5 +10 dan mengakhiri nya dengan Auto Tone. Selesai!
Sekali lagi ini tidak mutlak karna memang sangat bergantung pada ketelitian mata kita saja.

***

Dan berikut ini dia hasil gambar buram dari dua kasus diatas, setelah saya edit menggunakan Teknik Mencerahkan Gambar dengan Photoshop:

Lihat perbandingan gambar yang ini:

Teknik Photoshop Mencerahkan Gambar KuningTeknik Photoshop Mencerahkan Gambar Kuning

Gimana?? Masih kurang bagus yaaa?? Hehehe.. Iyaah maklum lah sob namanya juga masih belajar. Makanya yuuk kita saling belajar biar sama-sama pinter. Kalau ada masalah silahkan tinggalkan tanggapan lewat kotat komentar dibawah tulisan ini yaa.

Selamat Mencoba!! Semangat Berkarya…

4 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.