kapan waktu blog ramai pengunjung dan sepi pengunjung

Pernah tidak Anda kepikiran, waktu dan jam yang paling banyak pengunjung berkeliaran di blog itu sebenarnya kapan? Dulu saya pribadi sempat pernah terpikir seperti itu. Entah untuk apapun itu jawabannya. Setidaknya sekarang saya sudah tahu. Mungkin dengan Anda tahu kapan jam produktif blog Anda ramai kedatangan pengunjung atau sebaliknya kapan pas lagi sepi pengunjung, bisa menjadi strategi tertentu untuk manajemen blog Anda nantinya.

Sebelum itu, pada postingan kali ini saya mau coba untuk buat tulisan yang sederhana saja. Walaupun saya kurang tahu juga iyaa, Anda itu lebih suka tulisan saya yang panjang-panjang, yang terlalu detail penjelasannya, atau mungkin Anda malah suka dengan tulisan yang to the point saja. Kayaknya saya mau coba buat yang pendek aja deh hari ini.

Kalau berkenan, Anda bisa kasih masukan ke saya lewat kolom komentar nanti, oke?

Dan untuk menjawab pertanyaan sesuai judul diatas, berikut saya langsung kasih lihat saja dashboard situs Chaidir.Web.ID ini. Anda bisa lihat sendiri dua gambaran trafik yaitu dari Google Analytics dan Statistik WordPress. Kebetulan saya gak pakek trafik Hitstas di situs Chaidir.Web.ID ini.

Waktu-Paling-Ramai-Blog-Kedatangan-Pengunjung-Dasbor-Statistik-Chaidir.Web.ID-WordPress

Oh yaa, itu kenapa sih kok ada yang dibuat burem gitu tulisannya?

Hehehe.. Iyaa itu karna saya malu nunjukin jumlah trafik situs Chaidir.Web.ID ini. Aslinya sih masih dikit. Tapi Alhamdulillah bisa lumayan stabil, meskipun saya jarang update jarang promosi apalagi blogwalking.

Untuk yang grafik sebelah kiri, itu waktunya berdasarkan jam. Jadi naik turunnya gambar itu adalah trafik dalam satu hari. Sedangkan yang sebelah kanan, itu waktunya berdasarkan harian.

Kalau Anda pakai dua statistik yang sama seperti saya diatas, barangkali Anda akan sedikit bingung. Karna antara keduanya menampilkan jumlah trafik yang tidak sama. Saya juga bingung sih, kenapa kok bisa beda. Istilahnya juga beda.

Beberapa istilah yang saya tahu kalau di Google Analytics, yaitu :

  • Users, ini sama artinya dengan unique visitors atau hitungan tiap satu orang pengunjung.
  • Sessions, ini banyaknya kunjungan artinya satu orang bisa saja dua kali berkunjung dalam sehari.
  • Page Views, ini jumlah halaman yang dikunjungi artinya tiap satu sesi kunjungan bisa jadi ada yang buka beberapa halaman sekaligus di blog tersebut.
  • Organic Search, ini taksiran pengunjung yang datangnya tak diundang, alias dari mesin pencarian.
  • Bounce Rate, ini persentase lamanya pengunjung melihat suatu halaman dalam satu kali kunjungan, semakin kecil berarti makin bagus.

Sedangkan kalau dari Statistik WordPress biasanya disitu yang dimunculin adalah berapa jumlah Views per harinya saja. Kalau saya artikan ini hampir sama dengan istilah Sessions kali yaa. Pastinya saya kurang tahu. Hehehe.. Silahkan koreksi saya kalau ada yang kurang tepat.

Dan sebenarnya saya juga gak terlalu pikirkan istilah dan jumlah statistik tersebut. Cuman lagi kadang saya butuh untuk melihat sejauh mana perkembangan situs saya ini. Artinya, kan kita juga perlu mengukur sudah sejauh mana efektifitas dari teknik atau strategi ngeblog yang sudah kita terapkan.

Misalkan trafik Anda kelihatan naik, berarti mungkin langkah yang Anda lakukan belakangan ini sudah bagus. Dan perlu untuk diterapkan lagi nanti. Sedang kalau turun, mungkin ada langkah yang salah. Atau kalau gitu-gitu aja, iyaa terserah Anda. Mau ditingkatin lagi atau dibiarin. Atau mungkin trafik Anda mendadak turun drastis, nah yang begini patut dicurigai dan dicari tahu apa yang terjadi dengan blog Anda. Siapa tahu kena sanksi dari Mbah Google.

Oke, lagi-lagi kayaknya saya udah keasyikan cerita. Hahaha..

Kalau gitu kita lansung masuk ke paragraf kesimpulan aja yaa.

Jam Paling Ramai dan Sepi Pengunjung Blog

Jadi, menurut data riset saya yang tak seberapa penting ini, bisa dilihat bahwa jam yang paling ramai suatu blog kedatangan banyak pengunjung adalah sekitar pukul 20.00 WIB. Atau kira-kira mulai dari lewat jam 12.00 WIB sampai dengan malam.

Saya rasa sangat wajar yaa. Karna memang jam segitu kalau anak sekolah biasanya udah pulang, dan kalau orang kerja sore juga udah pulang. Jadi memang paling aktifnya orang bisa berkeliaran di Internet pastinya malam.

Sedangkan perkiraan titik terendah atau jam yang paling sepi itu berkisar di pukul 03.00 – 04.00 WIB. Ini sudah saya coba perhatiin dari beberapa hari, dan ternyata memang siklusnya hampir sama terus setiap hari. Gak tahu juga kalau ternyata dari blog Anda beda.

Hari Paling Ramai Banyak Pengunjung Blog / Trafik Tinggi

Sebelumnya ada beberapa blogger yang bilang kalau weekend itu biasanya pengunjung agak berkurang. Karna biasanya orang-orang pada sibuk jalan-jalan atau semacamnya. Tapi ternyata gak juga. Malah untuk hari minggu ini saya kedapatan banyak pengunjung di blog Chaidir.Web.ID jika dibanding hari lainnya.

Walaupun untuk beberapa waktu tertentu memang bisa juga di hari Sabtu-Minggu ini agak lebih sedikit pengunjungnya dibanding hari yang lain. Jadi, saya gak bisa begitu pastikan untuk hari apa yang paling ramai blog banyak didatangi pengunjung.

Atau mungkin Anda punya jawaban lain?

Kalau boleh, silahkan share pengalaman ngeblog Anda lewat kolom komentar di bawah yaa.

Dan kira-kira apa yang mau Anda lakukan jika Anda sudah tahu jam berapa blog Anda ramai pengunjung dan jam saat sepi pengunjung? Saya yakin Anda bisa simpulkan sendiri manfaatnya sesuai kebutuhan masing-masing.

Kalau gitu, saya tunggu jawaban kreatif Anda di kolom komentar!!

Salam Semangat!!

*** Oh yaa ternyata, tulisan saya hari ini pun masih panjang juga! Sudah sampai 821 kata.

25 Komentar pada tulisan

Berikan Tanggapan atau Komentar

Sudah baca tulisan saya diatas sampai selesai, kan?
Kalau begitu silahkan berikan tanggapan yang baik yaa! ^_^
Setiap komentar dari sahabat bisa menambah semangat saya untuk terus berkarya melalui blog ini.

Jika Anda suka blog ini HARAP matikan plugin AdBlock Anda! KLIK CARANYA
Hello. Add your message here.
Read more:
Sekilas Profil Sahabat Pyramidium, Kenal Mulai dari Masa SMP
Memilih Jurusan di SMK
Close